Wiring Diagram : Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Penggunaannya

0 34.595

Wiring Diagram : Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Penggunaannya

 

Wiring Diagram – Setiap kali selesai membangun sebuah rumah, tentu kita memerlukan listrik supaya dapat memenuhi kebutuhan rumah dengan baik. Membuat pola atau rangkaian listrik untuk rumah tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Ada beberapa tahapan khusus atau cara tepat untuk Anda melakukan hal itu.

Meski di luar sana banyak cara yang bisa kita gunakan untuk memasang listrik secara langsung. Namun, cara paling tepat sebelum melakukan pemasangan listrik di rumah adalah membuat penggambaran sketsa pengkabelan terlebih dahulu. Ini merupakan sebuah teknik yang sering digunakan oleh sebagian besar orang.

Tehnik ini bisa kita sebut juga dengan istilah wiring diagram (diagram pengkabelan). Bagi Anda yang ingin melakukan instalasi listrik di rumah. Tentu Anda wajib mengetahui tentang apa itu wiring diagram lebih lanjut. Berikut telah kami sediakan penjelasan pengertian, fungsi, dan manfaat dari wiring diagram.

Pengertian Wiring Diagram

Diagram pengkabelan merupakan representasi gambar dari suatu rangkaian listrik, yang di mana elemen loop dan koneksi sinyal antara perangkat dan sumber daya ditampilkan dalam metode konvensional sebagai bentuk yang disederhanakan. Penggambaran ini digunakan untuk mencari letak gangguan, menambah peralatan auxillary baru, dan lain sebagainya.

Fungsi Wiring Diagram

Penggunaan diagram pengkabelan ini bertujuan untuk membuat rangkaian listrik di rumah Anda dengan menggunakan sketsa alur listrik sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah melakukan instalasi listrik di rumah Anda. Penggambaran dalam diagram ini terdiri dari sketsa koneksi antara elemen sirkuit, hubungan antar elemen, dan sumber daya listrik.

Sehinga fungsi dari penggunaan wiring diagram untuk isntalasi listrik di rumah adalah untuk pemetaan bagi berbagai jenis beban, grup, pengaman, MCB, panel, dan KWH meter yang dipasang dalam sebuah instalasi listrik. Baik itu untuk instalasi listrik dalam rumah, sekolah, perusahaan, pabrik, dan bangunan lain sebagainya.

Manfaat Wiring Diagram

1. Mempermudah Instalasi Listrik

Listrik merupakan suatu kebutuhan penting bagi setiap rumah. Jika Anda ingin mendapatkan akses kemudahan untuk melakukan instalasi listrik di rumah. Tentu Anda membutuhkan diagram pengkabelan untuk mempermudah instalasi listrik di rumah.

2. Tidak Membuang Banyak Waktu

Selain itu, menggunakan diagram pengkabelan sebelum melakukan instalasi listrik di rumah akan membuat Anda mengerti alur rangkaian listrik yang harus Anda pasang. Dengan demikian, hal ini akan mempercepat Anda dalam proses instalasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.