Verba Pewarta

Verba Pewarta
Verba Pewarta

Dalam mempelajari bahasa Indonesia, kita banyak sekali menjumpai berbagai jenis verba, salah satunya yaitu verba pewarta yang dipergunakan dalam teks berita.

Apa itu verba pewarta? Mari kita simak pembahasan verba pewarta lebih dalam pada artikel ini.

Pengertian Verba Pewarta

pengertian verba pewarta
pengertian verba pewarta

Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan.

Verba pewarta merupakan salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.

 

Ciri-ciri kalimat verba pewarta

ciri-ciri kalimat verba pewarta
ciri-ciri kalimat verba pewarta
  1. Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan.

 

  1. Verba pewarta merupakan salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita, karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.

 

  1. Contoh verba pewarta adalah kata yang memiliki sifat mewartakan, contoh katanya seperti mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, mengklarifikasi, menuturkan, menyampaikan dan sejenisnya. Intinya sifat dari kata kerja ini yaitu memberitahu kepada orang lain, umumnya masyarakat luas.

 

Contoh Verba Pewarta

contoh verba pewarta
contoh verba pewarta

Untuk mempermudah penjelasan mengenai kata kerja pewarta yang digunakan dalam teks berita, kami menyertakan contohnya dengan kata dan kalimatnya, berikut ini:

Kata: Mengatakan

Kalimat: Dalam pidato Presiden Jokowi yang disiarkan melalui televisi, beliau mengatakan bahwa akan menurunkan harga bahan bakar minyak secepatnya. Sehingga rakyat tidak terlalu di bebani oleh harga bbm yang mahal.

Kata: Memaparkan

Kalimat: Presiden juga memaparkan perkembangan Indonesia yang saat ini sudah siap menghadapi tantangan dan persaingan.

Kata: Memberitakan

Kalimat: Ketika terjadi gerhana matahari 9 Maret 2016 di internet banyak sekali situs web yang memberitakan tentang proses terjadi gerhana matahari.

Kata: Menjelaskan

Kalimat: M Taufik Hidayat, Ketua Komunitas Surabaya Membara menjelaskan, kejadian kecelakaan penonton di atas viaduk yang tertabrak kereta api di luar kendali pihaknya.

Kata: Memaparkan

Kalimat: Ditemui di tempat yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memaparkan akan membebaskan distributor yang tidak terafiliasi dengan produksi yang saat ini baru 67% akan menjadi 100% alias dikeluarkan dari list DNI.

Kata: Menuturkan

Kalimat: Kepala Instalasi Kedokteran Forensik Pusdokkes Polri Kombespol Edi Purnomo menuturkan hingga saat ini telah ada 44 keluarga yang mengambil dokumen kematian. Tujuh keluarga korban lain mengambil malam ini.

 

 

Sekian pembahasan tentang verba pewarta, semoga bermanfaat untuk teman-teman dalam membantu mengerjakan tugas maupun menambah ilmu pengetahuan tentang bahasa.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like