Gambar Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia
Gambar Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan MSDM Manajemen Sumber Daya Manusia dari Sumber Terpercaya

Diposting pada

Cari info tujuan manajemen sumber daya manusia? Manajemen sumber daya manusia atau sering disingkat menjadi MSDM adalah bagian penting dalam berdirinya perusahaan yang sukses.

Kamu dapat melihatnya dari perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jasa dapartemen khusus yang merupakan manajemen sumber daya manusia di mana terdapat banyak sesi dalam merekrut karyawan juga membuat program-program pelatihan rutin demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Manajemen mempunyai arti penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Sementara sumber daya manusia mempunyai arti potensi manusia yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.

Ada beberapa tujuan manajemen sumber daya manusia yang sesuai dengan fungsi juga peran.

Sebelum membahas mengenai tujuan, mari pahami pengertian manajemen sumber daya manusia yang dikemukakan oleh sebagian ahli.

Achmad S. Rucky mengungkapkan manajemen sumber daya manusia adalah

bentuk aplikasi yang tepat dalam efisiensi di mana sama dengan pemanfaatan, akusisi, pengembangan dan pemeliharaan SDM yang dipunyai oleh organisasi untuk mencapai tujuannya.

Sementara itu Henry Semamora mengungkapkan manajemen sumber daya manusia ialah

pemanfaatan, pengembangan, pelayanan, penilaian dan manajemen pembalasan untuk individu yang merupakan anggota organisasi kerja.

Pada dasarnya manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai aplikasi untuk memaksimalkan sumber daya manusia yang dipunyai oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Selain pengertian, berikut tujuan manajemen sumber daya manusia menurut para ahli yang berhubungan dengan fungsi serta peran.

Baca juga: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Tujuan Manajemen Sumber Daya Menurut Para Ahli

1. Menurut Cushway

Ada lima macam tujuan manajemen SDM menurut Cushway, kelima macam tersebut meliputi:

a. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

Tujuan yang pertama dari Cushway ialah membuat kebijakan dan pertimbangan. Manajemen sumber daya manusia memiliki tugas untuk membuat sebuah perusahaan memiliki pekerja dengan motivasi serta kinerja yang tinggi.

Sehingga dapartemen yang mengurusinya harus turun tangan dalam membantu membuat kebijakan untuk para sumber daya manusia di mana memberi pertimbangan yang nantinya akan ditimbang-timbang oleh pihak manajer.

b. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Tujuan yang kedua ialah dengan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan atau sasarn. Di sini dapartemen sebagai manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengimplementasikan dan menjaga kebijakan serta prosedur yang telah dibuat terhadap sumber daya manusia. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penerapan.

 

c. Memberi Dukungan

Tujuan ketiga berhubungan juga dengan tujuan kedua yaitu mendukung perusahaan. Tujuan ini dapat berbentuk dukungan yang berupa penciptaan kondisi baik dari sisi manajer atau juga sumber daya manusia berupa karyawan.

 

d. Menyelesaikan Masalah

Berikutnya dalam tujuan manajemen sumber daya manusia menurut ahli Cushway ialah menyelesaikan masalah. Masalah di sini ialah menangani berbagai krisis dan situasi yang dapat datang dan mendatangkan resiko negatif bagi semua pihak. Baik bagi sumber daya manusia yaitu karyawan atau juga pihak perusahaan yaitu manajer.

 

e. Media Komunikasi Terbaik

Manajemen sumber daya manusia juga memiliki tujuan yang menurut Cushway berupa media komunikasi yang menghubungkan antara pekerja, manajer, dan perusahaan.

Biasanya tidak jarang pekerja yang menghindari untuk secara langsung berbicara dengan maneaer atau staff pegawai, sehingga dapartemen dapat memegang peran untuk membantu dalam hal penyampaian.

Itu dia lima tujuan adanya manajemen sumber daya manusia menurut ahli Cushway. Berikut tiga tujuan utama dari manajemen sumber daya manusia menurut ahli lainnya yaitu Schuler Et. Al.

 

2. Menurut Schuler Et. Al.

Ada tiga tujuan utama dalam tujuan manajemen sumber daya manusia menurut ahli Schuler. Ketiga tujuan tersebut meliputi:

a. Memperbaiki Tingkat Produktivitas

Sumber daya manusia yang baik dan berkualitas adalah manusia yang produktif. Tujuan ini membuat peran manajemen sumber daya manusia menjadi sangat penting.

Tanpa sumber daya manusia yang poduktif dan berkualitas maka sebuah perusahaan tidak akan dapat berdiri secara berkualitas pula.

Sehingga dapartemen akan menentukan mana pekerja yang layak untuk perusahaan tersebut dan terus melakukan pelatihan agar semakin memberi hasil yang maksimal dan memberi dampak positif bagi perusahaan.

 

b. Memperbaiki Kualitas Kehidupan Pekerja

Selanjutnya tujuan dari manajemen sumber daya manusia menurut Schuler adalah memperbaiki kualitas kehidupan pekerja. Dapartemen tidak hanya berperan sebagai pihak yang memperbaiki dan mengembangkan perusahaan, tetapi juga kualitas kehidupan ara pekerja.

Dari mulai menciptakan lingkungan kerja yang aman, menyediakan program tenaga kerja yang sehat, hingga memastikan pemberian gaji dan semacamnya secara benar dan sesuai dengan aturan hukum.

 

c. Meyakinkan Perusahaan Dalam Memenuhi Aspek Legal

Tujuan manajemen sumber daya manusia yang terakhir menurut Schuler adalah membuat yakin pihak perusahaan dalam memenuhi berbagai aspek legal. Misalnya dalam negosiasi kontrak dan memenuhi syarat hukum.

Bagaimana? Kamu sudah memahami mengenai tujuan-tujuan dari adanya manajemen sumber daya manusia dalam kehidupan?

Mungkin kamu masih belum mengetahui bentuk dari kegiatan yang dilakukan oleh dapartemen sebagai manajemen sumber daya manusia.

Agar kamu memahami lagi, ini dia tujuan MSDM dari segi umum dan mendasar atau secara kesimpulan.

  1. Manajemen sumber daya manusia mempunyai tujuan untuk membangun perusahaan.
  2. Manajemen dumber daya manusia mempunyai tujuan untuk mengembangkan kinerja para pekerja.
  3. Manajemen sumber daya manusia mempunyai tujuan untuk menyelesaikan berbagai masalh yang berkaitan dengan SDM dan perusahaan.
  4. Manajemen sumber daya manusia mempunyai tujuan untuk menciptakan kondisi aman dan sehat.
  5. Manajemen sumber daya manusia mempunya tujuan yaitu membangun kedisiplinan.

Dari kelima kesimpulan poin di atas, dapat kita lihat betapa besarnya peran manajemen sumber daya manusia. Peran-peran tersebut dapat berupa sebagai konsultan, sebagai pelayanan, dan pengendali.

Lalu bagaimana dengan contoh aktivitas yang dilakukan dapartemen sebagai bagian manajamen sumber daya manusia?

 

Contoh Manajemen Sumber Daya Manusia

Contohnya seperti ini. Sebuah perusahaan besar sedang membutuhkan banyak karyawan untuk ditempatkan di cabang perusahaan yang baru saja didirikan.

Sebagai perusahaan besar, pastinya menginginkan memiliki karyawan yang layak bekerja dan berkualitas. Untuk itu mereka membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang bisa didapatkan dari dapartemen khusus.

Pihak perusahaan dapat meminta ke pada pihak dapartemen dan mengajukan berbagai persyaratan standar dalam merekrut karyawan baru.

Tidak hanya merekrut, pihak dapartemen juga dapat diminta untuk membuat perencanaan dalam perekrutan, sampai ke pada tahan training atau pelatihan secara rutin.

Itu dia sedikit ulasan mengenai tujuan manajemen sumber daya manusia dari berbagai pandangan dalam kehidupan serta gambaran mengenai peran manajamen sumber daya manusia.

Yang perlu kamu ketahui, pihak dapartemen selaku manajemen sumber daya manusia tidak hanya merekrut atau melatih calon karyawan baru, tetapi dapat juga turun dalam segala macam hal yang memang berhubungan dengan pekerja juga perusahaan.

Semoga ulasan seputar manajemen sumber daya manusia ini bermanfaat dan membantu kamu agar lebih memahami tentang dunia kerja. Keberadaan manajemen sumber daya manusia kini semakin dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi untuk mendirikan perusahaan yang bertaraf tinggi bahkan bertaraf internasional.

Gambar Gravatar
Seorang mahasiswa yang sangat antusias terhadap IT, Bisnis dan juga Traveling. Kamu bisa kenalan sama aku di Instagram yugi_al

Tinggalkan Balasan