Tenaga Endogen

Eh, kamu tau ngga, kenapa bumi kita ini bentuknya berbeda dibandingkan dengan bentuk bumi ratusan taun lalu?

Ternyata ada loh, tenaga pembentuk muka bumi yang membuat bumi kita berubah seiring waktu.

Tenaga itu dinamakan tenaga endogen dan eksogen. Nah, di pembahasan kali ini kita akan bahas dulu nih apa itu tenaga endogen.

Penasaran? Yuk langsung simak aja!

 

Pengertian Tenaga Endogen

Pengertian tenaga endogen

Tenaga endogen bisa diartikan sebagai tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga tersebut menghasilkan perubahan pada permukaan atau kulit bumi sehingga membuatnya tidak rata.

Terdiri dari beberapa macam tenaga endogen seperti tektonisme, vulkanisme, dan seisme yang memiliki dampak baik dan buruk untuk kehidupan.

Baca Juga : Tenaga Eksogen

Macam macam tenaga endogen

Tenaga dari dalam bumi atau endogen dapat bersumber dari magma di dalam bumi. Magma tersebut memiliki sifat konstruktif atau membangun.

Tenaga endogen tersebut terdiri dari beberapa macam yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme.

1. Tektonisme

Macam macam tenaga endogen tektonisme

Istilah tektonisme dikenal sebagai proses pergerakan di dalam bumi yang terjadi karena lipatan, patahan, pengangkatan pada struktur tanah.

truktur bumi yang terdiri dari lempeng tektonik dapat mengalami pergerakan yang berasal dari dalam bumi.

 

2. Vulkanisme

Macam macam tenaga endogen vulkanisme

Peristiwa yang berkaitan dengan proses keluarnya magma ke permukaan bumi dikenal sebagai vulkanisme. Biasanya terjadi pada di daerah gunung aktif yang mengalami erupsi.

Tenaga yang dihasilkan dari proses ini bisa membuat pergerakan yang disebut gempa vulkanik. Magma yang keluar dari permukaan bumi disebut lava dan biasanya keluar dengan bentuk pijar yang menyala terang.

Lava kemudian mengalir menjadi lahar yang memiliki suhu sangat tinggi.

3. Seisme

Macam macam tenaga endogen seisme

Guncangan yang terasa di permukaan bumi disebut sebagai gempa bumi atau seisme. Berawal dari satu fokus di dalam bumi yang kemudian getarannya merambat ke permukaan bumi.

Gempa bumi atau seisme dapat menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor, gedung runtuh, salju longsor, kebakaran, tsunami, dan lain sebagainya.

 

Dampak positif tenaga endogen

Kegiatan vulkanisme yang merupakan salah satu bentuk tenaga endogen mengakibatkan munculnya gunung berapi.

Pada daerah-daerah tersebut biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Menghasilkan endapan abu vulkanik yang merupakan salah satu material penyubur tanah.

Daerah ini dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain menghasilkan lahan yang subur, tenaga endogen juga memiliki peran dalam membentuk beberapa daerah sebagai berikut.

1. Sumber tenaga listrik

Dampak positif tenaga endogen sumber tenaga listrik

Melaui uap panas yang dihasilkan dari pergerakan dan tenaga dari dalam bumi, listrik dapat dihasilkan dan dialirkan untuk penerangan masyarakat.

Pemanfaatan uap panas bumi sudah dilakukan seperti yang ada di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

 

2. Kawasan tadah hujan

Dampak positif tenaga endogen kawasan tadah hujan

Menghasilkan daerah-daerah yang subur dan dapat ditumbuhi pepohonan lebat. Daerah tersebut merupakan kawasan untuk tangkapan air hujan dan menyimpannya menjadi air tanah.

Vegetasi tanaman-tanaman besar yang biasanya ditemukan di daerah pegunungan membuat sumber mata air tanah lebih banyak dan memiliki kualitas yang sangat bagus.

 

3. Sumber galian ekonomis

Dampak positif tenaga endogen Sumber galian ekonomis

Tenaga dari dalam bumi menghasilkan beberapa bentuk permukaan bumi dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk di sekitar Gunung Merapi yang memiliki karakteristik banyak batuan dan pasir. Masyarakat dapat menambah hasil alam tersebut untuk sesuatu yang bernilai ekonomis.

 

4. Menyediakan habitat flora dan fauna

Dampak positif tenaga endogen habitat flora dan fauna

Proses dan aktivitas dari tenaga edogen membuat struktur permukaan bumi yang berbeda-beda. Hal tersebut juga memiliki pengaruh terhadap kekhasan dari flora dan fauna yang ada.

 

5. Media pendidikan dan hiburan

dampak positif tenaga endogen Media pendidikan dan hiburan

Tenaga endogen menciptakan banyak permukaan bumi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah menghasilkan bentuk permukaan seperti gunung api.

Daerah tersebut bisa dijadikan sebagai sarana wisata dan pendidikan. Melalui laboratorium alam, peneliti dapat melakukan banyak penelitian dalam mengungkap hal-hal baru dalam dunia geologi dan hayati.

 

Dampak negatif tenaga endogen

Tenaga dari dalam bumi atau tenaga endogen nyatanya juga bisa memberikan dampak buruk seperti beberapa hal berikut.

1. Gempa bumi

Dampak negatif tenaga endogen gempa bumi

Tenaga dari dalam bumi ini adalah penyebab utama dari sebagian besar gempa bumi yang terjadi di dunia.

Pergerakan lempeng bumi dapat memicu gempa bumi di permukaan daratan. Apabila pergerakan lempeng tersebut terjadi di dalam laut akan lebih berbahaya karena bisa memicu gelombang tsunami yang dapat mencapai daratan.

Bangunan-bangunan yang berdiri di atas titik dan daerah gempa akan mengalami kerusakan seperti retak maupun roboh.

 

2. Memicu erupsi gunung

Dampak negatif tenaga endogen erupsi gunung

Tenaga dari dalam bumi juga bisa menekan magma di dalam gunung aktif untuk berjalan keluar menuju permukaan yang dikenal sebagai erupsi.

Pada saat erupsi, gunung harus berada dalam pengawasan badan mitigasi. Erupsi gunung dapat mengakibatkan beberapa hal buruk seperti merusak dan menghancurkan daerah di sekitarnya yang terkenal semburan awa panas atau aliran lahar.

Pada saat erupsi, awan panas dari gunung berapi dapat keluar dengan kecepatan ratusan kilometer per jam.

 

3. Pergerakan tanah

Dampak negatif tenaga endogen pergerakan tanah

Pergerakan yang terjadi di dalam permukaan bumi dalam jarak yang dangkal dapat terasa hingga ke permukaan.

Tenaga endogen dapat memicu pergerakan tanah, terutama di daerah lereng atau daerah-daerah dengan struktur tanah yang terjal.

Ditambah lagi jika ada hujan deras, daerah tersebut dapat mengalami erosi dan longsor yang berbahaya untuk masyarakat sekitar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tenaga endogen dan macam-macamnya yang memiliki dampak baik dan juga buruk khususnya untuk kehidupan di permukaan bumi.

 

Tinggalkan komentar