Tenaga Eksogen

Kamu tau ngga sih kenapa bentuk bumi semakin taun semakin berubah-ubah?

Ternyata ada loh tenaga penyebab pembentuk muka bumi.

Ada 2 jenis tenaga pembentuk muka bumi, yaitu tenaga eksogen dan juga endogen.

Tapi nih, di pembahasan kali ini kita cuma akan bahas tenaga eksogen nih, dari mulai pengertian, sampai dampak dari tenaga eksogen itu sendiri.

Penasaran? Yuk langsung simak!

 

Pengertian Tenaga Eksogen

Pengertian tenaga eksogen

Sebelum memahami sejumlah sumber, jenis, bahkan pengaruhnya untuk sejumlah kehidupan, kamu wajib untuk mengetahui pokok paling utama yaitu pengertian dari tenaga eksogen ini sendiri.

Tenaga eksogen adalah sebuah tenaga yang cukup penting untuk kamu ketahui karena berhubungan dengan komponen yang ada di muka bumi ini.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi yang memiliki sifat untuk merusak permukaan bumi yang sebelumnya telah terbentuk dari tenaga endogen.

Sedangkan untuk tenaga dari eksogen ini tersedia dari berbagai sumber yang nantinya bisa mengakibatkan sejumlah proses yang ada di bumi.

Baca juga : Tenaga Endogen

Baik adanya proses pelapukan, proses erosi, proses sedimentasi dan juga proses denudasi.

 

Sumber Tenaga Eksogen

Sumber Tenaga Eksogen

Pada umumnya, tenaga eksogen berasal dari 3 sumber. Beberapa sumbernya diantaranya adalah:

  • Sumber pertama adalah atmosfer sebagai contohnya adalah perubahan suhu dan juga angin.
  • Sumber kedua adalah air yang berbentuk aliran air, adanya siraman air hujan, adanya gelombang laut yang menghempas, adanya gletser, dan lainnya.
  • Makhluk Hidup. Sumber terakhir adalah makhluk hidup yang berbentuk jasad renik, sejumlah tumbuh-tumbuhan, hewan dan juga manusia. Sedangkan untuk contoh lain dari tenaga eksogen adalah adanya pengikisan pantai.

 

Macam-Macam Tenaga Eksogen

Setelah memahami pengertian dan juga sumber tenaga bumi yaitu eksogen, maka informasi lain yang wajib kamu pahami adalah sejumlah macam-macam tenaga eksogen.

Beberapa jenis atau macam tenaga yang berasal dari bumi yaitu eksogen ini adalah:

1. Pelapukan

Macam-Macam Tenaga Eksogen pelapukan

Pelapukan adalah sebuah proses kehancuran batuan dari batuan dari bongkahan besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga menjadi tanah.

Pelapukan ini terjadi karena adanya faktor cuaca dan juga suhu.

 

2. Pengikisan

Macam-Macam Tenaga Eksogen pengikisan

Pengikisan atau erosi merupakan sebuah proses kikisan yang terjadi di permukaan bumi oleh sejumlah media yang nantinya melibatkan sejumlah pengangkatan partikel batuan.

Erosi juga terdiri dari 4 bagian seperti adanya erosi air, erosi es, erosi angin dan juga erosi gelombang laut.

 

3. Pengendapan

Macam-Macam Tenaga Eksogen pengendapan

Macam-macam tenaga eksogen selanjutnya adalah pengendapan. Proses pengendapan ini adalah massa batuan atau material yang terbawa oleh beberapa komponen baik angin, air, dan juga es.

Ada sejumlah proses sedimentasi atau pengendapan yang sesuai dengan beberapa tempat mengendapnya.

Contohnya adalah sedimentasi fluvial, sedimentasi elois, sedimentasi marine, tombolo, gosong, spit, beach, dan juga bar.

 

4. Amblesan

Macam-Macam Tenaga Eksogen amblesan

Jenis tenaga eksogen selanjutnya adalah amblesan yang merupakan sebuah perpindahan material maupun pergeseran tanah yang terjadi secara bertikal dan juga bergerak ke arah bawah tanpa adanya permukaan bebas.

Sejumlah penyebab dari tanah ambles ini adalah hujan deras yang nantinya menimpa tanah yang kurang padat.

Tanah yang memang kurang padat ini adalah jenis tanah lempung maupun tanah liat yang mudah lembek bahkan ketika tanah tersebut terkena air.

 

Pengaruh Tenaga Eksogen Terhadap Kehidupan

Pengaruh Tenaga Eksogen Terhadap Kehidupan

Tenaga eksogen mampu memberikan berbagai pengaruh terhadap kehidupan di bumi.

Beberapa pengaruh yang akan terjadi dalam kehidupan di bumi pastinya ada beberapa pengaruh yang baik atau pengaruh positif maupun pengaruh buruk atau pengaruh negatif.

1. Pengaruh Positif Tenaga Eksogen

Pengaruh pertama yaitu pengaruh positif yang akan membentuk sebuah habitat baru setelah terjadinya proses pelapukan batuan dan juga dataran yang menjadi luas setelah terjadinya erosi.

Erosi ini nantinya mampu mengikis tanah yang cukup jauh di dalamnya mengandung beberapa bahan tambang yang nilainya cukup tinggi.

Adanya proses sedimentasi juga mampu menghadirkan delta yang cukup memberikan banyak manfaat khususnya untuk para manusia.

 

2. Pengaruh Negatif Tenaga Eksogen

Selain adanya beberapa perubahan positif yang dibawa oleh tenaga eksogen, kamu juga bisa mengetahui bahwa ada beberapa pengaruh negatif yang bisa terjadi.

Beberapa pengaruh buruk atau negatifnya adalah:

  • Adanya pengurangan kesuburan tanah yang disebabkan oleh proses erosi tanah yang berlangsung terus menerus.
  • Adanya pendangkalan danau yang disebabkan oleh erosi yang membawa sejumlah material yang terkikis menuju ke daerah yang lebih rendah seperti danau dan juga rawa.
  • Banjir juga merupakan salah satu akibat yang disebabkan dari adanya tenaga eksogen yang terjadi di bumi.

Jadi, itulah sejumlah informasi yang bisa kamu pahami tentang tenaga eksogen yang bisa kamu ketahui dari pengertiannya, jenis atau macam-macamnya, bahkan akibat apa yang akan timbul ketika adanya tenaga ini di bumi.

Tentunya ada beberapa akibat yang positif dan juga ada akibat negatif yang akan terjadi terhadap salah satu tenaga di bumi.

 

Tinggalkan komentar