Rangkuman Seni Rupa
Rangkuman Seni Rupa

Seni Rupa: Pengertian, Unsur, Macam dan Fungsi Dibahas Lengkap!

Diposting pada

Seiring dengan berkembangnya jaman, seni juga mengalami berbagai perubahan.Ketika berbicara mengenai seni memang tak akanada batasan tersendiri karena seni itu merupakan wujud ekspresi seseorang dalam menumpahkan imajinasinya yang berisikan cerita, keindahan, serta curahan hati yang membuat sebuah karya seni.

Karya seni hanya bisa di nikmati ketika seseorang dapat mendalami makna yang terkandung dalam hasil karya tersebut dengan mengagumi sentuhan artistic yang sangat indah. Apakah kamu seorang yang tertarik dengan seni rupa?Jika iya, maka untuk lebih mendalaminya bisa menyimak artikel ini dengan baik.

 

Pengertian Seni Rupa

Apakah yang di maksud seni rupa? Sepertinya pertanyaan ini menjadi sebuah pertanyaan yang seringkali di tanyakan. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini merupakan penjelasannya

Pengertian seni rupa adalah cabang kesenian yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap secara kasat mata dan juga dapat dirasakan ataupun di sentuh dengan indera peraba.

Apakah kamu paham dengan maksud dari penjelasan pengertian seni rupa tersebut? Ya, seorang yang menciptakan sebuah karya seniitu akan meluapkan sebuah ekspresi, keindahan, kecintaan, dan berbagai hal yang di tuangkan dalam sebuah media yang bisa dilihat secara langsung ataupun bisa di sentuh.

Misalnya saja, hasil karya lukisan seorang pelukis yang menuangkan imajinasi dan mengekspresikannya kepada kanvas dan kemudian menghasilkan sebuah lukisan indah yang bisa dilihat dengan berbgai paduan corak warna yang memukau.

Bahkan saking indahnya, beberapa orang yang melihat bisa terhanyut kedalam suasana dari hasil karya tersebut. Tak bisa dipungkiri jika seni rupa dapat menjadikan seseorang merasa terhibur hanya dengan melihatnya saja.

 

Unsur Unsur Seni Rupa

Berdasarkan penjelasan di atas, tentunya kamu mulai tau kanapakah yang dimaksud dengan seni rupa? Secara umum, seni adalah bentuk ekspresi seseorang dengan menumpahkannya menjadi sebuah hasil karya yang memiliki nilai keunikan tersendiri.

Perlu kamu tau jika seni rupa ini memiliki beberapa unsur loh, apa saja? Berikut ini merupakan unsur yang terdapat dari seni tersebut.

1. Titik

Merupakan unsur yang paling kecil dan merupakan sebuah dasar dari segala ide seni yang akan di ciptakan.

2. Garis

Garis menjadi unsur penggabung dari sebuah titik, secara umum, garis itu ada banyak macamnya di mana setiap garis yang di ciptakan akan membentuk suatu watak dan cirri khas yang bisa menjelaskan suatu maksud dari hasil karya apakah itu bersifat keras, lentur, kaku dan lain sebgaainya.

3. Bidang

Merupakan sebuah pengembangan dari garis-garis yang jika di gabungkan akan membentuk beberapa sisi dalam hasil karyanya.

4. Bentuk

Unsur inilah yang memberikan sebuah karya seni menjadi lebih hidup dengan berbagai sentuhan dan detail yang semurna sehingga bisa menghasilkan sebuah karya seni yang indah.

5. Ruang

Merupakan unsur yang memiliki dua sifat yaitu semu dan juga nyata.Keduanya ini jelas berbeda dari dimensi yang di hasikan apakah itu dua dimensi ataupun tiga dimensi.

6. Warna

Warna merupakan unsur penting yang menjadikan sebuah hasil karya seni lebih indah. Perpaduan warna pada sebuah karya seni itu relative dan tergantung dari sang pembuat karya. Perpaduan warna akan memberikan sebuah gambaran dari seninya, apakah sedang berada dalam suasana hati yang senang sedih dan lain sebagainya.

7. Tekstur

Dalam seni, yang di maksud dengan tekstur yaitu keadaan ataupun sifat yang dimiliki pada suatu hasil karya. Pada dasarnya tekstur ini di bedakan menjadi dua yaitu tekstur semu, merupakan tekstur dengan kesan yang tak sama antara penglihatan dan juga indera peraba.

Sedangkan tekstur nyata merupakan tekstur yang dimiliki oleh sebuah hasil karya seni antara indera peraba dan penghlihatan itu terasa sama.

8. Gelap terang

Unsur yang satu ini menjadikan hasil karya yang diciptakan akan terlihat makin nyata karena dalam mengerjaannya sangat memperhatikan intensitas cahaya dari suatu objek yang di jadikan sebuahkarya seni rupa.

 

Macam Macam Seni Rupa

Dalam sebuah seni rupa, terdapat beberapa macam seni rupa atau jenis jenis seni rupa yang masing-masing memiliki artian yang berbeda yang akan dijelaskan di bawah ini hanya untuk kamu.

1. Macam-macam seni rupa berdasarkan fungsinya

Seni berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan juga seni rupa terapan.

Seni rupa murni merupakan sebuah kaya seni yang di buat dengan tujuan menuangkan ide dan imajinasi dari seorang yang menciptakannya.

Sedangkan seni rupa terapan merupakan sebuah karya seni yang memiliki tujuan praktis yang bisa digunakanan untuk membantu segala aktifitasmu menjadi lebih cepat dan mudah.

 

2. Macam-macam seni rupa berdasarkan wuudnya

Tentu saja wujud sebuah karya seni ini sangat banyak dan berbeda-beda, namun secara umum di bedakan menjadi dua yaitu seni dua dimensi dan seni tiga dimensi.

Seni rupa dua dimensi sendiri merupakan seni yang dapat dilihat dari satu arah

Contohnya seperti:

  • lukisan
  • sketsa
  • ilustrasi

 

Sedangkan seni rupa tiga dimensi merupakan seni yang bisa dinikmati dari berbagai sisi

Contohnya seperi:

  • patung
  • hiasan bunga
  • sebuah bangunan

 

3. Macam-macam seni rupa berdasarkan massanya

Seni berdasarkan massanya itu di bedakan menjadi tiga, yaitu seni tradisional, seni modern danjuga seni kontemporer. Apakah kamu tau apa perbedaan dari ketiga macam seni tersebut?

Jika belum maka akan di jelaskan satu persatu, seni tradisional merupakan seni yang di buat berdasarkan pedoman dalam menciptakan sebuah karya seni.

Sifat dari seni rupa tradisional itu sangat statis karena dari dulu hingga sekarang itu pola ataupun bentuknya sama dan tak berubah

Seni rupa modern yaitu seni yang di tandai dengan sentuhan berbagai kreativitas yang bersifat lebih individualis.

Sedangkan yang terakhir adalah seni rupa kontemporer yaitu sebuah seni yang tercipta diwaktu tertentu sehingga sifat dari seni ini adalah kekinian atau masa kini di jamannya.

 

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa berdasarnya fungsinya itu di bagi menjadi 2 yaitu: fungsi individu dan fungsi sosial

Tentu saja keduanya ini sangat berbeda.

 

  • 1. Fungsi Individu

Fungsi seni rupa individu yaitu bersifat untuk memuaskan diri sendiri. Artinya seseorang menciptakan karya seni itu hanya untuk mengekspresikan dirinya untuk memuaskan batin.

Tentu saja hasil karyanya akan memancarkan aura yang sangat mendalam karena merupakan hasil luapan ekspresi dari seseorang entah itu sedih, senang, dan lain sebagainya.

 

  • 2. Fungsi Sosial

Sedangkan fungsi rupa sosial dari seni merupakanyang memberikan kepuasan banyak orang, misalnya saja seni dalam bidang rekreasi yang bisa dinikmati banyak orang, seni dalam komunikasi agar bisa menarik di hadapan banyak orang, serta seni di bidang rohani.

Itulah dia sedikit informasi yang cukup padat seputar keseniaan. Dari berbagai penjelasan di atas, sekarang ini kamu jadi lebih tau kan apa saja yang di maksud seni rupakhususnya  seputar pengertian, unsur, macam-macam seni, serta fungsi dari seni rupa. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat, terimakasih sudah membaca

Yang kamu cari :
seni rupa, pengertian seni rupa, fungsi seni rupa, https://www eduspensa id/seni-rupa/, karya seni rupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *