Seni Rupa Murni

Seni rupa merupakan salah satu seni yang sengaja diletakkan pada media sehingga siapa pun nantinya bisa menikmati dan juga bisa menyentuh atau merabanya.

Secara garis besar, di dalam seni rupa ini akan terbagi dengan 2 jenis baik senirupa murni dan juga seni rupa terapan. Keduanya pasti memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar.

Keduanya dibedakan berdasarkan fungsinya. Apabila seni rupa murni hanya bisa dinikmati, sedangkan untuk seni rupa terapan ini selain bisa dinikmati, namun juga bisa digunakan.

Bagi kamu yang mungkin merupakan pekerja seni maupun tertarik dalam dunia seni, maka pahamilah informasi seputar seni rupa khususnya murni yang harus kamu ketahui.

 

Pengertian Seni Rupa Murni

pengertian seni rupa murni

Seni rupa murni adalah,

Salah satu cabang seni yang nantinya mampu dalam menghasilkan sebuah karya yang lebih menekankan keindahan mereka hanya untuk bisa dinikmati, atau mengungkapkan suasana jiwa maupun hati seperti contohnya adalah lukisan.

Di dalam pembuatannya, seni rupa murni ini mulai fokus dengan nilai keindahan maupun nilai estetikanya saja dan juga tidak memperdulikan sejumlah nilai praktis dari sejumlah karya yang dihasilkan.

Seni rupa ini memiliki sejumlah nilai keindahan yang tinggi dalam pembuatannya. Meskipun nanti fungsinya hanya dijadikan sebagai hiasan maupun pajangan.

Baca Juga :  Seni Rupa Terapan

Jenis seni rupa ini bisa menambah sejumlah keindahan khususnya jika dipajang maupun dijadikan sebagai hiasan dinding rumah maupun kantor.

 

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi Seni Rupa Murni

Itulah pengertian utama dari seni rupa khususnya rupa murni. Setelah mengetahui apa pengertian dari seni rupa murni, maka yang harus kamu ketahui adalah apa fungsi utamanya?

Simak berikut ini jawabannya:

1.Untuk Membuat Indah Sebuah Media

Jenis seni rupa ini nantinya digunakan untuk memperindah sebuah media yang pada awalnya terlihat biasa saja namun bisa menjadi luar biasa.

Sebagai contohnya adalah ketika siapa pun melihat kertas putih yang belum ada apa-apanya. Tentu akan berbeda apabila ada gambaran atau lukisan yang ada diatasnya.

Maka, fungsi pertama adalah mampu memperindah sebuah benda.

 

2. Menyalurkan Kreativitas

Jenis seni rupa ini juga seringkali digunakan oleh banyak seniman untuk menyalurkan kemampuan maupun kreativitas mereka.

Kreativitas ini bisa ditunjukkan seperti membuat lukisan yang mereka salurkan karena kemampuan mereka dalam melukis.

 

3. Menyampaikan Sebuah Pesan

Fungsi lainnya adalah digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan. Beberapa lukisan seringkali dibuat dengan sengaja karena ingin menunjukkan isi hati seseorang.

Tentang bagaimana suasana hati yang sedang mereka rasakan, apa pesan yang ingin diungkapkan.

Bahkan biasanya lukisan seperti karikatur juga dibuat dengan maksud untuk memberikan pesan moral atau bahkan sindiran.

 

Seni Rupa Murni Menurut Wujud dan Bentuknya

Seni Rupa Murni Menurut Wujud dan Bentuknya

Setelah mengetahui pengertian dan juga fungsinya, kamu juga harus mengetahui seni rupa murni menurut wujud dan juga bentuknya.

Wujud dan juga bentuk dari seni rupa ini memang cukup sederhana karena hanya digunakan untuk menunjukkan keindahan bahkan bisa berfungsi untuk menunjukkan sebuah pesan penting seperti:

1. Seni Lukis

Sebuah kegiatan pengolahan sejumlah unsur seni rupa yang terbentuk mulai dari garis, bidang, warna dan juga tekstur di dalam bidang 2 dimensi.

Ada juga beberapa seni lukis yang bisa kamu lihat saat ini dan terbuat dari sejumlah kanvas bahkan bisa disebut juga sebagai seni lukis modern.

 

2. Seni Grafis

Sebuah cabang seni yang termasuk dalam bentuk 2 dimensi. Awalnya, seni ini hanya digunakan untuk mencetak maupun memperbanyak tulisan saja.

Sedangkan saat ini, seni grafis digunakan untuk menciptakan keindahan baru yang mampu menarik perhatian dari banyak orang.

 

Contoh Seni Rupa Murni

Terakhir, yang harus kamu ketahui dari seni rupa murni adalah contohnya. Mungkin kamu tidak akan asing dengan beberapa pameran seni maupun museum yang telah menujukkan hasil karya dari sejumlah seniman tertentu.

Nah, untuk sejumlah contoh dari seni rupa khususnya murni diantaranya sebagai berikut ini:

1. Relief

Contoh Seni Rupa Murni relief

Relief merupakan sebuah gambar maupun lukisan yang ditampilkan khususnya dalam sebuah bentuk 3 dimensi atau yang juga dikenal dengan sebutan trimata yang ada di atas 2 bidang dimensi.

Relief ini biasanya tersedia dalam sejumlah tugu-tugu peringatan maupun tersedia di sejumlah candi yang biasanya menyiratkan pesan seperti nilai sejarah yang tinggi.

 

2. Patung

Contoh Seni Rupa Murni patung

Patung adalah ekspresi dari jiwa manusia karena beberapa orang membuat patung ini karena ingin menunjukkan nilai keindahan.

Di Indonesia, Anda bisa melihat ribuan patung yang dibangun di candi bersejarah yaitu Candi Borobudur, di sejumlah Pura, dan di sejumlah tempat bersejarah lainnya.

 

3. Lukisan

Contoh Seni Rupa Murni lukisan

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang dibuat dengan cara menggoreskan tinta maupun cat ke dalam sebuah media baik kanvas, kertas, dan yang lainnya.

Lukisan adalah contoh seni rupa yang hanya bisa digunakan sebagai hiasan dinding atau pajangan saja.

 

4. Seni Grafis

Contoh Seni Rupa Murni grafis

Seni grafis adalah sebuah komponen seni rupa murni bahkan seni rupa terapan. Seni grafis ini memiliki tujuan untuk sarana ilustrasi sekaligus digunakan sebagai hiasan karena mampu memperlihatkan nilai keindahan.

 

5. Seni Fotografi

Contoh Seni Rupa Murni fotografi

Seni fotografi adalah sebuah seni rupa yang berkembang karena adanya kemajuan teknologi khususnya kamera.

Sejumlah fotografi ini memang banyak disuka oleh sejumlah kalangan serta digunakan sebagai sebuah media yang mampu mengekspresikan diri, maupun objek yang sedang difoto.

Hasil karya dari jepretan foto ini pun bisa dipajang dan memberikan nilai keindahan bagi siapa pun yang melihatnya.

6. Topeng

Contoh Seni Rupa Murni topeng

Topeng adalah sebuah contoh dari seni rupa murni yang hanya bisa dipajang di dinding. Bahkan topeng pun juga bisa dijadikan sebagai salah satu properti baik tari maupun kebutuhan yang lainnya.

Sejumlah jenis seni rupa ini mampu mengekspresikan suasana hati manusia dan mampu menambah nilai keindahan di dalam rumah.

Jadi, itulah sejumlah penjelasan dan juga pengertian yang sangat wajib untuk kamu ketahui khususnya jika kamu adalah pekerja seni maupun seseorang yang bergelut di bidang seni.

Ada banyak jenis seni yang bisa kamu pahami khususnya 2 seni yang cukup penting mulai dari seni rupa terapan dan juga seni rupa murni.

Kamu pun bisa mengetahui sejumlah contoh dari kedua seni ini yang memiliki banyak fungsi khususnya memperlihatkan keindahannya.

 

Tinggalkan komentar