Rangkuman Pancasila

“PANCASILA”

Kalo denger kata tersebut apa sih yang terlintas dipikiran kamu? Upacara bendera?

Ya emang sih, Pancasila memang dan pasti dibacakan ketika upacara bendera.

Tapi kamu tau ngga sih lebih mendalam tentang Pancasila? Kalo belum, coba nih simak pembahasan lengkapnya berikut!

 

Pengertian Pancasila

Pengertian pancasila

Secara umum, pengertian Pancasila adalah,

Dasar negara yang dijadikan sebagai pedoman keberlangsungan harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Selain itu, Pancasila juga bisa dikatakan sebagai,

Landasan untuk mengambil segala keputusan bangsa dan menjadi sebuah ideologi yang dianut dan menjadi cerminan kepribadian bangsa Indonesia.

Pengertian Pancasila secara jelas telah disebutkan pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea keempat.

Kedudukan Pancasila menjadi sebuah hal yang sifatnya fundamental. Maka dari itu, isi dari Pancasila ini tidak boleh diganti ataupun dirubah dan harus terus menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan bernegara.

 

Pengertian Pancasila menurut Para Ahli

Pengertian pancasila menurut para ahli

Selain pengertian Pancasila secara umum, beberapa ahli juga memberikan pengertian terkait Pancasila sesuai dengan pemahaman mereka.

Berikut ini adalah beberapa pengertian Pancasila menurut para ahli.

1. Menurut Ir. Soekarno,

Pancasila merupakan isi yang ada pada jiwa bangsa Indonesia yang telah turun temurun terpendam oleh hadirnya kebudayaan barat.

2. Menurut Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari dua kata, yakni panca dan sila. Panca artinya lima dan sila yang berarti dasar atau sendi.

3. Menurut Notonegoro

Pancasila merupakan sebuah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat dikatakan bahwa Pancasila yaitu dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan mampu menjaga dasar kesatuan bangsa Indonesia

 

Sejarah Pancasila

Sejarah pancasila sidang bpupki

Pancasila tentu tidak lahir begitu saja, tetapi Pancasila sebelumnya telah mengalami proses panjang yang kini menjadi sebuah sejarah bagi bangsa Indonesia.

Banyak sekali perjuangan yang harus dilakukan hingga dapat tercipta kelima sila dalam Pancasila ini secara sempurna.

Proses perumusan sila dalam pancasila berawal dari munculnya janji kemerdekaan yang diberikan oleh Jepang untuk bangsa Indonesia.

Pada tahun 1945, pemerintahan Jepang membentuk BPUPKI sebagai badan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Tujuan dari adanya BPUPKI adalah untuk mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Sidang BPUPKI pertama kali dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945 untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

Para panitia lima yang merupakan penggagas kelima sila dalam Pancasila saling berdiskusi dalam sidang tersebut dan saling memberikan ide-ide terkait dengan hal apa saja yang seharusnya ada dalam Pancasila.

Sejarah pancasila sidang ppki

Diskusi tersebut masih terus berlanjut dan mengalami banyak perdebatan, hingga pada sidang PPKI 1 disahkan Pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila yang ada saat ini merupakan sila-sila yang telah mengalami banyak perubahan sebelum disahkan dan kini sila tersebut telah mencerminkan kepribadian Indonesia.

Salah satu sila yang mengalami perubahan ada pada sila yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Sebelumnya redaksi dari sila tersebut adalah “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Sila tersebut dirubah karena tidak mencerminkan keberagaman agama dan keyakinan yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

 

Makna Pancasila

Makna Pancasila

Sebagai sebuah dasar negara, tentu saja Pancasila memiliki makna mendalam yang harus kamu ketahui.

Makna Pancasila harus dipahami dan dihayati oleh setiap masyarakat Indonesia karena merupakan sebuah elemen terpenting yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Makna dari tiap-tiap sila yang ada pada Pancasila tentu saja berbeda. Oleh karena itu, kamu harus mengetahuinya agar dapat lebih menghargai perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusahakan kemerdekaan.

Berikut ini adalah makna dari tiap-tiap sila yang ada pada Pancasila.

1. Makna Sila Pertama

Pada sila pertama terdapat makna bahwa hanya terdapat satu kuasa utama, yakni berasal dari Tuhan yang Maha Esa serta negara memberi kebebasan sepenuhnya kepada masyarakat untuk memeluk dan beribadah sesuai dengan kepercayaannya.

 

2. Makna Sila Kedua

Memberikan hak dan kewajiban yang sama merupakan salah satu makna dari sila kedua. Selain itu, sila ini juga bermakna untuk menegakkan keadilan serta menjunjung tinggi kemerdekaan bagi seluruh rakyat.

 

3. Makna Sila Ketiga

Sikap nasionalisme yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara, mencintai tanah air, menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, tidak adanya diskriminasi antar suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia.

 

4. Makna Sila Keempat

Setiap persoalan harus dihadapi dan diputuskan bersama melalui musyawarah dan rakyat harus dipimpin oleh orang yang bijaksana dalam menyelesaikan segala persoalan negara.

 

5. Makna Sila Kelima

Kemakmuran dan kesejahteraan adalah hak untuk seluruh rakyat yang harus dipenuhi.

 

Arti Lambang Pancasila

Selain memiliki makna yang berbeda pada setiap silanya, lambang Pancasila juga memiliki arti yang berbeda. Berikut ini adalah arti lambang dari tiap sila.

1. Bintang

arti lambang bintang pancasila

Bintang emas yang ada pada sila pertama merupakan lambang dari cahaya yang diibaratkan seperti Tuhan yang menjadi penerang bagi setiap umat manusia.

2. Rantai Emas

arti lambang bintang pancasila

Gelang rantai yang saling berkaitan ini melambangkan bahwa manusia harus saling membantu satu sama lain dan saling berlaku adil antar sesama manusia.

3. Pohon Beringin

arti pohon beringin pancasila

Dengan adanya lambang pohon beringin ini, diibaratkan sebagai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang kokoh dan meskipun Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang berbeda, akan tetapi Indonesia tetap dalam rasa persatuan yang sama.

4. Kepala Banteng

arti kepala banteng pancasila

Sebagai hewan yang senang berkumpul, banteng pada bangsa Indonesia diibaratkan sebagai budaya masyarakat yang selalu mengambil keputusan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.

 

5. Padi dan Kapas

arti padi dan kapas pancasila

Lambang ini mencerminkan adanya persamaan sosial antar sesama warga negara Indonesia

 

Fungsi Pancasila

Fungsi Pancasila

Berdasarkan kelima sila yang terdapat dalam Pancasila, terdapat beberapa fungsi dari Pancasila itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi Pancasila yang wajib kamu ketahui.

  1. Pancasila sebagai ideologi bangsa.
  2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.
  3. Pancasila merupakan cermin jiwa bangsa Indonesia.
  4. Pancasila mencerminkan kepribadian masyarakat Indonesia.
  5. Pancasila sebagai sumber hukum terkuat di Indonesia.
  6. Pancasila sebagai dasar cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia yang harus dicapai.
  7. Pancasila sebagai falsafah yang berguna untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

 

Tujuan Pancasila

Tujuan Pancasila

Tujuan dari adanya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia adalah,

Untuk menciptakan warga negara yang religious serta taat kepada Tuhan, menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang adil secara sosial dan ekonomi, bangsa yang menghargai adanya hak asasi manusia, menghendaki terciptanya bangsa yang demokratis, dan menjadikan bangsa yang nasional serta cinta tanah air.

Gimana? udah paham kan tentang Pancasila? Nah, kalo kamu paham, kamu bisa nih menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bernegara.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar