Rangkuman Nilai Sosial

Apakah kamu pernah mempelajari pelajaran sosiologi? Jika iya, maka kamu pastinya akan menemukan salah satu pelajaran yang menarik di dalamnya yaitu nilai sosial.

Pengertian dari mata pelajaran ini adalah konsep abstrak yang ada dalam diri manusianya sendiri tentang apa yang mampu mereka anggap baik, buruk, indah, salah, maupun benar.

 

Pengertian Nilai Sosial Secara Umum

Pengertian Nilai Sosial Secara UmumPengertian Nilai Sosial Secara Umum

Nilai adalah prinsip, standar maupun kualitas yang nantinya dianggap berharga bagi siapa pun orang yang memilikinya.

Jadi, nilai itu tidak bisa hanya diharapkan saja melainkan bisa usahakan sebagai salah satu hal yang pantas dan juga benar bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Nilai juga merupakan sebuah kumpulan sikap dan perasaan yang dapat diwujudkan dalam perilaku sosial yang memilki nilai sosial.

Baca Juga : Interaksi Sosial

 

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Di atas merupakan pengertian dari nilai sosial secara umum, berikut ini definisi yang bisa kamu ketahui menurut beberapa ahli yaitu:

1. Kimball Young

Nilai merupakan asumsi yang abstrak dan seringkali tidak disadari oleh banyak masyarakat sekalipun hal itu adalah hal yang penting.

2. Robert M. Z. Lawang

Pengertian dari nilai secara sosial ini merupakan gambaran tentang apa yang diinginkan, apa yang pantas serta berharga yang bisa mempengaruhi siapa pun yang ingin memiliki nilai tersebut.

3. W. Green

Nilai secara sosial ini merupakan sebuah kesadaran yang dilakukan secara efektif secara emosi terhadap beberapa ide, individu dan juga objek tertentu.

4. Claudia Wood

Nilai secara sosial ini adalah sejumlah petunjuk umum yang sudah berlangsung cukup lama dan juga mampu mengarahkan pada tingkah laku serta kepuasan setiap harinya.

 

Ciri-Ciri Nilai Sosial

Ciri-ciri nilai sosial

Ada beberapa ciri-ciri nilai sosial yang nantinya mampu mempermudah kamu semua dalam memahami seperti apa nilai secara sosial khususnya pada masyarakat. Untuk beberapa contohnya adalah:

  • Mampu mempengaruhi sejumlah pengembangan diri sosial dari setiap individu.
  • Mampu mempengaruhi pengaruh yang bervariasi di dalam masyarakat.
  • Selalu berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.
  • Terbentuk dari adanya sebuah aktivitas berupa sosialisasi atau proses belajar.
  • Merupakan salah satu bagian dari usaha yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri serta mencukupi kepuasan dari setiap individu.

 

Macam-Macam Nilai Sosial

Macam-Macam Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Nilai Sosial Domain

Adalah nilai yang sangat dianggap penting dibandingkan dengan nilai-nilai yang lainnya. Ada sejumlah indikasi yang dikaitkan dengan nilai sosial domain seperti nilai yang sudah ada dan dianut dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian adanya sebuah kebanggaan dalam diri masyarakatnya sendiri jika melaksanakan nilai tersebut, dan lain sebagainya.

2. Nilai Sosial yang Mendarah Daging

Adalah nilai yang mendarah daging atau sudah menjadi salah satu kepribadian dalam diri masyarakatnya sendiri.

Jadi, nilai ini adalah sebuah kebiasaan yang terus dilakukan bahkan sudah berkembang di dalam bermasyarakat.

 

Sumber Nilai Sosial

Sumber Nilai Sosial

Munculnya nilai sosial di dalam bermasyarakat ini dikaitkan dengan 3 sumber. Sumber tersebut adalah Tuhan, masyarakat dan juga individunya sendiri.

1. Nilai yang Bersumber dari Tuhan

Sumber nilai ini sudah diketahui dari ajaran masing-masing agama yang dituliskan di dalam kitab suci.

Ada beberapa nilai yang mampu memberikan sejumlah pedoman dalam bertingkah laku bagi siapa pun masyarakatnya.

Seperti adanya kasih sayang, ketaatan, hidup sederhana, kejujuran, dan lainnya.

2. Nilai yang Bersumber dari Masyarakat

Masyarakat mengikuti beberapa cara yang leluhurnya lakukan dan dijadikan pedoman untuk menjalani sejumlah perilaku mereka di setiap harinya.

Sebagai contohnya adalah bersopan santun kepada yang lebih tua.

3. Nilai yang Bersumber dari Individu

Di dalam diri individunya sendiri, setiap masyarakat memiliki jiwa yang baik seperti ingin bekerja keras mendapatkan apa yang diinginkan, gigih dalam bekerja, dan lain sebagainya.

 

Peran Nilai Sosial

Peran Nilai Sosial

Di dalam kehidupan bermasyarakat, ada beberapa nilai yang memilki peran cukup penting, dan diantara peran dari nilai sosial tersebut adalah:

  • Digunakan sebagai salah satu petunjuk maupun arah untuk bersikap maupun bertindak.
  • Digunakan sebagai sebuah acuan serta sumber untuk motivasi dalam melakukan sesuatu.
  • Digunakan untuk mengarahkan masyarakatnya sendiri untuk berperilaku sesuai dengan nilai yang ada di lingkungannya.
  • Digunakan sebagai pengawas, pendorong serta penekan seorang individu untuk mampu berbuat baik.

 

Pembagian Nilai Sosial

Pembagian Nilai Sosial

Sedangkan untuk sejumlah pembagian dari nilai sosial dibagi menjadi beberapa bagian.

  • Menurut Prof. DR. Notonegoro. Dibagi menjadi 3 nilai yaitu nilai material, nilai vital dan juga nilai kerohanian.
  • Menurut Bentuk dan Wujud.Dibagi menjadi2 nilai yaitu nilai material atau jasmani dan juga nilai immaterial atau nilai rohani.
  • Menurut Ciri-Cirinya. Dibagi menjadi 2 nilai yaitu nilai yang dominan atau nilai yang penting dan juga nilai yang mendarah daging.

 

Sifat Nilai Sosial

Sifat Nilai Sosial

Sedangkan untuk sifat dari nilai sosial ini adalah tercipta dari sejumlah proses berinteraksi antara manusia.

Sifat lainnya juga terjadi akibat proses belajar mulai dari sosialisasi yang dilakukan masyarakat, akulturasi dan juga difusi, dan yang terakhir adalah sejumlah ukuran atau adanya peraturan sosial di dalam bermasyarakat.

 

Kedudukan dan Proses Pembentukan Nilai Sosial dalam Masyarakat

Kedudukan dan Proses Pembentukan Nilai Sosial dalam Masyarakat

Nilai sosial ini terbentuk dari sejumlah norma yang mengatur setiap kehidupan setiap manusia dari mereka dilahirkan. Kebiasaan inilah yang akan dimulai dari keluarga yang akan membimbing segala macam pergaulan dengan sejumlah batasan norma sehingga anak akan dinilai baik di masyarakat.

Yang kedua adalah adanya bimbingan dari masyarakatnya sendiri dalam memahami tata cara pergaulan yang baik. Sedangkan yang terakhir adalah setiap anak akan mendapatkan sebuah bimbingan dari sekolahnya untuk mengerti apa arti dari nilai tingkah laku yang dibatasi oleh norma.

 

Fungsi Nilai Sosial

Fungsi Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial memilki beberapa fungsi seperti digunakan untuk menyumbangkan seperangkat alat untuk menerapkan harga sosial dalam masyarakat, kemudian digunakan untuk mengarahkan masyarakat selama bertingkah laku, digunakan sebagai penentu dalam mempengaruhi peran sosial manusia, dan lain sebagainya.

 

Contoh Nilai Sosial

Contoh Nilai Sosial

Untuk nilai sosial ini, ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhinya. Baik digunakan untuk menjadi kaya raya ketika mereka gagal karena nilai ini digunakan untuk membentuk cara berpikir.

Ada juga contoh nilai sebagai motif melakukan tindakan sosial seperti semua orang yakin bahwa ketika mereka menerima suap, maka akan besar risiko yang akan mereka miliki. Jadi, banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk menolaknya.

Jadi, itulah sejumlah pelajaran penting yang mungkin seringkali kamu dapatkan dalam sebuah pelajaran sosiologi.

Namun, selain dalam mata pelajaran sosiologi, nilai sosial ini bisa kamu temukan bahkan cukup sering selama hidup bermasyarakat.

Kamu bisa memahami tentang nilai secara sosial ini melalui pengertian, jenis, ciri-ciri, fungsi, bahkan sejumlah contoh yang telah dijelaskan pada penjelasan di atas.

Tinggalkan komentar