Prinsip Seni Rupa

Apakah kamu sudah pernah melihat hasil dari karya seni rupa yang dibuat oleh seseorang? Seni rupa identik dengan hasil karya yang indah.

Karya seni rupa dikatakan memiliki nilai estetika, pasalnya unsur yang didalamnya berupa garis, bidang, bentuk, warna, dan sebagainya.

Dari hasil terwujudnya keindahan karya seni rupa dibentuk oleh sebuah prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung segala bentuk karya seni rupa tersebut.

Dengan adanya prinsip seni rupa tersebut maka dapat dijadikan sebagai pedoman untuk membuat sebuah karya seni.

Beberapa macam prinsip seni rupa seperti kesatuan, keseimbangan, irama, komposisi, proporsi, pusat perhatian, keselarasan, gradasi, penekanan, dan sebagainya.

Untuk itu, di bawah ini terdapat 13 prinsip seni rupa yang biasa digunakan dari semua karya seni rupa.

Apa aja sih? Langsung aja simak!

Kesatuan

Prinsip kesatuan pada seni rupa

Prinsip kesatuan atau unity merupakan sebagai wadah unsur-unsur lain yang ada di dalam seni rupa, sehingga unsur-unsur seni rupa saling berhubungan antar satu sama lain dan tidak berdiri sendiri.

Maka dari itu, unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik. Selain itu, prinsip kesatuan merupakan bahan awal dalam komposisi karya seni.

 

Keselarasan

Prinsip keselarasan pada seni rupa

Keselarasan merupakan prinsip untuk menyatukan unsur yang ada dalam seni rupa dari berbagai bentuk berbeda.

Keselarasan dapat dimunculkan dengan cara mengatur warna, pencahayaan, bentuk dengan rapi dan tidak terlalu mencolok satu sama lain.

 

Penekanan

Prinsip penekanan pada seni rupa

Penekanan atau kontras merupakan sesuatu yang dapat mengatur perbedaan dari 2 buah unsur yang berlawanan, mencolok yang terletak pada warna, perbedaan, bentuk, serta ukuran.

Sehingga karya seni tidak terkesan selalu lama, maka dengan adanya prinsip seni rupa akan menghasilkan karya seni yang terasa lebih berwarna dan menarik.

 

Irama

Prinsip irama pada seni rupa

Irama atau ryhme adalah pengulangan satu atau lebih dari unsur secara teratur dan terus menerus.

Sehingga memiliki kesan bergerak, dengan pengulangan tersebut maka dapat berwujud bentuk, garis, dan rupa-rupa warna.

Pengulangan sebuah unsur bentuk apabila diletakkan pada tempat yang sama maka akan terlihat statis, namun jika irama harmonis maka akan menghasilkan nilai estetika yang unik.

 

Gradasi

Prinsip gradasi pada seni rupa

Gradasi yaitu sebuah susunan warna berdasarkan tingkat perpaduan dari berbagai warna yang digunakan dalam karya seni secara berangsur-angsur. Gradasi berperan untuk dapat menghidupkan karya seni yang dibuat.

 

Kesebandingan

Prinsip kesebandingan pada seni rupa

Kesebandingan merupakan prinsip seni rupa yang bertanggung jawab untuk dapat membandingkan bagian satu dengan bagian lainnya, sehingga terlihat selaras dan enak dipandang, berhubungan besar kecil, tinggi rendah, jauh dekat, dan luas sempitnya sbeuah objek.

 

Komposisi

Prinsip komposisi pada seni rupa

Komposisi dalam seni rupa adalah salah satu prinsip yang menjadi dasar dari keindaan sebuah karya seni.

Komposisi berhubungan dengan penyusunan unsur-unsur seni rupa, sehingga menjadi susunan yang teratur, serasi, dan menghasilkan karya seni yang bagus dan menarik.

 

Keseimbangan Atau Proporsi

Prinsip keseimbangan pada seni rupa

Keseimbangan dalam karya seni berhubungan dengan berat ringannya suatu karya. Pasalnya, karya seni diatur agar memiliki daya tarik yang sama disetiap sisinya. Dengan prinsip keseimbangan tersebut memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur-unsur seni rupa.

 

Pusat Perhatian

Prinsip pusat perhatian pada seni rupa

Prinsip seni rupa yang dipadukan antar semua unsur-unsur yang ada bertujuan untuk menampilkan bagian tertentu dari sebuah karya seni rupa. Sehingga akan terlihat menonjol dan terlihat berbeda dengan bagian yang lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengatur posisi, warna, ukuran, dan sebagainya.

 

Kejelasan

Prinsip kejelasan pada seni rupa

Kejelasan berarti mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh orang yang melihat karya seni rupa yang telah dibentuk.

Kejelasan bertujuan untuk tata desain, sebab seni terapan yang ditujukkan untuk kepentingan orang lain agar mereka paham.

 

Kesederhanaan

Prinsip kesederhanaan pada seni rupa

Kesederhanaan merupakan sebuah keadaan dimana unsur-unsur bentuk yang disatukan menjadi kesatuan bentuk karya seni yang bersifat praktis.

 

Kontras

Prinsip kontras pada seni rupa

Kontras merupakan penyusunan dari 2 buah unsur yang saling tumpang tindih. Ketidakserasian tersebut membuat harmoni tersendiri karena keduanya saling melengkapi satu sama lain.

 

Proporsi

Prinsip proporsi pada seni rupa

Proporsi merupakan perbandingan antara bagian yang satu dengan yang lainnya dengan adanya pertimbangan, misalnya seperti besar kecil, luas sempit, panjang pendek, dan lainnya.

Nah, jadi itulah 13 prinsip seni rupa yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam suatu objek karya seni rupa yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

 

Tinggalkan komentar