Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang memiliki ribuan keragaman. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya suku, ras, agama, dan budaya yang ada di Indonesia serta tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Keberagaman inilah yang membuat bangsa Indonesia dijuluki sebagai bangsa yang kaya. Dengan adanya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, banyak bangsa lain yang tertarik untuk datang dan melihat secara langsung keberagaman dan keindahan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Untuk menjaga keberagaman tersebut, maka sangat diperlukan adanya prinsip untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dengan adanya prinsip tersebut, maka bangsa Indonesia mempunyai sebuah pegangan yang menjadi sebuah alasan untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Terdapat empat prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Apa aja sih?

Yuk langsung simak aja.

 

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu.

Sebagai sebuah bangsa yang mempunyai berbagai macam keragaman, adanya semboyan ini sudah sangat mencerminkan wujud persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sendiri.

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika ini akan membuat kita merasa untuk harus menjaga persatuan demi keutuhan bangsa, meskipun bangsa Indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan.

Baca Juga : Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Namun, perbedaan itu janganlah dilihat dari sudut pandang negatif, akan tetapi dilihat sebagai sebuah kekayaan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

 

Prinsip Nasionalisme Indonesia

prinsip nasionalisme

Nasionalisme mempunyai arti rasa cinta kepada tanah air.

Sikap nasionalisme inilah yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia sebagai pondasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dengan adanya prinsip nasionalisme Indonesia ini, maka seluruh elemen masyarakat akan bersatu padu berusaha untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang sudah tercantum pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Nasionalisme juga menjadi bukti kesetiaan pada bangsa Indonesia. Maksud dari rasa cinta tanah air bukan berarti terlalu mengunggulkan bangsa dan cenderung meyepelekan aspek lain, karena tentu saja hal ini bertentangan dengan sila pertama pada Pancasila yang menjunjung tinggi terhadap Ketuhanan yang Maha Esa.

 

Prinsip Kebebasan dan Bertanggung Jawab

Prinsip Kebebasan dan Bertanggung Jawab

Dengan adanya prinsip kebebasan dan bertanggung jawab ini, maka setiap warga negara diberi kebebasan dalam bertindak, berbicara, berpendapat sesuai kemauannya, namun tetap dapat bertanggung jawab dengan segala hal yang dilakukannya.

Adanya prinsip kebebeasan dan bertanggung jawab ini merupakan cerminan dari implementasi Hak Asasi Manusia (HAM) yang sangat dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia.

Adanya kebebasan yang bertanggung jawab ini akan menjadikan setiap warga negara berani untuk mengambil tindakan, tetapi paham dengan segala konsekuensi yang terjadi.

Apabila tindakan yang dilakukan merugikan orang lain, maka ia akan mendapatkan konsekuensi sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Prinsip terakhir yang harus dijunjung tinggi oleh warga negara Indonesia adalah prinsip persatuan pembangunan untuk mewujudkan cita-cita reformasi.

Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, maka kita harus mengisi kekosongan setelah terjadinya kemerdekaan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur serta adil.

Pembangunan nasional yang kini tengah dilakukan merupakan salah satu wujud prinsip persatuan pembangunan ini.

Dengan pembangunan nasional tersebut, maka diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merupakan salah satu cita-cita reformasi bangsa Indonesia.

Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia, perlu juga untuk mewujudkan prinsip keempat ini agar kesejahteraan masyarakat yang diidam-idamkan dapat terwujud.

Itulah tadi penjelasan terkait dengan prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Keempat prinsip tersebut harus dipegang teguh oleh setiap warga negara Indonesia untuk menjaga agar persatuan dan kesatuan bangsa ini tetap utuh.

Dengan adanya prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tersebut, maka sedikit banyaknya kita dapat terhindar dari perpecahan akibat pengaruh luar yang mengancam persatuan yang telah susah payah dijaga oleh para leluhur bangsa Indonesia.

Maka dari itu, sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik untuk mengimplementasikan keempat prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tetap kokoh.

 

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar