Perbedaan Suku dan Bangsa

Indonesia adalah negara yang begitu beragam. Tidak heran jika Indonesia memiliki semboyan bhineka tunggal ika.

Salah satu contoh keberagaman yang ada di negara Indonesia di antaranya ialah suku dan bangsa.

Lalu apa sih perbedaan suku dan bangsa?

Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Pengertian

Pengertian suku dan bangsa

Jika membahas tentang perbedaan suku dan bangsa, kurang afdhol rasanya jika tidak mengulas informasi terkait definisi keduanya terlebih dahulu.

Bangsa adalah mereka yang tinggal secara bersamaan dalam suatu daerah tertentu yang memiliki berbagai macam kesamaan.

Sementara itu,

Suku adalah bagian dari bangsa yang cenderung lebih spesifik.

Adapun contoh dari bangsa di antaranya:

  • Bangsa Indonesia
  • Bangsa Yunani
  • Bangsa Aborigin
  • Bangsa Persida

Kemudian, contoh dari suku di antaranya:

  • Suku Jawa
  • Suku Sunda
  • Suku Batak
  • Suku Dayak

 

Bahasa yang Digunakan

bahasa yang digunakan suku dan bangsa

Tahukah kamu bahwa suku bangsa yang ada di dunia pasti memiliki bahasa yang berbeda-beda.

Jadi, sudah sewajarnya kamu tidak heran dengan segala keberagaman bahasa suku bangsa yang ada di dunia.

Seperti halnya di negara Indonesia. Negara yang bersemboyan bhineka tunggal ika ini memiliki begitu banyak bahasa yang tiap-tiap sukunya berbeda.

Seperti bahasa daerah Jawa Timur akan berbeda dengan bahasa daerah Jawa Barat. Menarik, bukan?

 

Ciri Fisik

ciri fisik suku dan bangsa

Perbedaan suku dan bangsa selanjutnya ialah terdapat pada ciri fisik. Tahukah kamu bahwa perbedaan berdasarkan ciri fisik merupakan perbedaan yang paling mencolok di antara perbedaan suku dan bangsa lainnya.

Kamu bisa melihat perbedaan tersebut berdasarkan ciri fisik suku bangsa serta berdasarkan perawakannya.

Adapun contoh perbedaan dari suku dan bangsa yang dilihat berdasarkan perbedaan ciri fisik yaitu ciri fisik suku bangsa artis kenamaan Jun Ji Hyun tentu berbeda dengan ciri fisik artis kenamaan Jasmine Tookes.

 

Logat Bahasa

logat bahasa suku dan bangsa

Perbedaan suku dan bangsa berikutnya dapat dilihat berdasarkan logat bahasa. Jadi guys, selain bahasa yang digunakan juga terdapat logat bahasa yang dapat menjadi perbedaan suku bangsa tersebut.

Terutama di Indonesia, negara yang kamu diami ini juga memiliki begitu banyak logat bahasa dan cenderung sangat berbeda pada tiap-tiap daerah.

Bagi kamu yang berasal dari daerah Sumatera Utara tentu akan memiliki logat bahasa yang berbeda dengan kamu yang berasal dari daerah Yogyakarta.

Meskipun tengah berbicara dengan bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia, lantas tidak serta merta bisa begitu saja menghilangkan logat dari daerah masing-masing bukan?

Coba saja kamu lihat bagaimana cara Hotman Paris berbicara di depan layar kaca dan coba bandingkan dengan Didi Kempot saat berbicara di depan layar kaca menggunakan bahasa Indonesia yang sama.

Bisakah kamu temukan logat dari daerah mereka masing-masing?

 

Adat Istiadat dan Budaya

budaya suku dan bangsa

Perbedaan suku dan bangsa berikutnya bisa kamu lihat berdasarkan adat istiadat dan budaya. Sejatinya, tiap-tiap suku bangsa dari negara yang berbeda tentu mempunyai adat istiadat dan budaya yang juga berbeda.

Terkadang pula, justru segala perbedaan-perbedaan yang ada tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Di negara Indonesia sendiri meskipun masih dalam satu naungan negara, nyatanya negara yang kamu diami ini memiliki begitu banyak adat istiadat dan budaya.

Bahkan Indonesia juga disebut sebagai negara yang kaya akan adat istiadat dan budaya.

Adapun contoh adat istiadat dan budaya di negara Indonesia di antaranya rumah adat, upacara adat, aksara, teater, drama, tarian, lagu, musik, pakaian adat, masakan, perayaan, seni lukis, seni gambar dan lainnya.

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, sudah seharusnya kamu bangga dengan julukan negara yang kaya akan perbadaan namun masih tetap bisa disatukan dalam naungan Indonesia.

Tidak perduli dengan adanya perbedaan suku dan bangsa maupun perbedaan-perbedaan lainnya, nyatanya kamu adalah bagian dari sebuah negara yang begitu dianggap nyaman untuk ditinggali ini.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar