Pengertian Seni Musik Lengkap
Pengertian Seni Musik Lengkap

Pengertian Seni Musik dari Sumber Terpercaya dan Para Ahli Lengkap!

Diposting pada

Pengertian Seni Musik – Siapa yang tidak suka dengan musik? Sepertinya kita semua menyukai bentuk seni yang satu ini. Tidak sedikit dari kita yang selalu mendengarkan musik untuk memberi semangat atau menghibur diri setiap hari. Lalu sebenarnya apa itu musik atau seni musik? Musik dapat diartikan sebagai nada dan suara yang disusun hingga menghasilkan irama, lagu, dan harmonisasi.

Sementara pengertian seni musik tidak jauh berbeda. Pengertian seni musik secara umum adalah sebuah cabang seni yang fokus menggunakan melodi, irama, tempo, harmoni, juga vocal yang berperan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan penciptanya. Seni musik dapat bertambah dan berganti seiring berjalannya waktu.

Setelah mengetahui pengertian seni musik secara umum kamu pasti sudah dapat membedakan perbedaan jenis-jenis seni musik. Dari segi nada, irama, hingga melodi di setiap jenisnya berbeda-beda. Jenis seni musik dibagi menjadi tiga yaitu klasik, populer, dan tradisional.

 

Jenis-jenis Musik

  1. Musik Klasik

Sering mendengar mengenai fungsi dari musik klasik? Jenis seni musik yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Di antaranya meningkatkan IQ, relaksasi, mengatasi insomnia, meningkatkan daya ingatan, dan lainnya. Musik klasik sendiri identik dengan musik yang datang dari wilayah Eropa.

Notasi dalam musik klasik berbeda-beda dan dapat dibagi menjadi dua yaitu musik klasik populer dan musik klasik non Eropa. Susunan musik klasik juga lebih kompleks dibandingkan dengan jenis seni musik lainnya.

  1. Musik Populer

Umumnya jenis seni musik yang satu ini lebih banyak disukai karena lebih easy listening dan lebih mudah diterima oleh banyak kalangan. Musik pop atau musik populer mulai terkenal pada tahun 1950-an. Musik ini memiliki karakter yang lebih fleksibel sehingga mudah dipadu-padankan dan mudah mengikuti zaman.

Musik populer memiliki banyak jenis di antaranya:

  • Musik Jazz
  • Musik Blues
  • Musik R&B
  • Musik Rock
  1. Musik Tradisional

Berbeda dari jenis musik lainnya yang menggunakan alat musik secara umum dan banyak digunakan dalam membuat melodi, ritme, tempo, dan harmoni seperti dalam pengertian seni musik di atas, untuk jenis musik tradional sebagian besar lebih menggunakan alat musik tradisional di mana di setiap negara dan daerah berbeda-beda.

Biasanya musik tradisional lebih cenderung menggunakan gaya, bahasa, serta tradisi sesuai dengan negara dan daerah asalnya. Musik tradisional dapat dibagi menjadi tiga yaitu country, latin, dan dangdut.

Dilihat dari segi definisi seni musik sendiri, cabang seni yang satu ini memang tidak akan habis oleh waktu. Bahkan seni musik sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa lepas.

Definisi seni musik yaitu bentuk seni dari hasil penggabungan nada, suara, melodi, ritme, tempo, juga harmoni dari alat-alat musik serta vokal.

Kamu pasti memiliki jenis seni musik favourit sendiri di mana selalu diengarkan saat membutuhkan hiburan.

Pada dasarnya fungsi daria danya seni musik memang untuk hiburan, tetapi dalam sebagian hal, seni musik juga berfungsi sebagai wadah atau media untuk menyampaikan sesuatu.

Misalnya saja saat upacara adat atau acara keagamaan, seni musik seolah menjadi media perantara dalam berbicara dengan sang Penguasa. Atau dalam sebuah pagelaran teatrikal, seni musik memiliki fungsi sebagai pembangun suasana agar adegaan demi adegan berjalan sesuai.

Kamu juga harus tau : Fungsi Musik Secara Umum

Kemudian, bagaimana dengan pengertian seni musik menurut para ahli di dunia? Berikut sedikit ulasannya.

 

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

  1. David Ewen, Pencipta Buku-Buku Tentang Musik

Pengertian seni musik menurut para ahli pertama yaitu menurut David Ewen yang terlah penerbitkan lebih dari 40 buku tentang musik mengungkapkan bahwa,

seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni yang berhubungan tentang kobinasi ritmik dan nada-nada di mana meliputi melodi dan harmoni sebagai bentuk ekspresi dari segala hal yang ingin diungkapkan khususnya paerihal emosional.

 

  1. Norman Dello Joio, Komposer Terkenal Amerika

Sementara menurut Dello Joio yang merupakan komposer terkenal asal Amerika menyatakan bahwa,

pengertian seni musik adalah suatu seni yang dapat memperluas pengetahuan dan pandangan, baik tentang musik itu sendiri atau hal lain di luar musik.

Mengenal musik dapat menumbuhkan rasa menghargai akan nilai seni juga menyadari adanya dimensi lain dari kenyataan yang tersembunyi.

 

  1. Suhastjarja, Dosen Senior Fakultas Seni Di Indonesia

Suhastjarja mengungkapkan bahwa menurutnya,

seni musik ialah ungkapan rasa indah dari manusia dengan bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat berwujud nada-nada atau bunyi lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, serta mempunya suatu bentuk dalam ruang wkatu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lainnya dalam sebuah lingkungan.

Itu dia tiga dari sekian banyak macam pengertian mengenai seni musik dari para ahli yang dinilai paling pas.

Sementara itu untuk pengertian seni musik secara etimologi yaitu,

Seni adalah karya yang bernilai tinggi, sedangkan ‘Musik’ adalah susunan nada dan suara yang saling berkesinambungan.

Sehingga yang dapat disimpulkan dari pengertian seni musik secara etimologi ialah suatu karya bernilai tinggi yang berupa susunan nada dan suara yang salin berkesinambungan.

Terakhir yang harus kamu ketahui adalah mengenai adanya delapan unsur unsur seni musik yang selalu terkandung dalam sebuah karya seni musik yaitu melodi, irama, birama, harmoni, tempo, tangga nada, dinamik, dan timbre. Semua unsur tersebut selalu ada dalam sebuah karya seni musik. Dengan adanya unsur-unsur tersebut pula, maka sebuah karya dapat disebut sebagai seni musik.

Yang kamu cari :
pengertian seni musik, seni musik adalah, definisi seni musik, seni musik, https://www eduspensa id/pengertian-seni-musik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *