Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari keberadaan orang lain di sekitarnya. Bisa dibilang juga kalau manusia itu tidak bisa hidup sendiri sob!

Antara satu manusia dengan manusia lainnya pasti terjadi interaksi sosial setiap harinya. Interaksi sosial ini adalah hal lumrah yang terjadi agar kehidupan bermasyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Tapi pengertian dari interaksi sosial ini sangat bervariasi. Tiap-tiap ilmuwan di bidang sosiologi punya pengertian sendiri mengenai interaksi sosial.

Ada banyak ilmuwan atau ahli di bidang sosiologi yang memperlajari perilaku manusia dan interaksinya dengan manusia lainnya.

Masing-masing ahli ini menyimpulkan sebuah pengertian tersendiri tentang interaksi sosial, berikut diantaranya.

Pengertian interaksi sosial menurut Kimbal Young dan Raymond W. Mack

Pengertian interaksi sosial menurut Kimbal Young dan Raymond W. Mack

Kedua ahli ini mengartikan interaksi sosial sebagai sebuah hubungan sosial yang berlangsung antara sayu individu dengan individu lain maupun kelompok dan hubungan antar kelompok yang berlangsung dinamis.

Pengertian interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto

Ahli selanjutnya yaitu Soerjono Soekanto punya pendapat yang bedatentang interaksi sosial. Menurut Soerjono Soekanto interaksi sosial ini adalah suatu proses sosial mengenai cara individu dan kelompok membangun suatu hubungan guna membangun sebuah sistem di dalam hubungan sosial.

Pengertian interaksi sosial menutur Shaw

Shaw punya pengertian berbeda tentang interaksi sosial. Beliau menuturkan bahwa

Pengertian interaksi sosial menurut Thilbaut dan Kelley

Thilbaut dan Kelley mengartikan interaksi sosial sebagai sebuah peristiwa yang saling mempengaruhi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Hal ini terjadi kalau ada dua orang atau lebih yang bertemu dan berkomunikasi satu sama lain dan menciptakan suatu hasil tertentu.

Pengertian interaksi sosial menurut Bonner

Bonner mengartikan intreaksi sosial sebagai sebuah hubungan yang terjadi antara dua orang ataupun lebih dan setiap hal yang dilakukan oleh satu pihak dapat memberikan pengaruh kepada pihak lain yang berinteraksi dengannya.

Pengertian interaksi sosial menurut Jhon Lewis Gillin

Pengertian interaksi sosial menurut Jhon Lewis Gillin-compressed

Gilin menyatakan bahwa interaksi sosial merupakan hubungan sosial dinamis yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya maupun dengan kelompok ataupun hubungan antar kelompok. Gillin menyatakan bahwa interaksi sosial lahir karena adanya sifat dasar manusia yang tidak bisa hidup sendiri.

Pengertian interaksi sosial menurut Walgito

Pengertian interaksi sosial selanjutnya dikemukakan oleh Walgito bahwa di dalam interaksi sosial trdapat sebuah hubungan timbal balik yang kemudian dapat memberikan pengaruh kepada kelompok atau individu yang terlibat di dalamnya.

Pengertian interaksi sosial menurut Murdiyatmo dan Handayani

Murdiyatmo dan Handayani memiliki pendapat bahwa interaksi sosial ini adalah sebuah hubungan yang dijalin oleh seorang manusia dengan manusia lainnya di dalam sebuah proses kehidupan. Di dalam proses kehidupan tersebut terbangun suatu yang dinamakan struktur sosial. Pada struktur sosial ini ada hubungan saling mempengaruhi antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Pengertian interaksi sosial menurut Maryati dan Suryawati

Pengertian interaksi sosial menurut Maryati dan Suryawati adalah suatu hubungan atau kontak yang saling terikat dan respon yang terjadi antar indivisu maupun antar kelompok serta antara individu dengan kelompok.

Pengertian interaksi sosial menurut Selo Soemardjan

Pengertian interaksi sosial menurut Selo Soemardjan

Seorang ahli bernama Selo Soemardjan menyatakan bahwa arti dari interaksi sosial merupakan sebuah hubungan timbal balik yang terjadi antara individu dengan berbagai sisi kehidupan bersama.

Pengertian interaksi sosial menurut Hernawan

Hernawan punya pendapat lain mengenai pengertian dari interaksi sosial. Menurut beliau interaksi sosial merupakan sebuah keterampilan berkomunikasi yang dilakukan secara bekerja sama guna bisa menimbulkan sebuah hubungan komunikasi yang harmonis diantara beberapa pihak yang terlibat.

Pengertian interaksi sosial menurut Max Weber

Pengertian interaksi sosial menurut Max Weber

Ilmuwan selanjutnya adalah Max Weber yang lebih populer dengan teori tentang pengertian tindakan sosial.

Max Weber menjelaskan kalau tindakan sosial ini adalah tindakan seorang manusia atau individu yang punya arti untuk dirinya sendiri serta diarahkan kepada orang lain atau individu lain di luar dirinya.

Suatu tindakan tidak bisa dikategorikan sebagai tindakan sosial kalau obje yang dikenainya adalah benda mati.

Semua pengertian interaksi sosial dari para ahli tadi benar dan mengarah ke satu hal yang sama. Interaksi sosial merupakan suatu hal yang pasti dilakukan oleh manusia karena tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dan campur tangan orang lain selain dirinya sendiri.

Tinggalkan komentar