Kalian sedang belajar mengenai bisnis dalam mata pelajaran Kewirausahaan? Jika iya, pasti salah satu materi pembelajaran yang kalian dapat ialah manajemen pemasaran.


Tapi sebelum kita terjun ke materinya kita ngomongin dulu nih tentang dasar pemasaran. Di mapel kewirausahaan ada 6 aspek penting dalam suatu usaha atau yang biasa disebut dengan istilah 6M : Man, Money, Material, Machine, Methods dan yang terakhir adalah Market.

Bayangin aja, kita udah punya duit, tenaga kerja, alat dan segala macem tapi produk kita gak dipasarkan gimana mau produksi lagi? Cari untung, bayar alat, karyawan dan lain-lain?

Makanya kita harus melakukan berbagai upaya marketing management supaya produk kita dapat bersaing karena makin hari kompetitor bisa bertambah seperti dengan memasang iklan di media online maupun offline. Jadi, keberhasilan manajemen pemasaran bisa kita katakan sebagai kuncinya kesuksesan suatu perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Pemasaran ini juga punya dampak baik untuk konsumen maupun produsen. Bagi konsumen sendiri, aktivitas pemasaran dapat dipandang untuk menawarkan berbagai alternative pemuas suatu kebutuhan, sehingga nilai dari kepuasan itu sendiri meningkat. Bagi produsen, aktivitas pemasaran dapat meningkatkan pelayanan yang lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen jadi bukan cuman untuk cari untung.

Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian manajemen pemasaran
pengertian manajemen pemasaran
Secara umum, pengertian manajemen pemasaran adalah

Proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan serta pengawasan suatu program yang memiliki tujuan untuk menciptakan pertukaran dengan pasar yang ditujukan dan berujung pada pencapaian tujuan perusahaan secara efektif juga efisien.

Untuk pengertian secara umumnya tidak semerta merta dipaparkan begitu saja. Tentu ada landasan kuatnya, dari mana? Didapat dari pengertian para ahli.

 

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli
pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli
Dari beberapa pengertian dibawah ini, bisa menjadi acuan pengertian umumnya. Seperti :

1. Dharmmesta & Handoko

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

 

2. Philip Kotler

Nah, ini dari orang terkenal. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler ialah

Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan. – Wikipedia

 

 3. American Marketing Association

Pemasaran adalah proses perencanaan dan melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi beberapa ide, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang bisa memuaskan tujiuan individu dan organisasi.

Pengertian-pengertian pemasaran diatas juga didapat dari konsep pemasaran. “Sebentar  dah, apaan lagi tuh?” Santai dong, konsep pemasaran adalah kegiatan perencanaan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu kepuasan pelanggan yang terdiri dari unsur :

  • Product
  • Price
  • Placement
  • Promotion (Social maupun Global)

selain itu, ada 3 elemen penting dalam konsep manajemen pemasaran, yaitu :

   1. Orientasi Pada Konsumen 

menjadikan konsumen sebagai raja, produsen memberikan berbagai penawaran yang terbaik mulai dari produk terbaik hingga cara pelayanan konsumen.

   2.  Perencanaan Kegiatan Pemasaran

semua kegiatan pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, dan kegiatan lain-lain yang terkait dengan pemasaran harus disusun secara terperinci.

 3.  Kepuasan Konsumen 

kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, tapi juga dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.

Setelah paham mengenai beberapa pengertian diatas, kita dapat menemukan rumusan manajemen pemasaran yang menyebutkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses managemen yang meliputi kegiatan pengananalisa, perencanan, pelaksanaan serta pengawasan aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan.

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

tahap perkembangan manajemen
tahap perkembangan manajemen
Sebagai tambahan informasi untuk temen – temen, manajemen pemasaran mengelamai berbagai perkembangan. Kenapa bisa gitu? Karena terjadainya revolusi industri. Beberapa tahapnya yaitu :

1. Tahap Orientasi Produksi
2. Tahap Orientasi Penjualan
3. Tahap Orientasi Pemasaran
4. Tahap Orientasi Sosial/Masyarakat

 

Tujuan Manajemen Pemasaran

Dalam melakukan manajemen pemasaran tentu harus ada tujuanya bukan? Beberapa tujuan utama dari manajemen pemasaran ialah :

1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan adalah untung secepat mungkin. Artinya dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba/untung

2. Jangka Menengah
Tujuan jangka menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan.

3. Jangka Panjang
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahan para pelanggan setia agar tetap loyal dengan produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelaggan.

tujuan manajemen pemasaran
tujuan manajemen pemasaran

Selain ketiga tujuan diatas, manajemen pemasaran juga memiliki tujuan umum, yaitu :

a. Membangun Permintaan 

untuk membangun permintaan, produsen harus melakukan berbagai upaya pemasaran untuk menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran konsumen terhadap barang.

b. Membangun Kepuasan Konsumen

dengan cara memahami kebutuhan konsumen, serta mengetahui bagaimana produk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

c. Mendapatkan Market Share

semua perusahaan mengharapkan terjadi peningkatan dan perluasan market share atau penjualan. Walaupun terkadang hanya mempertahankan market share yang telah diperoleh.

d. Mendapatkan Keuntungan

bagaimana cara perusahaan menjual dengan nilai margin optimal bisa menghasilkan tingkat penjualan yang maksimal.

e. Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan

citra yang baik terhadap konsumen memberikan efek positif dari berbagai sisi.

f. Menjaga Kelangsungan Usaha

pemasaran merupakan ujung tombak sebuah perusahaan untuk mencapai target penjualan, kepuasan dan target kepuasan.

Gimana temen – temen? Sudah puas mengenai pengertian dan tujuan manajemen pemasaran belum? Kalau belum, masih ada banyak materi pembelajaran yang akan kita bahas bersama di Eduspensa.id 

Author

Seorang mahasiswa yang sangat antusias terhadap IT, Bisnis dan juga Traveling. Kamu bisa kenalan sama aku di Instagram yugi_al

Write A Comment