Pengertian Biografi dan Autobiografi Disertai Jenis & Ciri Cirinya

  • Bagikan
Pengertian Biografi dan Autobiografi Disertai Jenis & Ciri Cirinya
Pengertian Biografi dan Autobiografi Disertai Jenis & Ciri Cirinya

Pengertian Biografi dan Autobiografi Disertai Jenis & Ciri Cirinya

 

 

Dalam penjabaran materi Bahasa Indonesia terdapat istilah istilah yang merupakan dasar dari materi Bahasa Indonesia itu sendiri. Sebagai contoh adalah istilah refrensi, esai ataupun biografi.

Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan kata biografi ataupun autobiografi. Kata ini sering muncul pada sebuah pendaftaran atau Riwayat hidup sesorang pada sebuah lembaga. Dapat juga kita temui pada cv perseorangan.

Tak hanya itu, pengertian biografi dan autobiografi dapat kita temui pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ilmu ini berisi tata cara dan digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat biografi pribadi ataupun orang lain.

Pasti dalam sebuah kasus kamu menemui soal jelaskan perbedaan antara biografi dan autobiografi. Dan tentunya masih abu abu buat kita yang belum mengenal istilah pengertian biografi dan autobiografi.

Untuk itu kali ini kita akan mengupak lengkap perihal perbedaan biografi dan autobiografi beserta pengertian nya. Tetap simak pembahasan dibawah ini

 

Pengertian Biografi dan Autobiografi

 

Apabila dilihat secara sekilas, perbedaan biografi dan autobiografi sama sekali tidak ada. Namun ketika mencermati dengan detail akan menemkan perbedaan dari keduanya. Sebelum memasuki perbedaan kedua istilah ini alangkah baiknya kita memahami pengertian biografi dan autobiografi.

 

Pengertian Biografi

 

Pengertian Biografi
Pengertian Biografi

 

Biografi merupakan sebuah teks yang menceritakan riwayat hidup seseorang  yang ditulis oleh orang lain. Dalam menulis biografi, penulis akan melakukan riset kepada riwayat seseorang yang akan ditulisnya secara lengkap.

Biografi terfokus pada perseorangan yang membahas tentang kepribadian dan kehidupan khusus dari orang tersebut. Biografi menjelaskan perihal nama orang, tempat dan tanggal lahir, alamat, riwayat Pendidikan, nama orang tua, dan masih banyak lagi hal yang menarik untuk ditulis dalam biografi tersebut.

Umumnya penulis menulis biografi seorang tokoh, public figur, aktor, politisi, atlet dan masih banyak lagi. Riset ini sangat diperlukan karena ketika salah dalam menuliskan riwayat hidup maka dapat disebut sebagai pelanggaran dalam pencemaran nama baik. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang pembuatan teks biografi dengan benar.

 

Ciri Ciri Biografi

 

Dalam teks biografi juga terdapat ciri ciri agar memudahkan kita dalam menyusun dan menentukan sebuah teks tergolong biografi, autobiografi atau bukan.

 

Berikut Ini Ciri Ciri dari Pengertian Biografi:

 

  • Teks biografi harus berisi informasi valid dan berdasarkan fakta yang asli pada tokoh tersebut
  • Isinya berbentuk teks narasi
  • Isinya memuat sebuah informasi fakta dari pengalaman hidup suatu tokoh dari awal kehidupanya hingga akhir secara rinci
  • Teks harus terstruktur

 

Pengertian Autobiografi

 

Pengertian Autobiografi
Pengertian Autobiografi

Dari pengertian biografi dan autobiografi memiliki kesamaan definisi namun terdapat sisi yang berberda.

Autobiografi atau dapat juga disebut segabai otobiografi merupakan sebuah teks yang berisi riwayah hidup yang di tulis atau di karang oleh dirinya sendiri. Seorang otobiografi menuliskan kisah hidupnya sendiri untuk mengekspresikan rasa dan untuk kebutuhan pribadinya. Misalnya dalam melamar kerja, memberitahu khalayak umum dan lain sebagainya.

Autobiografi ini menceritakan kisah hidupnya dari sudut pandang orang pertama yaitu dirinya sendiri sebagai tokoh utama. Autobiografi tergolong jenis nonfiksi karena berisi cerita yang pernah dialami oleh penulis tersebut.

 

Ciri Ciri Autobiografi

 

Sama halnya dengan yang di atas pada pengertian biografi dan autobiografi ini memiliki ciri ciri khusus yang menjadi dasar penyusunanya.

 

Berikut Ciri Ciri Pengertian Autobiografi :

 

  • Berisi tentang riwayat kehidupanya sendiri
  • Bersifat protaginis
  • Berfokus pada fakta dan bukan emosi
  • Berisi cerita yang actual dan objektif
  • Mencakup kehidupan dulu hingga saat ini.

 

Perbedaan dari Pengertian Biografi dan Autobiografi

 

 

Perbedaan dari Pengertian Biografi dan Autobiografi
Perbedaan dari Pengertian Biografi dan Autobiografi

 

Pasti kamu manemui kasus perilah soal yang menanyakan tentang Perbedaan Biografi dan Autobiografi, jelaskan Perbedaan Biografi dan Autobiografi dan lain sebagainya.

Pada pengertian biografi dan autobiografi ini hampir sama bahkan terdapat beberapa saja perbedaan yang pasti. Yaitu terletak pada pengarang atau penulis yang menceritakan riwayat tokoh tersebut. Pada biografi seorang pengarang atau penulis menceritakan riwayat hidup dari seorang tokoh yang dianggap penting. Sedangkan autobiografi menceritakan riwayat hidup dari dirinya sendiri yakni kisah hidupnya dari awal hingga sekarang.

Artinya perbedaan antara biografi dan autobiografi terletak pada pengarangnya. Pada biografi mencerikatan orang lain dan autobiografi menceritakan dirinya sendiri

Selain itu terdapat hal lain yang menjadi perbedaan antara biografi dan autobiografi. Dibawah ini adalah perbedaan lainya yang mencakup biografi dan autobiografi:

 

  Biografi Autobiografi
Penulis Orang lain Orang yang sama / Dirinya sendiri
Gaya bahasa Orang ketiga Orang pertama
Tujuan Informatif Informatif, Mengekspresikan rasa dan kebutuhan pribadi
Izin Bisa dengan izin / tidak dengan izin Tidak perlu izin
Data Mengumpulkan dari berbagai narasumber Pengalama pribadi / riwayat hidupnya sendiri

 

Struktur dari Pengertian Biografi dan Autobiografi

 

Terdapat struktur yang membuat riwayat hidup dari diri sendiri maupun orang lain agar terlihat menarik. Para pengarang riwayat hidup perlu memperhatikan hal ini karena isi dan pernyataannya harus sesuai dengan kaidah.

 

Berikut Struktur dari Pengertian Biografi dan Autobiografi:

 

Biografi:

  • Orientasi : yaitu pengenalan seorang tokoh yang ada pada awal penulisan. Orientasi berisi tentang awal kisah dari seorang tokoh dalam biografi tersebut.
  • Peristiwa dan Masalah: Yaitu bagian yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh tokoh tersebut. Berujung pada pemecahan masalah dan ceritanya membawa pada impian tokoh yang terwujud seperti cita cita dan kesuksesan.
  • Reorientasi: Yaitu bagian penutup yang berisi tentang padangan pengarang pada tokoh tersebut. Reorientasi ini opsional yakni bisa ada dan tidak.

Autobiografi:

  • Latar Belakang: Yaitu menceritakan nama, tempat tanggal lahir, alamat. Dapat juga berisi tentang keluarga yaitu jumlah anak, istri, kedua orang tua, bahkan saudaranya.
  • Latar Belakang Pendidikan: Yaitu pengertian biografi dan autobiografi yang berisi tentang riwayat Pendidikan yang ia tempuh selama hidup. Dapat disertai nama sekolah, universitas atau nama lembaga lainya yang pernah ia jalani.
  • Prestasi: Yaitu berisi tentang riwayat prestasi yang ia raih dari masa sekolah hingga sekarang.
  • Pekerjaan: Yaitu berisi tentang pekerjaan yang pernah dijalani. Apabila tokoh tersebut memiliki pekerjaan atau masih pelajar dapat menghilangkan struktur ini.
  • Hasil Karya: Yaitu semua hasil karya yang pernah ia ciptakan baik itu secara pribadi, kelompok, atau lembaga yang pernah di naungi.

 

 

 

 

Contoh Biografi dan Autobiografi

Contoh Biografi:

 

(Dikutip dari Brilio.net)

 

Biografi BJ Habibie

Orientasi:

BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa penting:

Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

Selama kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan menggeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Reorientasi:

Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

 

Contoh Autobiografi:

Perkenalkan, namaku Yanto D Flamingo, pria yang lahir pada tanggal 12 Juni 1999 di Madiun, Jawa Timur. Yanto adalah nama panggilan akrabku. Aku adalah anak pertama dari pasangan Roger dan Robin. Aku memiliki 2 adik yang berumur 10 tahun dan 3 tahun bernama Zoro dan Sanji.

Keluargaku merupakan keluarga yang berada. Ayahku bekerja sebagai nahkoda yang mengarungi lautan. Sedangkan mamaku berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan penjaga perpustakaan sekaligus sebagai pemiliknya yang terletak di kota kami.

Sejak kecil kedua orang tuaku selalu mengajarkan kepadaku sikap jujur, pantang menyerah, baik kepada sesama, dan rajin beribadah. Ngomong ngomong, keluargaku semua beragama islam.

Ketika umurku 6 tahun, aku masuk ke SDN 1 Madiun Kota. Selepas lulus dari SD, aku melanjutkan Pendidikan studi SMP dan SMA di pondok pesantren Darut Taqwa Ponorogo pada tahun 2013.

Selanjutnya ketika aku lulus di tahun 2019, aku memutuskan untuk mengabdi di pondok selama satu tahun. Masih dengan pondok pesantren yang sama yaitu Darut Taqwa. Setelah mengabdi satu tahun aku melanjutkan ke perguruan tinggi yang ada di Solo yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Salah satu hobiku dari dulu hingga kini adalah membaca dan menulis. Saat memasuki tahun kedua SMA, aku ikut dalam sebuah kejuaraan menulis cerpen antar sekolah se-Ponorogo. Aku menulis cerpen dengan judul “Raja Bajak Laut Monkey D Luffy”. Saat itu aku hanya iseng saja mengikuti lomba dan ternyata aku berhasil meraih juara 2 pada lomba tersebut. Itu dalah momen yang tidak bisa aku lupakan.

Apalagi, saat itu aku bersanding, menyalami, dan diberikan penghargaan oleh bapak Ipong Muchlisoni yang merupakan Bupati Ponorogo saat itu. Setelah memperoleh pengalaman berharga tersebut, aku semakin semangat untuk menulis.

Aku berharap, suatu hari nanti aku bisa menjadi pengarang naskah terkenal yang karyanya dapat diangkat dalam sebuah film atau anime Jepang.

Kini aku berumur 21 tahun dan menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan ekonomi dan bisnis.

 

Demikian penjelasan biografi dan autobiografi beserta penjelasan dan contoh-contohnya. Semoga artikel bahasa indonesia dari eduspensa ini bermanfaat dan menambah pengetahuan mu.

Jika kamu suka artikel bahasa indonesia seperti ini silahkan mengunjungi blog eduspensa.id ya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.