Pengertian Antologi (Contoh, Jenis, dan 12 Unsur Unsurnya)

  • Bagikan
Pengertian Antologi
Pengertian Antologi

Pengertian Antologi (Contoh, Jenis, dan Unsur Unsurnya)

 

Pengertian Antologi- Para penikmat karya sasta sering kali mendengar istilah istilah, baik itu istilah umum maupun istilah asing. Tak hanya para penikmat karya sastra, namun demikian juga para penulis tentunya mengenal istilah penulisan.

Istilah ini adalah bunga rampai, antologi, serta prosiding. Istilah istilah ini berkaitan erat dengan penulisan buku baik itu karya sastra maupun esai.

Sebagai orang awam tentunya kita masih abu abu masalah istilah istilah ini. Tentunya keingintahuan tentang ilmu yang mendorong kita dalam menimbulkan rasa ingin tahu. Kemudian setelah mengetahui ilmu tersebut maka alangkah baiknya untuk di amalkan agar bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Pada pembahasan kali ini akan mengupas pengertian antologi secara gamblang beserta definisi dari antologi puisi serta jenis jenis antologi.

Pembahasan lebih lengkapnya silahkan simak artikel dari eduspensa di bawah ini

 

Pengertian Antologi

 

Kata antologi berasal dari Yunani yang bermakna “karangan bunga” atau “kumpulan bunga”. Bila ditafsirkan mendalam, antologi adalah sebuah kumpulan karya karya sastra dari beberapa penulis.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), antologi adalah an.to.lo.gi [n] kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang. Merupakan sebuah sajak perjuangan bangsa Indonesia telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

 

Bila ditafsirkan dari berbagai sisi, pengertian antologi memiliki banyak sekali penjelasan. Berikut adalah pengertian antologi dari berbagai sisi:

  • Linguistik : Antologi adalah kumpulan karya sastra pilihan, baik itu berbentuk prosa, puisi, maupun cerpen.
  • Sastra : Antologi adalah kumpulan karya sastra terpilih dari beberapa orang pengarang atau penulis.

Istilah antologi sering kita temui pada banyak karya sastra contoh antologinya yaitu antologi rasa, antologi puisi, antologi cerpen, antologi esai dan antologi cafe.

Selain itu terdapat istilah lain yaitu bunga rampai, prosiding, omnibus, kompendium. Semua istilah tersebut bersangkut paut dengan pengertian antologi.

 

Bunga rampai : dijelaskan dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), bunga rampai adalah campuran atau kumpulan karya sastra dari berbagai macam buku. Bunga rampai terfokus pada satu pembahasan khusus.

Prosiding: Prosiding merupakan kumpulan makalah atau tulisan hasil seminar yang dibukukan. Prosiding terfokus pada bidang akademis

Omnibus: Merupakan istilah untuk kumpulan tulisan pengarang atau penulis yang pernah di publikasikan secara menyebar kemudian disatukan lagi menjadi pembukuan. Omnibus berasal dari dari kata omnibus yang artinya “untuk semua”

Kompendium: Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu kompendium/kom·pen·di·um/ /kompéndium/ n ikhtisar karangan ilmiah yang lengkap dan padat. Kompendium merupakan kumpulan tulisan yang terfokus pada pembahasan ikhtisar dari tema penulisan tersebut.

 

Jenis Jenis Antologi Adalah

 

Dalam Pengertian antologi juga memiliki beberapa jenis sama halnya dengan penjabaran istilah lain. Jenis Jenis Antologi Adalah Sebagai Berikut:

  • Antologi Sastra
  • Antologi Akadekmik

 

Antologi sastra

 

penjelasan Antologi sastra
penjelasan Antologi sastra

 

Pengertian antologi sastra tergolong paling umum dari yang lainya. Para antolog mengumulkan berbagai tulisan dari berbagai versi bisa di terbitan berita, radio, maupun televisi. Dapat berupa contoh antologi puisi, antologi cerpen, bahkan dapat juga berupa contoh antologi esai yang masih tergolong karya sastra.

Kebanyakan antolog sastra memiliki genre khusus dalam pembukuan karya penulis. Hal ini dikarenakan agar seluruh isinya tersusun dengan rapi dan terstruktur.

 

Antologi Akademik

 

penjelasan Antologi akademik
penjelasan Antologi akademik

 

Antologi yang kedua adalah jenis akademik yang tentunya tertuju pada bidang akademik. Antologi akademik adalah kumpulan pembukuan yang terstruktur dalam bidang Pendidikan.

Para antolog mencari refrensi tulisan dari berbagai sudut pandang yang berbeda kemudian mengumpulkan menjadi satu pembukuan.

Antologi ini terbagi menjadi dua yaitu teoritis, berlatih, dan praktis. Untuk akademik teoritis materi penulisan yang dipilih harus mengandung konsep, prinsip, perkembangan teori, pandangan, dan lain sebagainya.

Untuk akademik berlatih materinya harus mengandung prosedur penulisan dalam menanggapi sebuah masalah dalam karya tersebut. Dan juga harus berisi tentang cara menganalisis kasus, serta menangani kegiatan praktis. Dan untuk akademik teori praktis didalamnya harus mengandung aspek teoritis dan implikasi praktis.

 

Pengertian Antologi Puisi Adalah

 

 

Pengertian Antologi Puisi
Pengertian Antologi Puisi

 

Pengertian antologi puisi adalah kumpulan karya karya sastra dalam bentuk puisi yang dibukukan dari banyak refrensi penulis. Antologi puisi mencakup karya dalam bentuk puisi, syair, pantun, yang dikumpulkan menjadi satu.

Bisa diartikan sebagai kumpulan puisi yang dibukukan dan dihasilkan oleh beberapa penyair. Tujuan dari antologi ini agar memudahkan pembaca dalam mencari refrensi karya dari penulis tertentu. Dan juga untuk mengumpulkan karya karya sastra dari berbagai penulis.

 

Antologi Puisi Memiiki Ciri Ciri Yaitu:

  1. Terdiri dari banyak puisi.
  2. Ditulis oleh satu pengarang atau bisa lebih dari satu pengarang.
  3. Karya-karya berisi karya sastra puisi pilihan.
  4. Memiliki tema yang sama atau terpadu.

 

Unsur Intrinsik Antologi Puisi Adalah 

 

Sama halnya dengan karya sastra lainya, puisi juga memiliki unsur yang membangun di dalamnya. Unsur unsur ini merupakan inti pokok dalam membangun sebuah antalogi termasuk contoh antologi puisi ini.

 

Unsur Unsur Pengertian Antologi Puisi Adalah Sebagai Berikut:

 

 

Unsur Unsur Antologi Puisi
Unsur Unsur Antologi Puisi

 

  1. Tema

 

Unsur pengertian antologi yang pertama adalah tema, Unsur pembangun ini merupakan salah satu yang paling peting. Tema disini dapat tafsirkan bahwa dalam sebuah antologi harus berisi tentang  gagasan yang menjadi pokok pembahasan. Dapat juga berisi perihal inti dari karya yang disampaikan penulis.

Gagasan ini menjadi pokok agar antolog dapat membukukan secara terstruktur. Sebagai contoh antologi puisi yaitu cinta, sejarah, kehidupan dan lain sebagainya.

 

  1. Tipografi

 

Tipografi merupakan urutan atau tatanan unsur unsur dari puisi yang disusun rapi hingga membentuk fisik dari puisi tersebut. Tipografi umumnya berhubungan dengan larik, bait, kata, frasa, dan lain lain.

 

  1. Nada

 

Nada dalam pengertian antologi puisi adalah sikap pengarang atau penyair kepada penonton, pembaca, dan pendengar karya sastranya. Nada ini diciptakan untuk mempengaruhi emosi dan rasa dari audien yang didalam nya mengandung nasihat, dan nilai penting lainya.

 

  1. Amanat

 

Amanat adalah sebuah pesan yang terkandung dalam puisi tersebut yang disampaikan penyair kepada audien. Amanat disini dapat berupa motivasi, inti pembahasan dan lain lain.

 

  1. Enjambemen

 

Dalam pengertian antologi puisi terdapat enjabemen yaitu pengulangan frasa atau kalimat dalam larik puisu yang diturunkan dari kalimat di akhir baris sebelumnya.  Fungsi dari Enjambemen sendiri untuk memberikan kendali atas umpan atau bagian tertentu di dalam karya puisi tersebut dan juga sebagai penghubung antara suatu bagian denga bagian lainya yaitu sebelum atau sesudahnya.

 

 

  1. Perasaan

Dapat juga disebut sebagai feeling yaitu unsur antalogi yang disalurkan dari sikap pengarang atau penyair terhadap tema yang ia jadikan puisi. Contohnya Bahagia, sedih, peduli, cinta dan lain lain

 

  1. Rima dan Ritma

 

Dalam pengertian antologi puisi terdapat rima dan ritma. Rima adalah persamaan bunyi pada bagian awal puisi, tengah, maupun akhiran dari karya puisi tersebut. Sedangkan ritma adalah Panjang – pendek, tinggi – rendah, dan kuat – lemahnya bunyi di dalam puisi

 

  1. Citra

 

Merupakan gambaran imajinasi atau angan-angan penyair puisi, pada setiap gambaran dari angan-angan dari penyair di istilahkan sebagai imaji penyair

 

  1. Gaya Bahasa

 

Pengertian antologi puisi juga memiliki gaya Bahasa dalam penyusunannya. Gaya Bahasa ini digunakan agar memudahkan pembaca atau audien untuk meresapi karya karya tersebut. Gaya Bahasa yang dapat digunakan dalam antologi puisi adalah gaya majas atau kiasan.

 

  1. Diksi

 

Diksi merupakan pemilihan kata yang dipakai oleh pengarang dalam membuat sebuah karya sastra.

 

  1. Akuilirik

 

Dalam pengertian antologi puisi, antolog harus memasukkan unsur akuilirik. Akuilirik adalah sosok yang berperan dalam isi karya puisi tersebut.

 

  1. Kata Konkret

 

Kata konkret ini berisi tentang penggunaan kata kata yang benar, diksi yang baik, bermakna denotasi atau konotasi dari penyair dalam membuat karya.

 

Berikut di atas adalah sedikit pembahasan tentang pengertian antologi. Intinya adalah antologi merupakan kumpulan karya sastra yang di kumpulkan menjadi satu kemudian di bukukan.

 

Demikian pembahasan mengenai pengertian antologi, jenis antologi dan pengertian antologi puisi. Semoga dapat membantu dalam proses pembelajaran kamu semua. Dan semoga dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sekian dan terima kasih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.