Pemanasan Global

Sering dengar istilah global warming?

Tapi apa kamu tau apa itu global warming, apa penyebabnya, dan apa dampaknya?

Nah, buat kamu yang mungkin belum tau coba simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Pengertian Pemanasan Global

Apakah Pengertian Pemanasan Global

Apakah yang disebut sebagai pemanasan global? Jadi, pemanasan global atau yang biasa disebut sebagai global warming merupakan,

Suatu peristiwa meningkatnya suhu rata-rata yang terjadi pada permukaan bumi dan lapisan atmosfer.

Dengan adanya pemanasan global ini memiliki dampak yang sangat membahayakan bagi kesehatan bumi.

Selain itu juga berdampak untuk seluruh masyarakat di dunia yang hanya memiliki tempat tinggal di bumi.

Jika dipantau menurut penelitian mengatakan bahwa saat ini suhu permukaan bumi telah menjukkan suatu peningkatan yang sangat drastis.

Peningkatan tersebut mencapai 0,6°C yang telah dirasakan sekitar 1 abad terakhir ini. Mungkin bagi kamu tidak akan merasakannya dengan jelas, pasalnya peningkatan tersebut terlihat kecil namun berdampak yang sangat besar bagi kehidupan di bumi.

Sebagian besar munculnya masalah yang terjadi di beberapa negara dengan adanya pemanasan global misalnya seperti banjir, terjadinya puting beliung, kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya, seringnya pergantian musim yang tidak bisa diprediksi, hingga terumbu karang yang memutih secara tiba-tiba.

Beberapa permasalahan tersebut tentunya juga berdampak dan dialami oleh masyarakat di Indonesia. Akan tetapi, tanpa sadar kita telah mengalami global warming.

 

Proses Pemanasan Global

Proses Pemanasan Global

Setelah mengetahui pengertian dari pemanasan global yang telah terjadi dalam waktu sekitar 1 abad yang lalu.

Sekarang kamu juga harus mengetahui bagaimana proses terjadinya pemanasan global yang menyebabkan beberapa bencana yang juga telah dijelaskan di atas.

Apabila kamu telah mengetahui proses global warming maka kamu tidak akan menyalahkan sepenuhnya kepada bumi yang ditinggali.

Sebab, terjadinya pemanasan global saat ini juga pasti ada kaitannya dengan pola hidup masyarakat di era modern seperti saat ini. Nah untuk itu, simak informasi berikut ini.

Jadi, ketika sinar matahari mulai memasuki atmosfer bumi, maka sinar matahari harus melalui lapisan gas rumah kaca.

Kemudian, setelah mecapai permukaan bumi tumbuhan, tanah, air, serta komponen-komponen ekosistem lainnya juga akan menyerap energi dari sinar matahari tersebut.

Lalu sisanya akan dipantulkan kembali ke atmosfer, dan sebagian energi juga akan dikembalikan ke angkasa.

Namun, sebagian juga tetap akan terperangkap oleh gas rumah kaca di atmosfer dan dikembalikan ke bumi sampai hingga dikenal dengan nama efek rumah kaca.

Dengan adanya efek rumah kaca maka bisa membuat bongkahan-bongkahan es yang ada di kutub mencair.

Jika terus dibiarkan maka permukaan air laut akan naik hingga menyebabkan pulau-pulau kecil tenggelam, dan juga daerah yang berada di tepi pantai juga akan tenggelam.

Nah, hal tersebut akan berlangsung secara terus menerus setiap harinya. Dengan semakin banyaknya panas matahari yang bisa masuk ke bumi, maka akan semakin banyak pula gas yang tidak dapat dikembalikan ke atmosfer dan mengakibatkan bumi akan semakin panas.

 

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global

Telah banyak para ahli yang mengatakan bahwa terjadinya atau penyebab adanya pemanasan global dikarenakan meningkatkanya gas rumah kaca yang ada di atmosfer.

Padahal, masih banyak penyebab lainnya yang membuat global warming semakin berdampak kepada bumi kita. Nah, di bawah ini terdapat beberapa penyebab atau factor terjadinya pemanasan global seperti:

1. Adanya Efek Rumah Kaca

Sumber energi di bumi berasal dari matahari, dan sebagian besar berbentuk radiasi gelombang pendek. Ketika energi tersebut mengenai permukaan bumi, maka akan berubah dari cahaya menjadi panas ke bumi.

Sebagian dari panas tersebut merupakan radiasi inframerah gelombang panjang ke angkasa luar.

Dengan begitu maka menyebabkan menumpuknya sejumlah gas rumah kaca seperti karbondioksida,  metana, air yang menjadi perangkap gelombang radiasi.

Sehingga, akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan bumi.

 

2. Polusi dari Kendaraan

Untuk menjalankan kendaraan tentu harus menggunakan bahan bakar bensin, dan dengan begitu sudah dipastikan bahwa penyebab terbesar dalam terjadinya pemanasan global adalah karena penyebaran polusi.

Gas CO2 inilah yang menjadi penyebab utama dalam terjadinya pemanasan global, karena karbon dioksida adalah gas yang merangkap panas hingga tidak bisa keluar ke angkasa.

 

3. Kerusakan Hutan

Pohon yang berada di hutan menjadi salah satu usaha yang bisa menahan munculnya pemanasan global.

Pasalnya, hutan mampu menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Namun, jika hutan dirusak akibat pembakaran dan penebangan liar maka semakin sedikit jumlah karbon dioksida yang mampu diserap hutan.

 

Akibat Pemanasan Global

Akibat Pemanasan Global

Dari penyebab pemanasan global itulah yang menjadikan adanya dampak atau akibat dari global warming yang terjadi.

Beberapa diantaranya yaitu seperti iklim mulai tidak stabil, cuaca jauh akan lebih sulit untuk diprediksi dan lebih ekstrem lagi, naiknya permukaan laut yang bisa mengakibatkan banjir sehingga pulau-pulau akan tenggelam, bahkan hingga terjadinya tsunami.

Selain itu, air tanah juga akan dengan cepat menguap dan menyebabkan kekeringan, keringnya wilayah pertanian yang menyebabkan tanaman rusak, hingga menyebabkan gagal panen karena cuaca ekstrem yang terjadi.

Jika kamu perhatikan akan terjadinya penyakit-penyakit yang bisa menyerang manusia seperti DBD dan malaria.

Banyak akibat lainnya yang terjadi seperti gunung-gunung es juga ikut mencair, untuk populasi hewan dan tumbuhan akan menurun, kurangnya kesuburan tumbuhan akan semakin berkurang, bahkan akan lebih banyak angka kematian akan semakin meningkat.

Itulah beberapa akibat yang terjadi ketika adanya pemanasa global, tentunya sangat merugikan bagi bumi dan manusia.

 

Penanggulangan Pemanasan Global

Penanggulangan Pemanasan Global

Terdapat beberapa cara untuk menanggulangi pemanasan global, seperti:

1. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Semakin banyaknya penggunaan kendaraan bermotor maka akan semakin menambah pencemaran udara dan pemanasan global.

Maka dari itu, untuk menjaga lingkungan ada baiknya jika kamu generasi muda untuk mengikuti cara mengurangi penggunaan kendaraan, tujuannya agar mengurangi polusi.

 

2. Hindari Penebangan Pohon Sembarangan

Pohon merupakan investasi bumi dan menjadi paru-paru dunia. Oleh karena itu, pencegahan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab inilah jangan sampai menebang pohon secara liar dan pembakaran hutan.

Karena akan menyebabkan polusi, perusakan lahan, pencemaran udara, dan lain-lain.

3. Kurangi Penggunaan Lampu

Saat kamu tidak membutuhkan penerangan lampu di siang hari maka sebaiknya matikan dan mengurangi jumlah penggunaan lampu yang tidak diperlukan.

Sebab, menggunakan listrik terlalu lama dan berlebihan akan menyebabkan pemanasan global lebih cepat karena panas yang terkumpul dari lampu-lampu tersebut membuat panas bumi meningkat.

 

4. Buat Saluran Ventilasi Rumah

Dengan membuat ventilasi saluran rumah yang cukup maka akan mengurangi masyarakat menggunakan AC yang menyebabkan cepatnya pemanasan global.

Ventilasi rumah yang cukup akan memberikan angin masuk ke daam rumah dan memberikan kesejukan bagi kamu.

 

5. Pengendalian Limbah

Gas berbahaya dari limbah bisa mengeluarkan gas berbahaya ke udara, bau busuk, dan juga menyebabkan efek rumah kaca yang menyebabkan panas matahari tertangkap di permukaan bumi.

Maka dari itu, lebih baik mengendalikan limbah baik limbah rumah tangga maupun limbah industri.

 

Pencegahan Pemanasan Global

Pencegahan Pemanasan Global

Setelah kamu mendapatkan informasi di atas tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan pemanasan global, tentunya kamun juga sudah mengetahui untuk melakukan pencegahan agar pemanasan global bisa dikurangi. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah global warming yaitu:

  • Dengan cara menanam kembali pohon-pohon
  • Jangan sering-sering menggunakan kendaraan pribadi
  • Stop penggunaan listrik yang tidak digunakan
  • Menanamkan kepada diri sendiri bahwa harus melakukan hal positif lainnya untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

 

Contoh Pemanasan Global

Contoh Pemanasan Global

Dari banyaknya peristiwa bencana alam yang melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia maka kita bisa melihat contoh dari adanya pemanasan global.

Misalnya saja melihat bencana yang sering terjadi di Indonesia diantaranya:

  • Banjir yang sering melanda ke beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, dan kota-kota besar lainnya.
  • Gunung meletus
  • Tsunami
  • Kebakaran hutan

Bencana di atas bisa dibilang jadi bencana yang sering terjadi di Indonesia. Masih banyak juga contoh bencana yang disebabkan global warming yang terjadi di luar negeri seperti:

  • Angin puting beliung
  • Badai
  • Angin tornado

Gimana? Udah paham kan tentang pemanasan global? Udah tau  juga penyebab dan juga dampaknya kan?

Nah, mulai sekarang kamu bisa dong mulai melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi dampak dari pemanasan global.

Tinggalkan komentar