Pancagatra

Pancagatra merupakan istilah yang digunakan untuk melihat aspek-aspek penting yang ada di dalam negara, dimana ia terdiri dari lima aspek yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

Setiap aspek tersebut memegang peran penting terhadap ikatan, aturan, atau norma dalam kehidupan masyarakat di suatu negara.

Lalu sepenting apa sih kelima aspek yang disebut Pancagatra tersebut?

Langsung simak aja pembahasannya berikut ini.

 

Ideologi

Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Ideologi adalah aspek pertama yang ada dalam Pancagatra, aspek ini merupakan aturan atau nilai yang dianut oleh suatu negara.

Tujuan adanya ideologi ini adalah untuk mencapai kesetaraan atau kesejahteraan bersama di masa yang akan datang, aspek tersebut sangat penting sehingga ia masuk ke dalam salah satu Aspek-aspek Pancagatra.

 

Politik

Partisipasi Masyarakat dalam Sistem Politik

Sistem pemerintahan pastinya tidak lepas dari yang namanya Politik, dimana ia adalah suatu kekuasaan untuk mengambil keputusan tertentu dalam suatu pemerintahan.

Keputusan tersebut diambil sebagai upaya dalam mengatur, menstabilkan, dan menyejahterakan masyarakat yang ada di suatu negara.

 

Ekonomi

Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Aspek Ekonomi merupakan kekuatan materi untuk mencukupi kebutuhan yang ada, semakin baik kekuatan ekonomi negara maka semakin baik pula kehidupan masyarakatnya.

Hal inilah yang membuat pemerintah sangat memperhatikan aspek yang satu ini.

 

Sosial Budaya

Indonesia adalah negara yang memiliki Sosial dan budaya yang sangat beragam, hal tersebut perlu dijaga dan dilestarikan di generasi berikutnya.

Tak heran mengingat sosial budaya lokal sudah mulai tergerus dengan sosial budaya asing, aspek ini tentu saja menjadi salah satu aspek kenegaraan yang harus diperhatikan oleh seluruh warga negara.

 

Pertahanan dan Keamanan

bentuk usaha bela negara Pengabdian sebagai anggota TNI

Pertahanan dan keamanan juga termasuk ke dalam aspek Pancagatra, dimana suatu negara yang memiliki pertahanan yang baik akan membuat masyarakatnya bisa hidup makmur.

Bukan hanya pihak keamanan saja, namun masyarakat juga harus ikut berpartisipasi untuk menjaga keamanan suatu negara agar tetap stabil.

Pancagatra memang memiliki peran penting dalam sistem kemanusiaan dan kenegaraan, disini ia mengandung arti yang sangat besar untuk diperjuangkan oleh setiap negara yang ada di dunia.

Oleh karena itu Indonesia juga harus mulai memperhatikan Pancagatra agar warga negaranya bisa hidup makmur dan sejahtera.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar