Organisasi Pemerintah di Indonesia

Jika mendengar istilah organisasi, mungkin banyak orang yg mengaitkan organisasi dengan sekolah, kampus, dan kegiatan sosial.

Tapi sebenarnya pemerintah juga memiliki organisasi loh, penasaran seperti apa?

Langsung aja simak pembahasan organisasi pemerintah di Indonesia berikut ini!

 

Organisasi Pemerintah Pusat

pengertian pemerintah pusat

Yang dimaksud dengan pemerintahan adalah orang dan atau sekelompok orang yang berada dalam pemerintah, orang ini memiliki kekuasaan juga kewenangan dalam melaksanakan serta mengelola atau mengkoordinasi lembaga-lembaga pemerintah ditempatkan.

Pemerintah mengacu pada organisasi dan pemerintahan kepada individu atau orang di dalamnya.

Pemerintah merupakan salah satu syarat dapat terbentuknya atau berdirinya suatu negara, selebihnya mengenai pemerintahan.

Istilah ini ternyata memiliki dua pengertian, yakni pemerintahan dalam arti sempit dan pemerintahan dalam arti secara luas. Berikut ini penjelasan dari dua pengertian pemerintahan baik secara sempit maupun luas.

Secara luas, seluruh kegiatan badan publik yang meliputi kegiatan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Memiliki fungsi dan wewenang masing-masing dalam mencapai tujuan negara atau tujuan yang telah ditetapkan dalam pembangunan nasional.

Kemudian secara sempit, yakni semua kegiatan yang dilakukan oleh badan dan lembaga publik yang berkaitan dengan lembaga eksekutif

Pemerintahan eksekutif adalah pemerintahan yang menjalankan seluruh kebujakan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional yang telah ditetapkan.

Di Indonesia, pemerintah pusat dijelaskan dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 disebut sebagai penyelenggara pemerintah NKRI di pusat, yang dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden dan dibantu oleh para menteri.

Sebagai lembaga legislatif, pemerintah pusat adalah DPR dan MPR, pemerintah ini berkedudukan di Ibukota Negara Indonesia.

 

Organisasi Pemerintah daerah

pengertian pemerintah daerah

Berdasar pada hukum otonom dalam UUD 1945 dan diperkuat dengan UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah adalah organisasi pemerintah yang menyelenggarakan urusan pemerintah di daerah menurut asas otonomi seluas-luasnya dan asas perbantuan dalam sistem NKRI.

Para penyelenggara daerah yang dimaksud antara lain adalah gubernur, walikota dan perangkat lainnya seperti kepala dinas, kepala badan dan unit-unit kerja lain yang diatur oleh sekretaris daerah.

Lalu, lembaga legislatif yang berada di daerah diantaranya adalah DPRD I untuk tingkat provinsi dan DPRD II untuk tingkat kabupaten dan kota.

 

Unit-unit Kerja Pemerintah

organisasi pemerintah di indonesia Unit-unit Kerja Pemerintah

Unit kerja ini juga merupakan salah satu organisasi yang memiliki tugas membantu pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat dan daerah, unit ini jika di Indonesia disebut dengan nama dinas.

Seperti contohnya adalah Dinas Perhubungan Tingkat Pusat dan Provinsi yang bertugas mengatur ara kebijakan transportasi dan telekomunikasi hingga pelaksanaanya di lapangan.

Contoh lainnya adalah Dinas Kesehatan yang memiliki fungsi untuk mengatur setiap kebijakan dan pelaksanaanya berada di tingkat pusat dan daerah

Salah satu tugas dari dinas kesehatan adalah berhubungan dengan adanya program BPJS, program asuransi yang menjamin kesehatan pada seluruh rakyat di Indonesia.

 

Organisasi Sukarelawan

organisasi pemerintah di indonesia Organisasi Sukarelawan

Dapat juga dikatakan sebagai organisasi sukarela sebagai salah satu contoh organisasi pemerintahan yang resmi, pada umumnya organisasi jenis ini akan memberikan pelayanan dalam berbagai kebijakan pemerintah yang belum menjangkau wilayah atau bagian tertentu secara khusus.

Organisasi sukarelawan akan hadir dan mencoba memenuhi kebutuhan tersebut.

Lebih dari itu organisasi ini juga memberikan ruang politik padapara anggotanya untuk turut serta dalam berperan membangun negara demokrasi yang memang dalam pelaksanaannya memerlukan partisipasi dari masyarakat.

Beberapa contoh organisasi yang ada di dalam masyarakat kebanyakan mempunyai dampak positif.

Seperti salah satunya adalah Palang Merah Indonesia atau PMI yang memberikan layanan akan kebutuhan transfusi darah bagi para masyarakat yang tengah membutuhkan.

Contoh organisasi lain adalah Cuma-Cuma atau LKC yang juga merupakan salah satu organisasi sukarelawan yang bergerak di bidang kesehatan.

 

Rumah Sakit

organisasi pemerintah di indonesia rumah sakit

Rumah sakit juga merupakan organisasi pemerintah di Indonesia yang berkecimpung di dalam dunia kesehatan, bahkan menjadi garda terdepan bagi proses berlangsungnya perawatan masyarakat yang tengah dalam kondisi sakit.

Rumah sakit bisa dikatakan sebagai salah satu organisasi yang memiliki peran vital di dalam masyarakat suatu daerah.

Di Indonesia, hampir setiap daerahnya membutuhkan rumah sakit, meski tidak ditampik bahwa belum semua daerah di Tanah Air yang telah tersentuh dengan layanan kesehatan masyarakat ini.

Banyak masyarakat daerah yang belum mendapatkan akses kesehatan rumah sakit karena, biasanya karena akses menuju daerah tersebut belum diperhatikan.

Namun, terlepas dari faktor di luar teknis yang melibatkan cara kerja rumah sakit, seharusnya pemerintah daerah telah memiliki cara khusus untuk dapat menangani hal tersebut.

Hal ini dikarenakan saking vitalnya kebutuhan rumah sakit bagi setiap masyarakat, khususnya masyarakat daerah.

 

Perguruan Tinggi

organisasi pemerintah di indonesia pergutuan tinggi

Perguruan tinggi juga termasuk dalam salah satu organisasi yang ada dalam suatu negara, seperti di Indonesia. Pada umumnya terdapat dua organisasi yang dalam perguruan tinggi di Tanah Air yang kerap ditemui, yakni Perguruan Tinggi Negeri atau PTN dan Perguruan Tinggi Swasta atau PTS.

Kedua organisasi ini bergerak di bidang pendidikan.

Dunia pendidikan tak lepas dari berkembangnya banyak organisasi di dunia, salah satunya di Indonesia.

Peran organisasi dalam dunia pendidikan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif, terlebih bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan untuk dapat merasakan jenjang pendidikan mahasiswa.

Hampir sama dengan rumah sakit, perguruan tinggi juga menjadi salah satu organisasi yang dibutuhkan keberadaannya.

Banyak masyarakat cerdas tetapi kurang mampu dan memiliki dana untuk melanjutkan karier pendidikan ke jenang yang lebih tinggi.

 

Yayasan

organisasi pemerintah di indonesia yayasan

Sama seperti perguruan tinggi, yayasan ini merupakan salah satu organisasi formal berbentuk badan hukum dan bergerak di bidang pendidikan, namun tidak hanya itu yayasan juga masuk ke dalam dunia ekonomi dan keagamaan.

Karena mencakup dalam berbagai bidang, organisasi yang berbentuk yayasan ini sudah banyak ditemui di Indonesia, baik di tingkat kota atau daerah.

Beberapa contoh organisasi masyarakat yang berupa yayasan adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI yang bergerak dalam bidang ekonomi.

Lalu, kemudian yayasan yang tak hanya bergerak di bidang ekonomi saja, melainkan sosial dan pendidikan, yakni Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Kemudian terdapat salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial seperti Yayasan Pendamping Anak Cacat (YPAC) serta yayasan-yayasan lain yang masih berdiri di wilayah tertentu mencakup keagamaan.

Lembaga atau yayasan yang bergerak di bidang keagamaan pun juga sangat banyak dan memberi dampak positif.

 

Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Perlindungan HAM KONTRAS

Organisasi kemasyarakatan pada umumnya terkenal dengan singkatan ormas, biasanya ormas sangat lekat dengan kegiatan sweeping, tetapi tidak semua ormas didirikan dengan tujuan demikian.

Tak sedikit organisasi masyarakat yang menggelar aksi sosial, seperti salah satunya menggalang donor darah.

Salah satunya Lembaga swadaya masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan LSM juga merupakan salah satu bentuk dari banyaknya organisasi pemerintah di Indonesia yang muncul.

Lembaga ini bersifat merakyat karena didirikan oleh berbagai unsur masyarakat dalam mencapai segala tujuannya.

Fungsi dari lembaga swadaya masyarakat salah satunya adalah dapat mengatasi beragam masalah sosial yang menimpa masyarakat, dan juga memberikan solusi atas permasalahan sosial yang terjadi.

Hingga saat ini terdapat lebih dari puluhan ribu LSM yang berkembang di Indonesia.

 

Organisasi Keagamaan

organisasi pemerintah di indonesia organisasi keagamaan

Organisasi keagamaan juga termasuk organisasi pemerintah di Indonesia yang memiliki peranan penting dan mempunyai manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan masyarakat Tanah Air.

Organisasi ini tidak hanya memiliki fungsi dalam aktivitas keagamaan saja, tetapi juga banyak dalam kegiatan sosial.

Diharapkan dengan hal tersebut mampu meningkatkan persatuan di dalam agama tersebut atau antar umat dari agama itu.

Beberapa contoh organisasi keagamaan yang berada di Indonesia antara lain adalah Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Gereja Indonesia dan lain sebagainya.

Beberapa organisasi ini juga mendirikan dan memiliki yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial.

Karena memiliki peran yang signifikan, dampak yang diberikan organisasi keagamaan ini sangat membantu organisasi pemerintahan hingga tingkat pusat.

Biasanya peran dan manfaat dari organisasi keagamaan ini dapat terlihat ketika dalam suatu daerah terdampak bencana alam, peran yang diberikan organisasi ini sangat aktif.

Beberapa organisasi, terlebih yang besar mampu menjangkau masyarakat sampai ke berbagai lapisan masyarakat bawah.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar