Organel Sel Tumbuhan

Siapa bilang belajar biologi itu sulit? Biologi ini merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas berbagai jenis makhluk hidup mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan.

Kamu yang masih belajar di sekolah menengah pasti sudah tak asing dengan mata pelajaran yang satu ini.

Meskipun biologi identik dengan hafalan materi yang bejibun ternyata ada banyak hal menarik lho yang bisa Kamu pelajari dari biologi ini.

Kamu bisa lebih paham tentang segala macam makhluk hidup yang ada di sekitar Kamu sob! Kali ini yuk cari tahu lebih jauh tentang organel sel tumbuhan.

 

Struktur organel sel tumbuhan

Struktur organel sel tumbuhan

Di dalam sel tumbuhan ada berbagai macam organel yang masing-masingnya punya fungsi sendiri untuk kehidupan sel tumbuhan.

Organel-organel yang ada di dalam sel tumbuhan ini diantaranya adalah inti sel atau nukleus, kloroplas, ribosom, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, vakuola dan peroksisom.

Tiap-tiap organel tadi punya bentuk khasnya masing-masing yang bisa gampang dibedakan antara satu dengan lainnya.

Bentuk Serta Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Biar lebih jelas lagi yuk kita bahas lebih jauh tentang bentuk, struktur dan fungsi dari masing-masing organel sel tumbuhan yang ada:

1. Inti sel (Nukleus)

Nukleus

Inti sel adalah bagian paling dalam dari sel tumbuhan. Nukleus berisi materi genetik utama yang berbentuk kromosom dari sel. Inti sel ini punya beberapa fungsi diantaranya untuk pembelahan serta pertumbuhan sel dan sintesis protein.

 

2. Kloroplas (Plastida)

Plastida

Kloroplas adalah sekumpulan organel yang mengandung prigmen hijau daun atau klorofil. Kloroplas ini punya fungsi yang penting bagi tumbuhan untuk bisa berfotosintesis dan memproduksi makanannya sendiri.

 

3. Ribosom

ribosom

Riboson berukuran kecil dan bentuknya seperti butiran. Ribosom ini adalah butiran dari nukleoprotein.

Ribosom terdiri dari 2 jenis yaitu ribosom bebas dan terikat dengan fungsi paling utama dari keduanya adalah untuk mensistesis protein di dalam sel tumbuhan.

 

4. Mitokondria

Mitokondria

Mitokondria ini termasuk bagian organel sel tumbuhan yang ukurannya besar dan mudah terlihat. Bentuknya lonjong dan berisi berbagai enzim untuk memecah karbohidrat.

Fungsi utama mitokondria ini adalah menyuplai energi berupa ATP yang digunakan sel untuk hidup.

 

5. Badan Golgi

Badan Golgi

Badan golgi berbentuk kantong pilih yang berkelok. Badan golfi ini punya fungsi untuk mengeluarkan zat-zat kimia keluar dari sel.

 

6. Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma

RE atau retikulum endoplasma adalah organel yang menghubungkan nukleus dengan sitoplasma. Fungsi retikulum endoplasma ini adalah untuk mengangkut sintesis lemak, sebagai lokasi penyimpanan berbagai senyawa seperti steroid, fosfolipid dan glikolipid.

 

7. Vakuola

vakuola

Vakuola punya peran sebagai wadah penyimpanan sel. Vakuola ini juga fungsinya untuk mengatur tekanan turgor sel tumbuhan. Vakuola ini punya ukuran besar kalau dibandingkan dengan ukuran organel yang lainnya.

 

8. Peroksisom

Peroksisom

Peroksisom ini adalah organel sitoplasma yang fungsinya untuk memecah metabolisme asam lemak jadi bentuk gula yang lebih sederhana.

 

Gambar Struktur Organel Sel Tumbuhan

Struktur Organel Sel Tumbuhan

Gampang sekali menemukan gambar struktur organel sel tumbuhan ini sob. Mengerti dan memahami langsung dengan bantuan gambar visual memang sangat membantu dalam membayangkan dan memahami bagaimana bentuk nyata dari organel sel tumbuhan ini.

Tiap-tiap organel memilki bentuk yang spesifik dan berbeda. Tiap-tiap bentuknya tentu disesuaikan dengan kegunaannya untuk tumbuhan.

Secara umum sel tumbuhan ini digambarkan seperti sebuah kotak yang di dalamnya berisi aneka organel lain yang letaknya saling berdekatan.

 

Tinggalkan komentar