Nama Malaikat

Sebagai umat islam yang taat kita wajib melaksanakan rukun Islam dan mengimani rukun Iman. Rukun Iman ada 6, dan salah satunya adalah Imankepada Malaikat Allah.

Malaikat merupakan ciptaan Allah yang sangat tunduk dan patuh pada perintahnya serta senantiasa menjauhi larangannya.

Itulah sebabnya mengapa kita sebagai manusia juga harus mengimani adanya malaikat. Supaya lebih jelas mari kita belajar bersama mengenal lebih dalam mengenai malaikat-malaikat Allah SWT.

 

Nama Malaikat Beserta Tugasnya

nama malaikat dan tugasnya
nama malaikat beserta tugasnya

1. Malaikat Jibril

Malaikat yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada Rasul-rasul Allah dan juga ditugaskan untuk meniupkan ruh pada setiap janin pada saat didalam kandungan Ibu.

Dan tidaklah kami (jibril) turun, kecuali denga perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada dihadapan kita, apa-apa yang dibelakng kuta, dan apa-apa yang ada di antara keduany adan tidaklah Tuhanmu lupa(QS Maryam:64)

“(Dialah) yang Maha tinggi derajat- Nya, yang mempunyai Arsy, yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).” (QS al Mukmin: 15)

Dan yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah setelah sudah tidak ada nabi dan rasul, lalu apa pekerjaannya sekarang?

Sebagian ulama berpendapat bahwa sekarang ini Malaikat Jibril bertugas untuk membagi ilmu. Ini sebagaimana wahyu yang merupakan bagian dari ilmu.

2. Malaikat Mikail

Malaikat yang ditugaskan yang ditugaskan memberikan rizki kepada makhluk yang ada didunia, serta malaikat Mikail juga yang bertugas mengatur hujan, angin, serta tanaman.

3. Malaikat Israfil

contoh malaikat dan tugasnya
contoh malaikat dan tugasnya

Malaikat yang ditugaskan untuk meniup sangkakala pada hari kiamat kelak.

Malaikat ini bertugas untuk meniupkan terompet yang isinya adalah ruh atau nyawa seluruh makhluk yang sudah dicabut mulai dari Nabi Adam sampai besok hari kiamat.

Setelah semuanya meninggal, maka Allah menghidupkan kembali Malaikat Isrofil kemudian menyuruhnya untuk meniup terompet agar semua ruh itu kembali ke jasadnya masing-masing sehingga mereka akan hidup kembali. Inilah yang dinamakan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail

Malaikat yang ditugaskan untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup.

Menyangkut malaikat ini ada sebuah pertanyaan yang menarik. Apakah malaikat pencabut nyawa ini akan mati? Kalau mati bagaimana matinya? Sebab di hari akhir nanti, semua makhluk yang bernyawa tidak akan terlepas dari malaikat Izrail.

Dalam beberapa literatur yang ada, di hari kiamat nanti Izrail akan melapor kepada Allah bahwa semua makhluk sudah dicabut nyawanya. Tetapi Allah mengatakan kepadanya masih ada yang tersisa.

Lalu Izrail mengelilingi alam semesta lagi untuk memastikan di mana makhluk itu. Tetapi sampai diujungnya tidak ketemu, kemudian ia menghadap kepada Allah untuk melaporkan bahwa tidak ada yang tersisa.

Tetapi Allah mengatakan hal yang sama. Hal ini terulang sampai 3 kali. Sehingga pada akhirnya Allah memberitahukan bahwa makhluk yang dimaksud itu adalah dirinya sendiri. Sehingga secara langsung ia mencabut nyawanya sendiri.

5. Malaikat Munkar

Salah satu nama-nama malaikat dan tugasnya yang harus diketahui umat Islam adalah malaikat munkar yang bertugas menanyai orang yang sudah dikubur. Malaikat ini hanya mendatangi orang yang semasa hidupnya selalu berbuat keburukan.

Malaikat ini datang dengan perawakan yang sangat menyeramkan sambil membawa godam. Jika orang yang ditanyai tidak mampu menjawab maka ia akan dipukul dengan godam hingga hancur lebur, kemudian dibangkitkan kembali untuk ditanyai lagi. Begitupun seterusnya sampai tiba hari kebangkitan.

6. Malaikat Nakir

Tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai perkara manusia dialam kubur semasa hidupnya.

Bedanya, malaikat ini hanya mendatangi orang-orang yang semasa hidupnya berbuat kebaikan dengan perawakan yang sangat indah untuk dilihat.

Jadi bisa dikatakan bahwa orang yang didatangi Malaikat Munkar akan dimasukkan ke dalam neraka sedangkan yang didatangi Nakir akan dimasukkan ke dalam surga.

7. Malaikat Raqib

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan baik manusia semasa di dunia.

8. Malaikat Atid

Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan buruk manusia semasa di dunia.

Tiada satu ucapan pun pang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.(QS Qaf: 18).

Kedua malaikat ini (Raqib dan Atid) mencatat seluruh amal mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

9. Malaikat Malik

Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Neraka Allah Ta’ala.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan kelmrgamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim: 6).

10. Malaikat Ridwan

Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Surga Allah Ta’ala.

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan “Inilah yangpernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 25)

 

Nama-Nama Malaikat Yang Tidak Wajib Diketahui

nama-nama malaikat yang tidak wajib diketahui
nama-nama malaikat yang tidak wajib diketahui
  1. Malaikat Zabaniah, 19 malaikat penyiksa dalam neraka yang begitu bengis serta kasar.
  2. Malaikat Hamalat Al’ Arsy, 4 malaikat pembawa Arsy Allah SWT sekarang ini serta pada hari kiamat bakal ditambah jumlahnya jadi 8.
  3. Malaikat Harut Serta Marut, ke-2 malaikat yang jadikan manusia serta diuji oleh Allah SWT.
  4. Malaikat Dar’dail, yang bertugas mencari manusia yang berdoa, bertaubat serta yang lain pada bulan ramadhan.
  5. Malaikat Kiraman Katibin, yang bertugas sebagai pencatat yang mulia pada jin serta manusia.
  6. Malaikat Mu’aqqibat, yang bertugas pelihara manusia dari kematian hingga saat yang sudah diputuskan yang datang silih bertukar.
  7. Malaikat Arham, yang bertugas untuk mengambil keputusan rejeki, ajal, keberuntungan serta yang lain pada 4 bulan kehamilan.
  8. Malaikat Jundallah, yang bertugas sebagai malaikat perang yang menolong nabi dalam peperangan.
  9. Malaikat Ad-Dam’u, malaikat yang senantiasa menangis bila lihat kekeliruan manusia.
  10. Malaikat An-Nuqmah, malaikat yang senantiasa punyai urusan dengan unsur api serta duduk di singgasana berbentuk nyala api. Dia mempunyai muka kuning tembaga.
  11. Malaikat Ahlul Adli, malaikat yang mempunyai ukuran besar melebihi ukuran bumi beserta berisi serta dia mempunyai 70 ribu kepala.
  12. Malaikat Berbadan Api Serta Salju, malaikat yang mempunyai ukuran besar dengan badan 1/2 api serta 1/2 salju dan dikelilingi oleh pasukan malaikat yg tidak pernah berhenti berdzikir.
  13. Malaikat Pengurus Hujan, yang bertugas mengurusi hujan menurut kehendak Allah SWT.
  14. Malaikat Penjaga Matahari, 9 malaikat yang bertugas menghujani matahari dengan salju.
  15. Malaikat Rahmat, yang bertugas sebagai penyebar keberkahan, rahmat, permintaan ampun serta pembawa roh beberapa orang saleh, ia datang berbarengan malaikat maut serta malaikat azab.
  16. Malaikat Azab, yang bertugas sebagai pembawa roh beberapa orang kafir, zalim, munafik. Ia datang berbarengan malaikat rahmat serta malaikat maut.
  17. Malaikat Pembeda Haq Serta Bathil, yang bertugas membedakan pada aksi yang benar serta salah pada manusia.
  18. Malaikat Penentram Hati, yang bertugas meneguhkan pendirian seseorang mukmin.
  19. Malaikat Penjaga 7 Pintu Langit, yang bertugas melindungi 7 pintu langit. Mereka di ciptakan oleh ALLAH SWT sebelumnya langit serta bumi ada.
  20. Malaikat Pemberi Salam Pakar Surga, yang bertugas sebagai pemberi salam pada beberapa pakar surga.
  21. Malaikat Pemohon Ampun Untuk Orang Beriman, beberapa malaikat yang ada di sekitar Arsy yang memohonkan ampunan untuk golongan yang beriman.
  22. Malaikat Pemohon Ampun Untuk Manusia Dibumi, beberapa malaikat yang bertasbih memberikan pujian pada Allah SWT serta memohonkan ampun untuk manusia-manusia dibumi.
  23. Malaikat Pendamping Malaikat Maut, malaikat ini sejumlah 70. 000, mereka datang mengikuti serta turut mendoakan jika malaikat maut akan mencabut nyawa beberapa orang mukmin.

Demikian penjelasan tentang malaikat Allah, sebagai umat muslim kita wajib mengimaninya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk menambah wawasan dan bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah.

Tinggalkan komentar