Masyarakat Madani

Pernah dengar istilah masyarakat madani? atau bisa disebut juga civil society?

Banyak orang berpendapat masyarakat madani berarti masyarakat yang beradab, tapi sebenarnya benar apa tidak sih?

Lalu sebenarnya apa itu masyarakat madani? Apa ciri-cirinya? dan  apa saja sih contohnya?

Buat kamu yang penasaran, kamu bisa simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Apa itu Masyarakat Madani?

pengertian masyarakat madani

Masyarakat madani atau biasa disebut dengan civil society adalah

Sebuah masyarakat yang beradab

Masyarakat ini berbeda dari sektor publik dan swasta. Masyarakat yang disebut madani ini sangat erat kaitannya dengan sama rata, mandiri dan bersosial

Jika sektor publik dicirikan oleh konsep-konsep kekuasaan, otoritas, legitimasi dan demokrasi, konsep khas sektor swasta adalah pasar, persaingan, laba, pelanggan, dan konsumerisme, maka berbeda dengan civil society.

Masyarakat yang disebut madani pada bagiannya, dicirikan oleh spontanitas dan keaktifan warga, partisipasi dan pelaksanaan, utilitas publik dan otonomi, kesukarelaan dan opsionalitas, keahlian dan profesionalisme, fleksibilitas dan independensi, komunalitas dan lokalitas, etika dan solidaritas.

Dalam civil society, warga negara mengatur kegiatan dan layanan untuk diri mereka sendiri dan orang lain karena harapan dan tempat mereka sendiri.

Pada dasarnya, masyarakat ini tidak memiliki persyaratan dari luar, seperti halnya dengan sektor swasta.

Civil society didasarkan pada kebebasan pilihan individu. Paksaan atau sanksi tidak mencirikan masyarakat ini.

 

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Ahli

1. Syamsudin Haris

masyarakat madani menurut Syamsudin Haris

Civil society adalah suatu lingkup sosial dalam sebuah masyarakat yang mana negara tidak ikut mempengaruhi keberadannya.

Masyarakat ini tercipta dari lingkungan di sekitar masyarakat yang paling akrab contoh  keluarga, gerakan asosiasi, gerakan sosial dan sebagainya.

 

2. Ernest Gellner

masyarakat madani menurut Ernest Gellner

Civil Society menurut Ernest Gellner adalah sebuah tatanan masyarakat yang terdiri dari institusi non-pemerintah yang memiliki wewenang cukup kuat untuk bisa mengimbangi sebuah negara.

 

3. Dawam Rahardjo

masyarakat madani menurut Dawam Rahardjo

Civil society menurut Dawam Rahardjo adalah suatu proses terjadinya sebuah peradaban yang mana proses ini karena hadirnya nilai-nilai kebijakan yang didasarkan pada pedoman hidup agar menghasilkan suatu persatuan dan integrasi sosial.

 

Unsur-unsur Masyarakat Madani

Unsur-unsur Masyarakat Madani

Adapun unsur-unsur terjadinya sebuah civil society adalah :

1. Hadirnya wilayah publik yang begitu luas

Tanpa hadirnya wilayah publik, maka  sosial society tidak ada artinya karena wilayah publik yang luas merupakan sarana yang sangat penting untuk menyampaikan aspirasi para warga masyarakat.

Ya, semua warga di sebuah negara mempunyai  hak dan posisi yang sama untuk bisa berpartisipasi dalam transaksi politik dan sosial tanpa takut mendapat ancaman.

 

2. Toleransi

Toleransi luas dipahami sebagai hal yang esensial bagi munculnya gagasan civil society. Gagasan toleransi juga merupakan fitur penting deskripsi masyarakat manusia dalam menjadi “manusia modular” menurut Ernest Gellner.

 

3. Pluralisme

Pluralisme sangat penting bagi keberadaan civil society karena masyarakat dipenuhi oleh orang-orang yang beragam dan majemuk. Sikap saling menghargai ini sangat penting untuk demokrasi dalam skala besar.

 

4. Hadirnya demokrasi

Civil society yang aktif sering dipandang sebagai unsur utama bagi keberhasilan negara-negara yang maju, serta obat mujarab bagi negara-negara berkembang di tempat lain di dunia.

Demokrasi merupakan unsur yang sangat penting dalam civil society dan tidak bisa dielakkan.

 

5. Keadilan sosial

Keadilan sosial adalah wujud keberimbangan antara anggota masyarakat dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

Keadilan sosial membantu masyarakat untuk bisa berlaku secara proporsiomal untuk memasukkan pemahaman sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang lebih luas.

 

Ciri-ciri Masyarakat Madani

ciri ciri masyarakat madani

Civil society sendiri memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang khas. Beberapa ciri-ciri dari masyarakat madani adalah :

  1. Adanya dukungan sebaya dari mereka yang memiliki pengalaman hidup yang sama membentuk bagian penting dari kegiatan dalam organisasi. Dukungan ini unik untuk sektor civil society. Pengetahuan para anggota keras, pengetahuan empiris dan profesional saling melengkapi.
  2. Masyarakat sipil mampu menyesuaikan hidup dengan harapan, kebutuhan dan keinginan orang serta perubahan lingkungan sekitarnya. Kurangnya tugas dan tanggung jawab resmi memudahkan penyesuaian dan membuat ruang untuk reaksi.
  3. Ada ruang untuk kreativitas dan inovasi baru. Civil society juga memiliki peran dalam memperbaiki kesenjangan antara sektor publik dan swasta.
  4. Masyarakat madani beroperasi dalam konteks komunal. Kegiatan ini dapat dilakukan di komunitas berbasis status, operasional, atau mental (simbolis).
  5. Terdapat kebebasan pada masyarakat untuk dapat melaksanakan berbagai kegiatannya dengan lembaga-lembaga social. Lokalitas menjadi ciri civil society tidak hanya kegiatannya tetapi juga esensinya.

 

Pilar Penegak Masyarakat Madani

Pilar Penegak Masyarakat Madani

Pilar penegak adalah lembaga-lembaga yang berperan serta untuk menciptakan sebuah tatanan civil society. Di antara para penegak tersebut itu adalah :

  1. Media, media adalah pers yang mana salah satu fungsi kehdairannya adalah sebagai alat kontrol sosial. Pers memiliki peran yang sangat penting untuk terwujudnya masyarakat yang madani.
  2. Supremasi hukum, Hadirnya supremasi hukum ini maka warga negara akan mendapatkan perlindungan hukum,
  3. Lembaga Swadaya Masyarakat, LSM adalah wadah untuk memperjuangkan apa saja yang menjadi aspirasi masyarakat.
  4. Perguruan tinggi, Hadirnya perguruan tinggi sangat penting untuk mengkritisi apa saja yang menjadi kebijakan pemerintah.

 

Contoh Masyarakat Madani

contoh masyarakat madani

Menurut definisi gabungan yang mengacu pada kriteria yang terkait dengan tindakan dan yang terkait dengan wilayah, civil society adalah ruang dan lingkup tindakan yang ada antara ruang privat, ekonomi, dan negara.

Tindakan dalam bidang ini didasarkan pada konsensus minimum norma yang mencakup toleransi, keadilan, dan kebebasan dari kekerasan.

Isi normatif dari konsep tersebut telah dikritik karena dianggap mencurahkan perhatian yang tidak cukup terhadap pertanyaan agama dan diskriminasi gender, serta untuk memperlakukan negara dan ekonomi hanya sebagai mitra bagi civil society.

Contoh masyarakat madani adalah hadirnya LSM-LSM, organisasi sosial kemasyarakatan dan berbagai organisasi bisdang sosial lainnya.

Dari situlah kemudian masyarakat madani muncul hingga hari ini dan menjadi sesuatu yang sangat melekat dengan masyarakat modern.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar