Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Indonesia merupakan sebuah bangsa yang majemuk karena dikelilingi oleh berbagai suku, ras, dan agama yang beragam serta tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Sebagai bangsa yang multikultural, tentu saja Indonesia rentan mengalami perpecahan jika tidak mempunyai jiwa nasionalisame yang kuat.

Oleh karena itu, diperlukan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk menjaga bangsa ini agar tetap utuh.

Hal ini perlu dilakukan mengingat era modernisasi dan globalisasi yang mulai masuk ke Indonesia dan sedikit banyak telah merubah kultur budaya asli kita.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat mempertahankan persatuan bangsa ini.

Cara yang dilakukan tentunya memiliki makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Apa aja sih? Yuk langsung simak aja!

 

Menjalin Rasa Kebersamaan dan Saling Melengkapi antara Satu dengan yang Lain

Menjalin Rasa Kebersamaan dan Saling Melengkapi antara Satu dengan yang Lain

Rasa kebersamaan dan saling melengkapi dapat dilakukan dengan cara yang sudah sejak dahulu diajarkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia, yakni seperti gotong royong, kerja bakti, dan ketika terjadi persoalan tertentu diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Dengan begitu, setiap anggota masyarakat akan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Hal ini tentu akan menjadikan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia semakin kokoh.

Cara-cara seperti gotong royong, kerja bakti serta musyawarah untuk mencapai mufakat merupakan budaya bangsa Indonesia yang kini telah sedikit memudar akibat adanya modernisasi.

Padahal dengan melakukan ketiga hal tersebut, bangsa Indonesia ini dapat terhindarkan dari adanya perpecahan akibat pergesekan budaya.

Baca Juga : Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri, mengingat itu adalah cara terbaik untuk dapat mempertahankan persatuan bangsa dari adanya ancaman perpecahan antar anggota masyarakat.

Jadi, sudah sebaiknya kamu sebagai bagian dari bangsa Indonesia ini turut serta memperat rasa kebersamaan dan saling melengkapi untuk menjaga keutuhan bangsa.

 

Menjalin Rasa Kemanusiaan dan Sikap Saling Toleransi serta Rasa Harmonis untuk Hidup Berdampingan

Menjalin Rasa Kemanusiaan dan Sikap Saling Toleransi serta Rasa Harmonis untuk Hidup Berdampingan

Jika bangsa ini tidak mempunyai rasa kemanusiaan, maka hancur sudah makna persatuan dan kesatuan yang sudah dibangun oleh pendahulu kita sejak zaman Indonesia belum merdeka.

Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa perlu sekali untuk menjalin rasa kemanusiaan karena itulah hal yang paling dasar yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Dengan menjalin rasa kemanusiaan, maka nantinya akan lahir sikap saling toleransi yang pada akhirnya menciptakan hubungan yang harmonis antar anggota masyarakat.

Sikap toleransi merupakan sebuah hal yang harus selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat dikarenakan bangsa Indonesia tidak hanya terdiri dari satu suku, ras, dan agama saja, melainkan beribu-ribu suku dan ras yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika sikap toleransi ini tidak dijaga, maka sudah dapat dipastikan akan timbul berbagai perpecahan dengan dalih suku, agama, dan ras.

Apabila hal ini terjadi, bagaimana bangsa Indonesia bisa hidup dengan harmonis?

Tentu saja tidak mungkin, karena jika sikap toleransi antar masyarakat tidak ada, yang terjadi adalah keinginan untuk saling menghancurkan suku, ras, dan agama lain.

Oleh karena itu, sebagai penerus bangsa Indonesia, kita harus menjalin rasa kemanusiaan dann sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.

 

 

Menjalin Rasa Persahabatan, Kekeluargaan, dan Sikap Tolong Menolong Antarsesama serta Sikap Nasionalisme

 

Menjalin Rasa Persahabatan, Kekeluargaan, dan Sikap Tolong Menolong Antarsesama serta Sikap Nasionalisme

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sikap nasionalisme yang tinggi merupakan sebuah pondasi yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia.

Sikap rasa cinta tanah air ini nantinya akan sangat berguna untuk menjaga keuntuhan bangsa.

Jika rasa nasionalisme telah dipupuk sejak dini, maka tidak ada lagi yang beranggapan jika perbedaan yang ada adalah sumber perpecahan bangsa Indonesia, akan tetapi dengan perbedaan ini bangsa Indonesia menjadi lebih beragam dan unik.

Rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong juga sangat perlu untuk dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Ketiganya dapat dilakukan dengan cara yang telah disebutkan pada poin pertama di atas. Dengan melakukan ketiga hal tersebut, maka dengan sendirinya akan terjalin rasa persahabataan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antarsesama masyarakat Indonesia.

Gimana? Udah paham kan? Nah, kamu sebagai warga negara Indonesia bisa dong mengamalkan cara-cara di atas?

Karena seperti yang dibilang tadi, cara di atas pastinya memiliki makna yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar