Rangkuman Komunikasi

Kita sebagai manusia pastinya ngga jauh dengan yang namanya komunikasi dong?

Karena memang komunikasi sangat dibutuhkan, terutama untuk berinteraksi dengan orang lain. Tapi kamu paham ngga sih secara ilmiah apa itu komunikasi? apa unsurnya? dan apa tujuannya?

Nah, kalo belum, coba nih simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

 

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Jadi, komukasi merupakan,

Suatu aktivitas penyampaian sebuah informasi, baik itu ide, pesan, gagasan yang diungkapkan dari satu pihak ke pihak lainnya.

Aktivitas komunikasi dilakukan secara lisan atau langsung sehingga dapat memudahkan kedua belah pihak untuk dapat saling mengerti.

Komunikasi juga dapat disebut sebagai ienteraksi antar dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau sebuah informasi.

Dengan melakukan komunikasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain. Nah, lalu bagaimanakah cara komunikasi yang baik?

Cara melakukan komunikasi yang baik yaitu dengan cara melakukan atau menyampaikan informasi yang dapat dimengerti dan diterima oleh orang lain.

Komunikasi selain dapat dilakukan secara lisan, dapat juga dilakukan dengan bahasa tubuh atau menggunakan gesture untuk maksud dan tujuan tertentu.

 

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Dari pengertian komunikasi secara umum, maka di bawah ini terdapat beberapa pandangan atau pengertian dari para ahli yang berbicara mengenai arti komunikasi.

Inilah beberapa penjelasan oleh para ahli dalam hal komunikasi, seperti:

1. James A. F. Stoner

Komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

2. Everett M. Rogers

Komunikasi merupakan proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar dapat mengubah tingkah laku.

3. Aristoteles

Komunikasi adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

4. Drs. H. A. W. Widjaya

Komunikasi merupakan hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

5. Anderson

Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

6. Lexicographer

Komunikasi yaitu upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Dengan tujuan yang ingin diinginkan kedua belah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentan informasi yang saling ditransfer.

Jadi, itulah beberapa pendapat dari para ahli yang menjelaskan tentang pengertian dari komunikasi.

Jadi, komunikasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan antar individu dengan individu maupun kelompok yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau gagasan.

 

Unsur Komunikasi

unsur komunikasi

Di bawah ini terdapat beberapa macam unsur-unsur komunikasi yang harus kamu pelajari. Beberapa diantaranya yaitu seperti:

1. Komunikator

Komunikator adalah

Sebuah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi yang dilakukan.

Atau untuk lebih mudahnya, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berperan dan memiliki inisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan atau interaksi yang dilakukan.

Akan tetapi, komunikator sebenarnya tidak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja. Melainkan komunikator juga memberikan sebuah respon atau tanggapan dan menjawab dari proses komunikasi yang sedang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

2. Pesan atau Informasi

Pesan atau informasi adalah,

Keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator.

Jadi, pesan dapat berupa sebuah kata-kata, gambaran, tulisan, atau sebuah perantara lainnya yang dapat disampaikan kepada orang lain. Pesan memiliki inti yang mengarah pada usaha untuk mengubah sikap dan tingkah laku orang lain. Selain itu, inti dari pesan juga akan selalu mengarah kepada tujuan akhir dalam komunikasi tersebut.

 

3. Sarana Komunikasi

Sarana komunikasi dapat disebut,

Sebagai media yang digunakan untuk menyalurkan pesan dalam sebuah proses komunikasi.

Dengan pemilihan sarana komunikasi atau media dalam proses komunikasi semuanya tergantung dari sifat berita yang akan disampaikan.

 

4. Komunikan atau Receiver

Komunikan merupaka,

Sebutan bagi orang yang menerima pesan atau berita yang telah disampaikan oleh komunikator.

Komunikan terdiri dari satu orang atau lebih, bahkan bisa dalam sebuah kelompok. Dilihat dari proses keomunikasi, maka komunikan merupakan sesuatu yang penting.

Pasalnya komunikan inilah yang menjadi sasaran komunikasi dan bertanggung jawab untuk dapat mengerti pesan yang disampaikan dengan baik dan benar.

 

5. Umpan Balik

Umpan balik merupakan,

Jawaban dari komunikasi atas pesan yang diberikan oleh komunikator kepada orang tersebut.

Pada umunya, komunikator dan komunikan akan terus menerus bertukar pesan.

 

Komponen Komunikasi

Komponen Komunikasi

Komponen dalam komunikasi sebenarnya hampir sama dengan unsur komunikasi yang kamu lakukan.

Namun, terdapat beberapa komponen komunikasi yang kalian belum mengetahuinya di unsur-unsur komunikasi. Beberapa diantaranya yaitu seperti:

1.Konteks

Yang dimaksud dengan konteks dalam dunia komunikasi yaitu situasi ketika melakukan komunikasi tersebut.

Konteks dapat berupa lingkungan ketika kita ada di dalamnya dan juga dimana orang penerima pesan juga berada.

Komunikasi yang dilakukan dengan rekan kerja bisa jadi tidak sama apabila dibandingkan dengan kita berkomunikasi dengan atasan kita.

Dengan menggunakan konteks maka dapat membantu kita menentukan gaya kita dalam berkomunikasi.

 

2. Gangguan

Ketika melakukan komunikasi, gangguan dalam proses penyampaian pesan dan penerima pesan dapat mengurangi kejelasan isi pesan dalam komunikasi tersebut.

Gangguan yang terdapat dalam komunikasi dapat berupa gangguan fisik seperti suara yang sangat keras, perilaku yang kurang baik.

Pada intinya, gangguan dalam komuniaksi dapat berupa segala sesuatu yang dapat mengganggu proses penerimaan, penafsiran, atau penyampaian umpan balik tentang sebuah pesan.

 

3. Efek

Efek dalam komunikasi yaitu pengaruh atau sebagai dampak yang terjadi dari adanya komunikasi, dapat berupa sikap atau tingkah laku dari orang pemberi atau penerima pesan tersebut.

Komunikasi dapat dikatakan berhasil jika sikap dan tingkah laku orang penerima pesan sesuai dengan yang diinginkan oleh komunikator.

 

Proses Komunikasi

Proses Komunikasi

Setelah mendapatkan penjelasan dari pengertian, unsur komunikasi, komponen komunikasi, dll. Lalu apakah kamu sudah tahu bagaimana komunikasi bisa terjadi?

Atau bagaimana proses komunikasi yang dapat dilakukan oleh semua orang? Jadi, proses komunikasi adalah bagaimana komunikator dapat menyampaikan pesan kepada komunikannya dengan baik.

Sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna atau penjelasan yang sesuai antara komunikan dengan komunkatornya.

Dengan adanya proses komunikasi ini memiliki tujuan yaitu untuk menciptakan komunikasi yang efektif.

Di dalam proses komunikasi juga termasuk sebuah proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lainnya, dimana seseorang atau beberapa orang maupun kelompok mampu menciptakan dan menggunakan informasi tersebut.

Secara sederhana, komunikasi dapat dilakukan jika terdapat kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan tersebut.

Jadi, pada intinya proses komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam tahapan penyampaian informasi yang disampaikan oleh satu pihak ke pihak yang lainnya.

 

Macam-macam Komunikasi

macam macam komunikasi

Terdapat beberapa macam-macam komunikasi yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, beberapa diantaranya yaitu seperti:

1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaian

Komunikasi berdasarkan cara penyampaian dalam dibagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal (lisan) yang memiliki pemahaman dimana komunikasi tersebut terjali secara langsung tanpa adanya jarak antar dua orang atau lebih.

Namun, komunikasi lisan juga dapat terjadi secara jarak jauh, misalnya pembicaraan melalui telepon atau video call.

Sedangkan komunikasi secara tertulis dapat dilakukan melalui aplikasi atau media teknologi, misalnya seperti mengirim pesan melalui email, maupun chatting dengan menggunakan berbagai aplikasi yang digunakan saat ini.

 

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi dapat dilakukan berdasarkan maksud dari komunikator. Terdaat beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud seperti pidato, memberikan perintah, pemberian saran dan kritik, memberikan ceramah, dan juga wawancara.

 

3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Komunikasi berdasarkan lingkup dapat dibedakan menjadi 2 yaitu secara internal dan eksternal. Komunikasi internal merupakan jenis interaksi yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi yang terdjadi hanya antar individu dalam organisasi tersebut.

Sedangkan komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang dilakukan sebuah organisasi kepada publik, misalnya program TV, radio, jumpa pers, dll.

 

Model-model Komunikasi

Model-model Komunikasi

Dalam model-model komunikasi terdapat beberapa penjelasan dari para ahli, seperti:

1. Model Komunikasi Aristoteles

Ini salah satu model komunikasi linear yang ditunjukkan untuk menjelaskan proses public speaking. Diantaranya yaitu adanya pembicara, pesan verbal, situasi, audience, dan efek.

 

2. Model Komunikasi Lasswell

Model komunikasi ini memberikan beberapa komponen diantaranya seperti adanya komunikator sebagai pengirim pesan, isi pesan, media, penerima pesan, dan umpan balik.

 

3. Model Komunikasi Shannon dan Weaver

Model komunikasi Shannon dan Weaver ini memiliki komponen yang terdapat di dalamnya yaitu adanya pengirim pesan, transmitter yang menjadi mesin pesan, media untuk mengirim pesan, decoder, penerima pesan, dan adanya gangguan dalam penerimaan pesan tersebut.

 

Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Terdapat beberapa fungsi komunikasi diantaranya yaitu seperti sebagai motivasi yang diberikan kepada pendengar atau lawan bicaranya, sebagai kendali yang dilakukan untuk mengendalikan perilaku orang lain, sebagai cara untuk memberikan informasi kepada kelompok atau individu, dan sebagai ungkapan emosional yang dilakukan oleh seseorang kepada lawan bicaranya.

 

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi19

Tujuan melakukan komunikasi adalah agar kamu dapat memahami keinginan orang lain dengan menjelaskan informasi atau pesan sejelas dan serinci mungkin.

Selain itu, agar dapat dipahami dan diterima oleh orang lain serta menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu yang diinginkan.

Dan itulah beberapa macam hal yang penting berkaitan dengan komunikasi. Udah paham kan tentang komunikasi ini? Mulai dari pengertian sampai dengan jenis-jenis dari komunikasi itu sendiri.

 

Tinggalkan komentar