Gambar Jenis Jenis Musik
Gambar Jenis Jenis Musik

15 Genre atau Jenis-jenis Musik Terlengkap + Sejarahnya

Diposting pada

Jenis-jenis Musik – Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Rasanya bila dunia tanpa musik sama seperti masakan tanpa diberi bumbu. Sangking mempengaruhi dunia dan kehidupan, musik juga dapat menjadi solusi dalam berbagai masalah. Musik adalah perpaduan nada dan suara yang menghasilkan ritme, irama, melodi, tempo, juga harmoni.

Salah satu jenis seni musik yang kita kenal ialah musik populer. Musik populer sendiri memiliki banyak jenis atau biasa disebut dengan genre. Jenis musik seni seperti Musik klasik. Jenis-jenis musik populer terdiri dari Jazz, Blues, Gospel, RnB, Funk, Rock, Metal, Electronic, Reggae, Hip Hop, Techno dan Pop. Kemudian jenis musik tradisional seperti Dangdut dan Country.

Jenis musik tersebut memiliki perbedaan dan ciri-ciri membuat kamu yang mendengarkannya sudah dapat menebak jenis musik apa itu. Nah, ayo kita telusuri jenis atau genre musik tersebut lebih dalam lagi.

 

Jenis-jenis Musik Seni

1. Musik Klasik

Jenis musik klasik atau genre musik klasik ini lebih merujuk ke  musik klasik eropa, namun ada pula musik klasik India, Persia dan sebagainya. Jenis musik klasi juga ada periodenya, seperi barok, klasik dan romantik.

Kalau bicara tentang musik klasik, maknanya luas lho. Namun biasanya sih mengacu ke musik yang berakar dari tradisi kesenian barat, kristiani dan orkestra. Periodenya pada abat ke-9 sampai 21.

 

Jenis-jenis Musik Populer

2. Jazz

Jazz atau musik jazz pertama muncul dari negara Amerika di mana menggabungkan berbagai alat musik yang menghasilkan bunyi yang baru. Musik jazz biasanya banyak disukai oleh kalangan-kalangan tertentu. Jenis muik ini memang sarat akan nilai elegan dan berkelas.

Di Indonesia sendiri musik jenis ini dikenal sejak tahun 1930-an. Dalam pertunjukan musik jazz para pemain musik menggunakan alat musik berupa seksofon, trompet, trombon, gitar, dan piano.

Keberadaan alat-alat tersebut semakin memberi ciri berbeda dari jazz. Ada banyak musisi jazz terkenal di dunia seperti Louis Armstrong, John Coltrane, Miles Davis, Charlie Parker, Duke Ellington, Gill Evans, dan lainnya. Sementara musisi jazz terkenal di Indonesia di antaranya Indra Lesmana, Bubi Chen, Pra Budi Dharma, Mus Mudjiono, dan lainnya.

3. Blues

Jenis-jenis musik populer berikutnya ialah musik blues. Blues yang memiliki arti ‘rasa sedih atau frustasi’ menjadi nama yang diambil dalam jenis musik ini. Terkadang tidak sedikit orang yang salah dan menyamakan musik jazz dengan musik blues. Padahal jenis musik yang satu ini cukup berbeda meski satu warna.

Musik blues lebih mendayu dan ‘pelan’. Dari segi pemakaian alat musiknya, musik blues juga hampir sama saja dengan jazz. Musik blues pertama kali dikenal di dunia pada tahun 1910 di mana diciptakan untuk mengungkapkan perasaan yang emosional di Amerika dan Afrika.

Seiring berjalannya waktu, blue kian populer dan semakin dikenal meski di beberapa waktu musik ini mengalami turun pamor.

Musisi blues terkenal di dunia di antaranya Jimi Hendrix, B.B. King, Muddy Waters, dan Robert Johnson. Sementara musisi blues terkenal di Indonesia di antaranya Rama Satria Claproth, Ginda Bestari, Adrian Adioetomo,dan Gideon Tengker.

4. Gospel

Mungkin ini menjadi salah satu jenis musik yang kurang familiar, tetapi keberadaannya mudah kita temukan. Musik gospel ialah musik yang didominasi oleh vokal dan pertama kali diperkenalkan pada acara ibadah umat kristian di gereja.

Warna musik yang mengiringinya berupa pergabungan banyak genre musik. Sering berjalannya waktu musik ini ditampilkan di luar gereja dan dikenal oleh seluruh belahan dunia.

5. RnB

RnB yang memiliki singkatan dari Rhythym and Blues adalah jenis musik yang dihasilkan dari pergbaungan antara musik jazz, blues, gospel, dan pop.

Jenis musik ini pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Arfika pada tahun 1940-an. Musik RnB memang easy listening dan mudah diterima oleh banyak kalangan.

Sampai sekarang jenis musik ini terus berkembang. Penyanyi yang dikenal akan suara merdunya saat menyanyikan RnB di antaranya Beyonce, Mariah Carey, Alicia Keys, John Legend, Usher, Jay Z, dan lainnya.

Musik RnB juga sering dipadu dengan musik hip hop sehingga terdengar lebih modern.

6. Funk

Funk menjadi salah satu dari jenis-jenis musik populer yang ada. Perlu kamu ingat, jenis musik funk tidak sama dengan punk. Musik funk berasal dari daerah Afrika dan Amerika di mana mencampurkan musik jazz, RnB, dan soul.

Yang paling terdengar dari sajian musik funk adalah bunyi dari gitar, bass, dan drum. Ritmenya tajam serta terpotong-potong. Tidak sedikit pecinta musik ini yang menila bahwa funk dapat menjadi dalah satu genre yang cocok untuk menari.

Musik funk muncul dan dikenal pertama kali pada tahun 1960-an. Musisi funk yang terkenal di antaranya James Brown, Tower of Power, dan Sly and The Family Stone.

7. Rock

Menjadi salah satu jenis musik yang terus berkembang, musik rock memang disukai oleh banyak kalangan. Musik ini menyelimuti pergabungan aneka jenis musik dan mulai dikenal oleh dunia pada tahun 1940-an.

Musik rock juga memiliki banyak jenis seiring berkembangnya zaman seperti adanya progresive rock, alternative rock, hard rock, punk rock, dan lainnya. Musisi musik rock yang terkenal di dunia di antaranya Kurt Cobain, The Beatles, dan Mick Jagger.

Di Indonesia juga sangat banyak musisi rock yang terkenal seperti Slank, Ahmad Albar, dan The Rollies.

8. Metal

Musik yang stau ini memang tidak jauh dari musik rock. Yang membedakan musik metal lebih kencang, keras, dan berteriak. Jenis musik yang stau ini dikenal sejak tahun 1970-an berupa perkembangan akan musik rock.

Musik metal juga memiliki banya jenis seperti heavy metal dan black metal.

 

9. Electronic

Jenis musik selanjutnya ialah musik electronic. Musik ini sering juga disebut dengan EDM atau Electronic Dance Music.

Sesuai dengan sebutannya, yang paling membedakan musik ini dengan jenis musik lainnya ialah adanya tambahan alat musik yang lebih modern atau instrumen elektrik di mana memberi sentuhan aplikasi untuk menyempurnakan musiknya.

EDM memang lebih dikenal sebagai musik dugem dan dimainkan oelh para DJ atau Disc Jockey. Musik ini kian diterima di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

10. Raggae

Ragge merupakan jenis musik yang berkembang pada tahun 1960an akhir di daerah Jamaika. Jenis musik ini perpaduan dari musiknya yang serupa yaitu ska dan rocksteady.

Tempo dalam musik ini lebih lambat dan terdengar santai, namun tetap memiliki beat yang dapat membuat kamu bergerak.

Ketukan-ketukan dalam jenis-jenis musik populer yang satu ini sangat khas. Musisi raggae terkenal dunia di antaranya Bob Marley, Toots Hibbert, dan Jimmy Cliff.

11. Hip Hop

Hip hop lahir dari bagian timur Amerika dan merupakan perkembangan dari musik RnB. Jenis musik modern hip hop biasanya didominasi dengan rap atau rapcore.

Musik ini terus berkembang dan terus diminati oleh banyak pecinta musik hingga saat ini.

 

12. Techno

Pernah denger yang ini? Musik techno disebut dengan Electronic Dance Music. Awalnya ada di tahun 1980 di Detroit Amerika. Musik tecn ini jadi awal mula bentuk tari dan musik pesat.

Kebanyakan muasik tekno dibut dengan kombinasi synthesizer, hentakan drum dan sequencer. Ya seperti namanya, mengedepankan beragam suara teknologi musik.

Jenis jenis aliran musik ini pasti dimainkan di setiap club malam. Contoh musisinya:

  • Richie Hawtin
  • Carl Cox

13. Pop

Terakhir adalah musik dengan jenis genre musik pop. Musik pop adalah salah satu jenis seni musik populer yang mencerminkan kemodernan.

Selain modern, musi jenis pop juga lebih easy listening bagi segala kalangan. Di Indonesia jenis musik yang satu ini mendominasi dan tidak lekang oleh waktu.

 

Jenis-jenis Musik Tradisional

14. Country

Kamu pasti pernah dengerin music country, walau mungkin gak sadar. Musik country merupakan jenis musik tradisional yang memuat unsur musik Amerika Serikat bagian selatan tepatnya di pegunungan Appalachia.

Namun, musik ini lahir dari lagu penduduk Amerika Autara dengan aransemen musik Kelt dan genre Gospelnya

Tercatat pada abat 19, musik ini mulai tersebar luas karena banyaknya orang yang bermigrasi dari Inggris, Spanyol, Ireland dan Italia menuju Texas.

Di Texas ada padang rumput yang subur sehingga imigran betah dan jadi penggembala sapi, hingga Texas dijuluki kota Cowboy. Kemudian sampai saat ini Musik Country sudah tersebar di seluruh dunia dan luar angkasa.

 

15. Dangdut

Semua warga Indonesia wajib tahu ini. Dangdut pasti sudah sering denger lah, soalnya musik ini kan berasal dari Indonesia.

Dangdut punya nuansa India dan Melayu. Genre musik dangdut juga lekat dengan alat musik tradisional, dan makin kesini juga sudah menggunakan alat musik modern namun tetap alat musik tradisional wajib dipake dong.

Awalnya sih dandgut hanya dinikmati oleh masyarakt menengah ke bawah. Namun semakin kesini semua kalangan suka dan sering menikmatinya. Contoh musisi yang terkenal: Roma Irama, Nella Kharisma, dan mba Via Vallen.

 

Itu dia sebelas jenis-jenis musik di Indonesia yang dapat kamu pahami untuk lebih mengenal dunia musik.

Yang kamu cari :
jenis musik, jenis jenis musik, genre musik, jenis genre musik, https://www eduspensa id/jenis-jenis-musik-genre-musik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *