Ideologi Pancasila

Bangsa Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila yang mana ideologi ini mengantarkan cita-cita bangsa sesuai dengan nilai yang terkandung dari sila kesatu hingga kelima.

Lalu sebenarnya apa sih ideologi Pancasila itu?

Simak aja pembahasan lengkap tentang ideologi Pancasila berikut ini.

 

Apa Itu Ideologi Pancasila

pengertian ideologi pancasila

Guys, tahukah kalian tentang apa itu ideologi pancasila ? Ya,

Secara umum pengertian ideologi pancasila ini adalah suatu gagasan atau ide untuk mewujudkan nilai-nilai, pandangan-pandangan, serta keyakinan-keyakinan untuk meraih cita-cita bangsa yang luhur dan religius sehingga norma dan aturan yang terkandung dalam sila kesatu hingga kelima dapat diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itu guys, kalian harus paham tentang apa itu ideologi pancasila dan kemudian cobalah untuk menjaga, mengamalkan, dan melaksanakan  nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sebagai penerus bangsa tentunya wajib untuk menjaga ideologi pancasila dari para oknum-oknum tertentu yang berkeinginan mengganti ideologi pancasila dengan ideologi lainnya seperti ideologi khilafah atau ideologi liberal yang tentu saja tidak sesuai dan sejalan dengan cita-cita Bangsa Indonesia.

Selain itu, Ideologi Pancasila ini sangat cocok untuk diterapkan pada Bangsa Indonesia.

Sebab Indonesia sendiri merupakan sebuah Negara demokrasi terpimpin yang mana kedaulatan ini bersumber dari rakyat sehingga nilai yang terkandung di dalam sila kesatu hingga kelima lah yang dianggap cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Maka dari itu, tidak ada ideologi yang pas untuk diterapkan di Indonesia selain ideologi pancasila.

 

Fungsi Ideologi Pancasila

Setelah membahas tentang pengertian ideologi pancasila, maka selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi ideologi pancasila.

Terdapat beberapa fungsi dari ideologi pancasila yang tentunya kalian harus ketahui agar kalian juga dapat mengetahui kenapa Indonesia harus menganut ideologi pancasila dan bukan ideologi lainnya.

Untuk itu inilah beberapa fungsi ideologi pancasila diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mempersatukan Suku Bangsa Indonesia

Menjaga kesatuan dan persatuan negara

Memang, Indonesia menjadi salah satu Negara maritim yang mana terdiri dari masyarakat majemuk sehingga dibutuhkan suatu ide atau gagasan untuk mempersatukan antar suku bangsa menjadi Indonesia.

Maka, dirumuskan suatu ide atau gagasan yang terkandung dalam sila kesatu hingga kelima ini kemudian dijadikan menjadi suatu ideologi yang disebut sebagai ideologi pancasila.

Idoelogi yang berazaz persatuan dan kesatuan Negara yang tetap menjunjung tinggi keadilan, religius, dan moral tentu saja bertujuan untuk mempersatukan antar suku bangsa.

 

2. Sebagai Langkah Untuk Mencapai Cita-Cita Bangsa Indonesia

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Fungsi ideologi pancasila yang kedua adalah sebagai langkah untuk mencapai cita-cita dan tujuan dari Bangsa Indonesia.

Para pendahulu bangsa tentu saja menyusun Pancasila dengan harapan agar kelak generasi penerus bangsa dapat mencapai cita-cita Bangsa Indonesia yakni sebagai Negara berdaulat, maju, dan makmur.

Maka dengan cara mengamalkan apa yang terkandung dalam nilai ideologi pancasila ini tentu saja menjadi suatu langkah untuk mencapai cita-cita Bangsa Indonesia itu sendiri.

 

3. Sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Fungsi ideologi pancasila yang ketiga adalah sebagai identitas bangsa.

Ya, ideologi yang dianut oleh Bangsa Indonesia ini tentu saja telah menunjukkan karakter dari para masyarakatnya yang tentu saja ramah, sopan santun, dan menjunjung tinggi rasa keadilan sosial.

 

Dimensi Ideologi Pancasila

Dimensi ideologi Pancasila ini terbagi atas beberapa dimensi diantaranya adalah :

1. Dimensi Idealisme

Dimensi Idealisme pada ideologi pancasila

Dimensi Idealisme adalah suatu dimensi ideologi Pancasila yang terkandung di dalam landasan dasar Negara sehingga dimensi ideologi ini memberikan secercah harapan bagi kehidupan masyarakat Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

 

2. Dimensi Realita

Dimensi Realita pada ideologi pancasila

Dimensi realita adalah suatu nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila untuk dilaksanakan dan diamalkan dalam kehidupan nyata.

Dimensi realita ini tentu saja menuntut kalian untuk berperilaku sesuai dengan landasan Negara yakni Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

 

3. Dimensi Fleksibilitas

Dimensi Fleksibilitas pada ideologi pancasila

Dimensi Fleksibilitas adalah suatu kemampuan dari ideologi tersebut untuk menyesuaikan diri dan mempengaruhi dengan perkembangan kehidupan sosial di Indonesia.

Ya, Indonesia telah mengalami berbagai perubahan-perubahan namun tetap saja ideologi Pancasila ini tetap berlaku dan digunakan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Contoh Ideologi Pancasila

Dalam proses pengamalannya terdapat beberapa contoh ideologi Pancasila yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat mulai dari sila kesatu hingga sila kelima diantaranya adalah :

1. Sila Kesatu

Nilai Ketuhanan dan Ketakwaan

Memberikan Kebebasan Untuk Memeluk Agama, Contoh yang pertama dalam penerapan ideologi pancasila adalah memberikan kebebasan untuk memeluk agama.

Negara tidak pernah memaksa seseorang untuk memeluk salah satu agama tertentu. Jadi, Negara memberikan kebebasan untuk seseorang memeluk salah satu agama yang diperbolehkan sesuai Undang-Undang.

 

2. Sila kedua

Saling menghormati orang lain

Saling Menghormati, Sesuai adab ketimuran dan juga sesuai dengan sila kedua dari Pancasila, maka masyarakat Indonesia ini wajib untuk saling memiliki rasa hormat antar individu ataupun kelompok.

Sebab, tanpa adanya rasa saling menghormati ini nantinya akan menimbulkan rasa benci antar individu atau golongan yang dapat menyebabkan gesekan atau perpecahan.

 

3. Sila Ketiga

cara menghargai jasa pahlawan Saling menghargai dan menghormati

Mementingkan Kepentingan Golongan, contoh ideologi pancasila yang diambil sila ketiga adalah selalu mementingkan kepentingan golongan dibandingkan dengan kepentingan individu.

Sebab, kepentingan golongan ini tentu saja menyangkut rasa peduli akan persatuan dalam bermasyarakat sehingga kepentingan pribadi dapat dikesampingkan terlebih dahulu.

 

4. Sila Keempat

Contoh Budaya Politik Partisipan Partisipasi Musyawarah Mufakat

Memberikan Solusi Dengan Cara Bermusyawarah, ideologi Pancasila ini menuntut masyarakat untuk bermusyawarah dalam memutuskan atau memberikan solusi dari suatu masalah yang tengah terjadi.

Tujuan dari diadakan musyawarah ini adalah untuk mendengar dan memutuskan jalan keluar dari suatu masalah sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

 

5. Sila Kelima

ciri ciri masyarakat demokratis Jujur dan adil

Bersikap Adil, contoh ideologi pancasila yang terakhir adalah bersikap adil dalam memutuskan suatu permasalahan.

Setelah melaksanakan musyawarah maka sebagai individu yang dipercaya menangani masalah tersebut wajib memutuskan suatu hal secara adil sehingga tidak ada pihak yang dirugikan atas masalah yang tengah terjadi.

Ideologi Pancasila merupakan ideologi dari Bangsa Indonesia yang menjadi ciri khas dan identitas dari Bangsa Indonesia.

Ideologi pancasila ini berasaskan atas lima sila yang terkandung di dalam Pancasila yang kemudian diamalkan oleh para generasi bangsa guna mencapai cita-cita dan tujuan dari para leluhur Bangsa Indonesia

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar