Hakikat dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Kamu pasti pernah dong belajar Pendidikan Kewarganegaraan?

Nah, ketika kamu belajar, kamu tau ngga sih apa hakikat dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan itu?

Untuk kamu yang belum tau, simak nih penjelasannya berikut ini!

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Jika membicarakan pengertian dari pendidikan kewarganegaraan, hakikat yang dimilikinya juga dapat diartikan sebagai metode loh.

Metode ini juga tentunya bersumber pada nilai-nilai yang dimiliki pancasila yang sudah dijadikan patokan untuk kepribadian bangsa.

Tentunya hal ini juga dilakukan, untuk dapat meningkatkan serta untuk melestarikan keluhuran moral dan perilaku yang dimiliki masyarakat.

Perilaku ini semuanya bersumber pada budaya bangsa, yang sudah ada sejak dahulu kala.

Semuanya tentunya memiliki tujuan yang baik, agar dapat mencerminkan jati diri yang baik untuk kesehariannya di masyarakat yang mencakup semua tingkah laku yang ada.

Hakikat pendidikan kewarganegaraan dan tujuan kewarganegaraan sendiri juga dijadikan sebagai sebuah mata pelajaran.

Tujuan penting yang terkandung dalam pendidikan kewarganegaraan ini, memang memiliki tujuan untuk dapat membentuk individu yang hidup di dalam kehidupan masyarakat yang majemuk.

Majemuk dalam hal ini juga beragam loh guys, baik dalam majemuk suku, agama, ras, budaya hingga bahasa yang semuanya memiliki tujuan untuk dapat membangun karakter dan menjadikan bangsa yang cerdas.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Ahli

1. Carter V. Good

Pengertian pendidikan kewarganegaraan menurut Carter V

Menurut Carter, pendidikan kewarganegaraan juga dapat diartikan,

Sebuah tahapan untuk perkembangan kemampuan dari setiap orangnya. Hal ini juga menyangkup bagaimana sikap dan tingkah laku yang dimiliki oleh seseorang, dan terjadi di dalam masyarakat.


2. UU sisdiknas

Pengertian pendidikan kewarganegaraan menurut UU sisdiknas

Pengertian dari pendidikan kewarganegaraan ini, juga dijelaskan dalam UU No.20 Bab 1 Pasal 1 tahun 2003, dimana dijelaskan bahwa

Pendidikan itu sendiri merupakan sebuah tindakan yang sadar. Hal ini juga di lakukan, untuk menciptakan berbagai situasi dan juga tahapan dalam pembelajaran untuk peserta didik.

Bukan hanya pembelajaran saja, namun juga untuk mendapatkan kemampuan dan kekuatan spiritual dalam bidang keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan hingga akhlak yang terpuji.

Mulai juga untuk kecakapan yang diperlukan untuk semua pihak atau individu yang ada dalam sebuah Negara.

3. Godfrey Thomson

Pengertian pendidikan kewarganegaraan menurut godfrey Thomson

Untuk mengartikan hakikat dan tujuan pendidikan kewarganegaraan, Godfrey memberikan pendapatnya bahwa pendidikan merupakan,

Suatu hal pengaruh yang mana timbul di dalam lingkungan. Hal ini juga menyangkut atas individu, untuk menimbulkan suatu perubahan yang tetap dalam semua kebiasaan, perilaku, pikiran hingga perasaan yang dimilikinya.


Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Kamu tentunya juga harus mengetahui hakikat dan tujuan pendidikan kewarganegaraan secara umum.

Tujuannya yaitu untuk memberikan pendidikan untuk semua warga Negara, agar dapat menjadi warga Negara yang baik dan juga terlukis di setiap somantri yang ada.

Tentunya pendidikan kewarganegaraan memiliki peranan yang penting, untuk memberikan pengajaran mengenai pancasila.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Ahli

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Ahli

1. Branson

Diantaran banyak tujuan pendidikan, Branson mengemukakan pendapat bahwa tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah

Dengan keikutsertaan yang memiliki tanggungjawab. Bahkan selain itu, hal ini juga menyangkut dengan mutu yang berkualitas dalam kehidupan masyarakat maupun politik. Bukan hanya lokal saja, namun juga mencakup Negara bagian dan nasional.


2. Djahiri

Djahiri juga menyampaikan pendapatnya, mengenai pengertian dari pendidikan kewarganegaraan adalah,

Bahwa hakikat dan tujuan pendidikan kewarganegaraan juga memiliki dua tujuan yang utama. Kedua tujuan tersebut yaitu tujuan yang dibuat secara umum dan juga secara khusus.

3. Depdiknas

Menurut depdiknas,

Bahwa pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan dimana dijadikan sebagai sebuah pembelajaran.

Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan sebuah kompensasi yang ada. Kamu dapat menerapkan dan mengerti mengenai tujuan yang dimiliki oleh pendidikan kewarganegaraan yang satu ini, dan sudah dijelaskan oleh depdiknas.

4. Sapriya

Sapriya juga menjelaskan,

Bahwa pendidikan kewarganegaraan juga memiliki tujuan.

Dimana tujuan tersebut merupakan sebuah ikutsertaan yang rasional. Kamu juga harus mengetahui, bahwa tujuan tersebut juga merupakan tanggung jawab yang ada di dalam kehidupan untuk berpolitik dari seorang warga Negara yang memang patuh untuk semua nilai dan prinsip yang ada.

Bahkan semua nilai dan prinsip tersebut, juga terdapat dalam kehidupan berpolitik seseorang warga Negara dan juga melibatkan berbagai prinsip demokrasi konstitusi Indonesia yang masih mendasar.

Dengan adanya keikutsertaan tersebut, tentunya kamu juga perlu menguasai beberapa pengetahuan ya.

Hal ini juga termasuk dengan kecakapan intelektual dan ikut serta.

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan

Apakah kamu tahu apakah fungsi dengan adanya pendidikan kewarganegaraan?

Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan juga memiliki fungsi tersendiri dan sangat penting peranannya untuk Negara dan bangsa.

Fungsi tersebut adalah

Dengan memiliki peran serta, untuk memberikan suatu pengajaran yang ada.

Pastinya pengajaran tersebut, juga masih menyangkut dengan tujuan pancasila.

Bukan hanya pancasila saja, namun sesuai dengan namanya masih menyangkut dengan kewarganegaraan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan juga berbangsa.

Untuk mengetahui lebih lanjut fungsi dari pendidikan kewarganegaraan, berikut ini adlaah fungsi yang dapat kamu ketahui:

1. Mendorong generasi penerus

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Mendorong generasi penerus

Selalu mendorong generasi penerus, agar tetap mendapatkan sebuah pemahaman.

Hal ini juga masih terkait dengan cita-cita nasional dan juga tujuan yang dimiliki oleh Negara.

Fungsinya juga tetap berfokus, dengan bagaimana cita-cita nasional dapat sejalan dengan cita-cita yang juga dimiliki oleh Negara.

2. Cepat dalam pembuatan keputusan

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Cepat dalam pembuatan keputusan

Agar lebih cepat dalam pembuatan sebuah keputusan yang dibutuhkan, penting dan selau bertanggungjawab untuk dapat ikut dalam penyelesaian individu maupun masyarakat.

Pembuatan sebuah keputusan, tentunya merupakan hal yang penting dalam menentukan sikap yang ada dan benar di masyarakat.

3. Apresiasi cita-cita nasional

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Apresiasi cita-cita nasional

Dapat memberikan apresiasi terhadap cita-cita nasional yang ada, dan juga ikut dalam pengambilan keputusan-keputusan yang memang cerdas dan benar.

4. Sarana menciptakan warga negara berkualitas

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Sarana menciptakan warga negara berkualitas

Dijadikan sebagai salah satu sarana, guna untuk menciptakan warga Negara yang memiliki kecerdasan, keterampilan dan juga memiliki karakteristik setiap untuk bangsa dan negaranya.

Hal ini juga dilakukan guna untuk mewujudkan dirinya dalam kebiasaan untuk berpikir maupun untuk berperilaku yang sejalan dan juga dapat amanah dengan pancasila dan juga UUD 1945.

Dalam hal ini hakikat dan tujuan pendidikan kewarganegaraan, merupakan salah satu hal yang wajib untuk kmau ketahui loh.

Kamu juga harus dapat memahami betul, bagaimana makna dan tujuan yang tersirat dalam halkikat dan tujuan adanya pendidikan kewarganegaraan tersebut.

Merupakan hal yang cukup penting, karena untuk melatih semua warganya mengetahui tata cara mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar