Rangkuman Globalisasi

 

Secara tidak sadar, kamu semua pastinya pernah mendengar kata globalisasi bukan? Apalagi kita saat ini sedang berada di zaman Era-Globalisasi.

Lalu apa sih sebenarnya globalisasi itu? Apa ada pendapat ahli tentang globalisasi? Lalu dampak apa yang ditimbulkan dari globalisasi?

Nah, yuk simak pembahasan lengkap globalisasi berikut.

 

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian globalisasi secara umum adalah,

Proses mendunia atau menyeluruh bagi semua orang dengan tidak mengenal atau bahkan tidak terikat oleh beberapa batas wilayah negara bagi semua orang.

Arti lainnya adalah semua orang bisa dengan leluasa berhubungan serta boleh bertukar sejumlah informasi apa pun, kapan pun dan juga di mana pun melalui berbagai media baik media cetak maupun media elektronik.

Pada intinya, globalisasi ini bisa membuat berbagai negara yang jauh lebih kecil khususnya ada kemudahan banyak komunikasi antar negara di beragam bidang.

Baik membentuk seluruh kehidupan baru yang jauh lebih bersatu karena tidak adanya sekat antara sejumlah batas baik geografi, budaya maupun ekonomi.

Maka dari itu, tidak heran jika sebuah globalisasi ini juga dianggap sebuah jalan pertukaran budaya dan juga adanya hubungan dari sosial ekonomi tanpa harus memandang sejumlah status sosial.

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui apa arti atau pengertian dari globalisasi, maka yang perlu Anda ketahui adalah pengertian globalisasi menurut para ahli sebagai berikut ini:

1. Menurut Selo Soemardjan

Adalah sebuah proses pembentukan sistem organisasi dan komunikasi diantara masyarakat yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk mengikuti sejumlah sistem serta kaidah tertentu yang sama. Bisa diambil contohnya adalah terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2. Menurut AchmadSuparman

Adalah sebuah proses yang mampu menjadikan sebuah benda maupun sejumlah perilaku sebagai salah satu ciri khas dari masing-masing individu yang ada di seluruh dunia tanpa adanya batasan wilayah tertentu.

3. Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Adalah sebuah proses yang mampu mencakup sejumlah penyebab, kasus serta konsekuensi dari integrasi transnational dan juga transcultural dari sejumlah aktivitas baik manusia maupun non manusia.

4. Menurut Scholte

Adalah perkembangan hubungan internasional. Maksudnya adalah seluruh negara pastinya akan mempertahankan sejumlah identitas mereka masing-masing. Namun, hal ini tetap menjadi ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya.

 

Teori Globalisasi

Teori Globalisasi

Selain beberapa pengertian dari globalisasi menurut sejumlah tokoh, masih ada beberapa tokoh lain yang memiliki pendapat serta pengertian yang berbeda-beda.

Selain paham akan apa pengertian secara umum, kemudian bagaimana pengertian yang diungkapkan oleh beberapa tokoh. M

aka kamu juga harus mampu untuk memahami apa sajakah teori yang menyebabkan hal ini terjadi.

Menurut Cochrane dan juga Pain mengungkapkan bahwa globalisasi memiliki beberapa pengaruh dari 3 pelaku utama. Untuk beberapa pelakunya adalah:

1. Para Globalis

Merupakan seseorang yang percaya bahwa sebuah sistem global ini adalah sebuah kenyataan yang akan mengandung salah satu konsekuensi yang nyata terhadap bagaimana orang maupun lembaga yang ada di berbagai belahan dunia bisa berjalan dan berkembang.

2. Para Tradisionalis.

Merupakan sejumlah kumpulan orang yang tidak percaya bahwa era global ini sedang terjadi. Bahkan mereka hanya menganggap bahwa di era global ini merupakan mitos dan sesuatu yang sedang dilebih-lebihkan.

3. Para Transformalis

Merupakan sekumpulan orang yang berada di tengah-tengah atau sekumpulan orang yang sifatnya netral. Jadi, mereka berada diantara para globalis dan juga tradisionalis.

Mereka pun percaya bahwa era global yang saat ini sedang berlangsung, akan tetapi mereka juga menganggap bahwa era global ini juga dipengaruhi oleh para globalis.

 

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-Ciri Globalisasi

Adapun sejumlah ciri-ciri yang perlu kamu ketahui dari era global ini. Nah, beberapa ciri-ciri yang bisa kamu lihat sendiri sebagai berikut ini:

  • Penggunaan sebuah teknologi komunikasi yang telah mempermudah siapa pun dalam berinteraksi antar sesama. Bahkan komunikasi ini tidak akan dibatasi oleh ruang waktu bahkan jarak.
  • Sejumlah perekonomian di seluruh dunia bisa menjadi saling ketergantungan.
  • Ada begitu banyaknya informasi dan juga beberapa perkembangan terbaru yang bisa diperoleh dengan mudah melalui media.
  • Adanya peningkatan sejumlah masalah sosial yang menjadi sebuah perhatian pokok utama.

 

Proses Globalisasi

Proses Globalisasi

Sejumlah proses globalisasi tidak boleh sampai Anda lewatkan karena ada beberapa proses yang mendorong mengapa di Indonesia, era global sudah berkembang dengan cukup pesat. Beberapa proses singkatnya yaitu:

  • Tahapan pertama, dimulai dengan manusia yang mulai mengenal perdagangan secara internasional. Ada begitu banyaknya penukaran informasi dan transfer budaya sehingga membuat era global di Indonesia bisa berkembang dengan cukup pesat.
  • Tahap kedua, adalah adanya penyebaran agama serta adanya transformasi dari ilmu pengetahuan. Bukan hanya pembentukan jaringan di dalam sebuah perdagangan saja. Beberapa umat Muslim juga menyebarkan agama melalui perdagangan.
  • Tahap ketiga, adalah adanya perkembangan industri dan juga teknologi.
  • Tahap keempat, adalah perkembangan dari pasar bebas.

 

Faktor Pendorong Globalisasi

Faktor Pendorong Globalisasi

Apa sejumlah faktor yang mampu mendorong era global seperti ini bisa berkembang? Masuknya perkembangan dalam dunia teknologi, informasi dan juga transportasi.

Selain itu, adanya sebuah kerjasama antara ekonomi Internasional juga memungkinkan era global ini selalu terjadi.

Adanya kemudahan dalam melakukan pengiriman barang dan juga jasa bisa membuat perkembangan era global ini bisa berkembang pesat.

 

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Akan ada banyak dampak yang terjadi ketika era globalisasi ini sudah berkembang dengan cukup pesat. Beberapa contoh dampaknya bisa diperoleh dalam beberapa hal yang positif seperti:

1. Dampak dalam Bidang Politik

Untuk dampak positif di dalam bidang politik adalah adanya kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara. Hubungan komunikasi antar negara pun bisa terjalin dengan baik dan mampu meningkatkan sikap toleransi dan cosmopolitan pada seluruh masyarakat di dunia.

2. Dampak dalam Bidang Ekonomi

Untuk dampak positif di dalam bidang ekonomi adalah peningkatan hubungan antar negara khususnya di sektor ekonomi, adanya kemudahan transaksi secara online baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

3. Dampak dalam Bidang Pendidikan

Untuk dampak positif di dalam bidang pendidikan adalah pengembangan ilmu pengetahuan yang cukup pesat, penyebaran informasi yang bisa diperoleh dengan cepat dan juga mudah.

 

Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Negatif Globalisasi

1. Dampak dalam Bidang Politik

Untuk dampak negatif di dalam bidang politik adalah terjadinya tindakan kriminalitas yang semakin meningkat karena meniru beberapa negara lain.

Masuknya sejumlah paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara sehingga membuat terjadinya berbagai konflik yang terjadi pada masyarakat.

2. Dampak dalam Bidang Ekonomi

Untuk dampak negatif di dalam bidang ekonomi adalah masyarakat yang lebih konsumtif dan kehilangan kreativitas karena mengikuti trend luar negeri.

Masyarakat juga terpengaruh sejumlah budaya negara lain sehingga budaya sendiri semakin pudar.

3. Dampak dalam Bidang Pendidikan

Untuk dampak negatif di dalam bidang pendidikan adalah adanya berbagai informasi bohong atau hoax dan menimbulkan perpecahan.

Adanya kesenjangan sosial di masyarakat karena mereka berusaha merasa lebih baik di sekitarnya.

Itulah sejumlah penjelasan singkat tentang globalisasi. Mulai dari pengertiannya, penyebabnya, apa dampak yang ditimbulkan, proses era global, dan lain sebagainya.

Gimana udah paham kan? Sekarang tergantung kamu aja, mau dapat dampak postif atau justru malah ke dampak negatifnya?

 

Tinggalkan komentar