Fungsi Pemilu

Pemilu, jika dengar istilah tersebut pasti yang terlintas dipikiran kamu merupakan proses pemilihan pemimpin yang nantinya akan memimpin negeri ini.

Tapi, apa kamu tau? Bahwa fungsi pemilu tidak hanya itu loh, ada banyak fungsi pemilu lainnya.

Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Rakyat menjadi pengawas pemerintah

fungsi pemilu Rakyat menjadi pengawas pemerintah

Fungsi pemilu yang pertama ialah menjadikan rakyat sebagai pengawas pemerintah. Jadi, ketika rakyat memilih wakilnya maka rakyat juga berperan untuk mengawasi jalannya pemerintahan tersebut.

 

2. Sebagai pendidikan politik yang transparan

fungsi pemilu Sebagai pendidikan politik yang transparan

Fungsi pemilu berikutnya ialah dapat dijadikan sebagai suatu pendidikan politik yang transparan. Jadi, hasil pemilu bisa langsung diketahui oleh rakyat. Di samping transparan, penyelenggaraan pemilu harus senantiasa langsung, rahasia dan tidak boleh dipaksakan.

 

3. Sebagai gerbang aspirasi rakyat

fungsi pemilu Sebagai gerbang aspirasi rakyat

Sarana atau gerbang aspirasi rakyat merupakan fungsi pemilu berikutnya yang bisa kamu tahu. Jadi, pemilu memiliki fungsi sebagai gerbang asiprasi bagi rakyat untuk menyampaikan suara, opini atau pendapat terkait pilihannya dengan bebas.

 

4. Mempermudah pembangunan negara

fungsi pemilu Mempermudah pembangunan negara

Tahukah kamu bahwa fungsi pemilu berikutnya yang bisa kamu ketahui ialah untuk mempermudah pembangunan dalam suatu negara. Pembangunan akan menjadi lebih mudah diatur serta direncanakan pada poin-poin yang baik untuk masa yang akan dating melalui siding paripurna wakil rakyat dan sebagainya.

 

5. Memberikan rakyat wewenang pengubah kebijakan

fungsi pemilu memberi rakyat wewenang pengubah kebijakan

Fungsi pemilu berikutnya yang perlu kamu tahu ialah dapat dijadikan sebagai wewenang rakyat guna mengubah kebijakan.

Jadi, dengan adanya pemilu maka rakyat akan diberikan wewenang guna mengubah kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah apabila rakyat telah merasakan ketidakpuasan atas kinerja pemerintah.

 

6. Mewujudkan masyarakat yang aman

fungsi pemilu mewujudkan masyarakat yang aman

Selanjutnya, fungsi pemilu yang bisa kamu ketahui ialah dapat mewujudkan masyarakat yang aman. Selain itu fungsi lainnya dari pemilu adalah untuk menciptkan masyarakat yang damai dna nyaman tanpa harus ada pertikaian maupun perselisihan.

 

7. Mengganti dan mengubah elit politik

fungsi pemilu mengganti elit politik

Beikutnya, fungsi pemilu yang bisa kamu ketahui adalah untuk mengganti maupun mengubah elit-elit politik yang ada. Pemilihan umum tersebut dapat menggantikan elit-elit politik yang ada dengan mekansime yang lebih baru melalui rakyat.

 

8. Sebagai pilihan murni dari rakyat

fungsi pemilu sebagai murni pilihan rakyat

Tahukah kamu bahwa fungsi pemilu terakhir yang bisa kamu ketahui selanjutnya ialah dapat dijadikan sebagai pilihan murni yang berasal dari rakyat. Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan pilihan murni dari rakyat tersebut?

Jadi, guys pilihan murni dari rakyat merupakan pilihan yang berasal dari hati nurani rakyat, tanpa adanya paksaan maupun permintaan dan ditunggangi oleh oknum tertentu.

Sejatinya, pilihan murni dari rakyat akan menghadirkan suatu bentuk pemerintahan yang sesuai dengan keinginan rakyat itu sendiri.

Dengan demikian, fungsi pemilu tersebut akan mampu mewujudkan negara yang aman, damai dan tentram.

Sebagai seorang warga negara yang menganut sistem demokrasi, tentu kamu harus ikut serta untuk melaksanakan pemilihan umum.

Kamu perlu memilih wakil rakyat sesuai dengan hati nurani kamu. Dengan demikian, fungsi pemilu akan terwujud dengan sebaik-baiknya. Bayangkan saja betapa indahnya Indonesia apabila semua dinamika politik berjalan dengan damai. Setuju?

Tinggalkan komentar