Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Kamu pasti tau kan apa itu Pancasila?

Nah, kamu sendiri tau Pancasila itu apa sih? Dasar Negara?

Ternyata Pancasila juga punya fungsi loh, selain jadi dasar negara, Pancasila juga memiliki fungsi sebagai ideologi negara.

Buat kamu yang penasaran penjelasan lengkap fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, kamu bisa simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Pemersatu Bangsa

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara sebagai pemersatu bangsa

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara yang pertama ialah dapat dijadikan sebagai pemersatu bangsa. Jadi, Pancasila bukan hanya sekadar lima buah kalimat dengan menggunakan logo burung garuda saja.

Akan tetapi, Pancasila adalah suatu filosofi yang mulia serta berkaitan dengan kemana arah tujuan bangsa ini.

Indonesia adalah negara yang memiliki begitu banyak penduduk. Terdapat kurang lebih 266,91 juta jiwa. Hal tersebut berarti bahwa dalam negara ini terdapat begitu banyak pola pikir.

Apabila pola pikir tersebut tidak disatukan maka bisa kamu bayangkan guys betapa kacaunya negara ini. Tentu akan terjadi yang namanya disentregasi nasional yang melanda bangsa ini.

Alasan tersebutlah yang kemudian menjadi dasar bahwa Pancasila dijadikan sebagai ideologi negara. Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara mengacu pada nilai pemersatu bangsa.

Khususnya adalah sila ketiga Pancasila yang memuat persatuan Indonesia. Sila ketiga Pancasila tersebut senantiasa mengarahkan seluruh penduduk untuk senantiasa mengutamakan persatuan bangsa.

 

Pembimbing Bangsa

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara sebagai Pembimbing Bangsa

Tahukah kamu bahwa fungsi Pancasila sebagai ideologi negara berikutnya yang bisa kamu ketahui ialah sebagai pembimbing bangsa.

Hal ini berangkat dari sebuah pernyataan lama yang menyatakan bahwa Pancasila sudah ada sejak zaman kemerdekaan bangsa ini. Keberadaan Pancasila diketahui mampu mempersatukan bangsa yang telah tercerai-berai pasca masa penjajahan.

Selain menjadi pemersatu bangsa, Pancasila juga mempunyai fungsi turunan lainnya di antaranya adalah sebagai pembimbing bangsa.

Soerdjanto Poespowardjojo yang merupakan seorang ahli dalam bidang politik Indonesia mengungkapkan bahwa fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dijadikan sebagai suatu norma pedoman bagi suatu negara untuk bekal pencarian identitas negaranya tersebut.

Jadi, kamu tentu bisa menyimpulkannya ya guys bahwa Pancasila merupakan suatu pembimbing bagi bangsa tercinta ini.

Fungsi pembimbing bangsa akan menjawab pertanyaan terkait mau dibawa kemana arah dan tujuan bangsa ini dalam kaitannya dengan mengelola dan mengisi kemerdekaanya. Kamu juga harus senantiasa berpedoman pada Pancasila dalam mengambil sikap bagi negara ini.

 

Pemberi Tekad

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara sebagai pemberi tekad

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara selanjutnya yang wajib kamu ketahui ialah dapat dijadikan sebagai pemberi tekad. Saat suatu bangsa khususnya Indonesia sudah menentukan ideologinya, maka ideologi tersebut harus senantiasa mampu untuk memberikan tekad maupun semangat bagi bangsa Indonesia untuk berjalan ke arah yang lebih baik.

Ahli ilmu politik negara ini yakni Soerdjanto Poespowardjojo menjelaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa ini harus senantiasa memberikan tekad maupun semangat juang yang tinggi terutama untuk dapat menggapai cita-cita bangsa. Cita-cita bangsa itu sendiri akan terwujud seiring dengan terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Pancasila sejatinya dapat menjaga serta melakukan pengembangan terkait identitas bangsa. Adapun yang dimaksud dengan pengembangan identitas bangsa ialah pengembangan karakter bangsa ini yang mana dimulai dari tiap-tiap penduduknya.

Jadi, tiap-tiap penduduk bangsa ini diharapkan memiliki nilai-nilai Pancasila dalam benaknya. Lantas, sudahkah kamu memiliki nilai-nilai Pancasila tersebut?

 

Kontrol Sosial

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara sebagai kontrol sosial

Selanjutnya, fungsi Pancasila sebagai ideologi negara ialah dapat dijadikan sebagai kontrol sosial. Dalam kaitannya dengan kekuasaan dalam suatu negara, sejatinya pemerintah tidak boleh berlaku sewenang-wenang terhadap warganya terutama bagi bangsa ini yang mana wakil rakyat dipilih oleh rakyat.

Jadi, jangan sampai merasa semena-mena kepada rakyat yang memilihmu sebagai wakilnya, ya!

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara yakni berupa kontrol sosial diharapkan mampu untuk menyoroti realita pelaksanaan Pancasila yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Maksud dari menyoroti realita disini juga erat kaitannya dengan urusan pemerintahan. Pancasila yang mempunyai fungsi kontrol sosial diharapkan bisa untuk mengkritisi tiap-tiap upaya dalam perwujudan cita-cita bangsa.

Di samping itu, fungsi Pancasila sebagai ideologi negara terutama kontrol sosial juga diharapkan mampu untuk menjadi ukuran dalam hal menyampaikan kritik maupun saran terkait kondisi dan situasi bangsa ini.

Jadi, jika suatu saat nanti terjadi hal-hal atau kejadian yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maka kamu pun bisa mengembalikannya dengan baik. Lantas bagaimana jika tidak bisa dikembalikan?

Apabila hal-hal yang bertentangan dengan Pancasila tersebut tidak bisa dikembalikan pada nilai-nilai yang ada di Pancasila, maka sebaiknya hal-hal tersebut dimusnahkan saja. Mengapa demikian?

Sebab, jika hal-hal yang bertentangan dengan Pancasila tersebut tidak langsung dimusnahkan maka dikhawatirkan akan menjadi boomerang bagi bangsa ini.

 

Dasar Pengetahuan

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara sebagai dasar ilmu pengetahuan

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara yang perlu kamu tahu selanjutnya ialah dapat dijadikan sebagai suatu dasar pengetahuan.

Tahukah kamu guys, bahwa sebenarnya pengetahuan itu sendiri terdiri atas dua jenis yakni pengetahuan yang baik dan pengetahuan yang buruk. Beradasrkan hal tersebut, dalam berkehidupan sehari-hari kamu tentu harus memiliki suatu dasar pengetahuan.

Dalam berkehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan kehidupan bernegara, kamu tentu harus memegang Pancasila sebagai dasar pengetahuan.

Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara berupa dasar pengetahuan guna dapat memahami tiap-tiap kejadian maupun peristiwa yang ada di sekitar kamu, guys!

Jadi, dengan adanya dasar pengetahuan tentu kamu akan bisa menjadi manusia yang lebih bijak lagi dalam bertindak maupun bertutur kata.

Jika kamu mendapati ada tindakan maupun tutur katamu yang sedikit menyimpang, tentu kamu bisa meluruskannya sendiri.

 

Pengarah Bangsa

Terakhir, fungsi Pancasila sebagai ideologi negara ialah dapat dijadikan sebagai pengarah bangsa. Tahukah kamu apa sih yang dimaksud dengan fungsi Pancasila sebagai pengarah bangsa?

Jadi, yang dimaksud dengan fungsi Pancasila sebagai pengarah bangsa ialah Pancasila senantiasa dapat memberikan gambaran terkait cita-cita yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Selain itu, Pancasila sebagai pengarah bangsa juga bisa dijadikan sebagai penggerak komponen bangsa untuk bisa melaksanakan pembangunan nasional demi negara yang lebih baik.

Informasi terkait fungsi Pancasila sebagai ideologi negara tersebut sekiranya dapat menambahkan wawasan serta ilmu pengetahuan kepada kamu terutama yang sedang membutuhkan informasi terkait ideologi negara ini. Semoga bermanfaat, ya guys!

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar