Contoh Penerapan Nilai- Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tahukah kamu bahwa sejatinya, nilai-nilai Pancasila begitu baik untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Tiap-tiap sila dalam Pancasila pun memiliki keistimewaan tersendiri yang apabila digabungkan bisa digunakan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Lalu, gimana sih cara kamu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari? 

Kamu  bisa simak nih beberapa contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

 

Penerapan Sila Pertama Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menerapkan sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan hal yang wajib kamu lakukan demi mewujudkan usaha dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Terlebih lagi makna sila pertama Pancasila tersebut sejatinya merupakan suatu dasar bagi manusia khususnya dalam hal spiritual. 

Lantas, apa saja sih contoh penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan? 

 

1. Mempercayai keberadaan Tuhan 

Penerapan Sila Pertama Pancasila mempercayai keberadaan tuhan

Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama sila pertama ialah dengan mempercayai keberadaan Tuhan.

Kamu bisa mengamalkan nilai Pancasila tersebut dengan memeprcayai serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang kamu percaya.

 

2. Saling menghormati antar umat beragama

Penerapan Sila Pertama Pancasila menghormati sesama umat beragama

Contoh penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ialah dengan saling menghormati antar sesama agama.

Kamu harus senantiasa menjaga maupun menghormati serta melakukan kerjasama dengan baik antara pemeluk-pemeluk agama yang berbeda.

Kamu harus senantiasa menghormati kebebasan dalam hal menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

 

3. Memiliki sikap toleransi antar umat beragama

penerapan sila pertama panncasilaMemiliki sikap toleransi antar umat beragama

Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari berikutnya ialah dengan memiliki sikap toleransi antar umat beragama.

Dalam hal ini, kamu sebaiknya jangan memaksakan agamamu bagi orang lain. Biarlah orang tersebut memeluk agamanya dengan keyakinannya sendiri.

Kamu juga tidak boleh rasis dalam menilai agama bahwa agamamu lebih baik dari agama lainnya. Karena sejatinya semua agama itu baik. 

 

Penerapan Sila Kedua Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sila yang kedua dari Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Kamu bisa menerapkan sila kedua Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi mengingat bahwa manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain.

Lalu, apa saja sih penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan?

 

1. Menjaga kelestarian alam 

Penerapan Sila Kedua Pancasila menjaga kelestarian alam

Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila kedua ialah dengan menjaga kelestarian alam sekitarmu.

Jadi, sila kedua Pancasila pada hakikatnya bukan hanya sekadar menyoal hubungan manusia dengan manusia lainnya melainkan juga hubungan manusia dengan alam sekitar.

Kamu bisa menjaga kelesetarian alam sekitar dengan menjaga agar tumbuh-tumbuhan agar tetap dapat hidup dengan baik, mengadakan gerakan penghijauan lingkungan sekitarmu serta dengan mengadakan pengendalian tingkat polusi udara agar udara yang dihirup senantiasa tetap sehat dan bersih. 

 

2. Mengakui persamaan hak dan kewajiban 

Penerapan Sila Kedua Pancasila Mengakui persamaan hak dan kewajiban 

Penerapan sila kedua Pancasila yang bisa kamu terapkan dalam berkehidupan sehari-hari ialah dengan mengakui adanya persamaan hak maupun kewajiban antar sesama manusia.

Seperti halnya dalam bidang hukum. Kamu wajib mengakui adanya persamaan derajat di mata hukum. Tidak ada yang membedakan antar manusia khususnya sebagai warga negara hukum. Semuanya sama. 

 

3. Tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain

Penerapan Sila Kedua Pancasila Tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain

Contoh penerapan sila kedua Pancasila selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Kamu harus bisa memanusiakan manusia. Jangan berbuat semaumu dalam berkehidupan sehari-hari, ya guys! Kamu harus mencintai dan menyayangi antar sesama manusia. 

 

Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sila ketiga Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia. Dalam sila tersebut terkandung nilai-nilai persatuan bangsa Indonesia.

Demi menjaga persatuan bangsa ini, kamu tentu harus turut serta berpartisipasi untuk membela maupun menjunjung tinggi sifat patriotisme.

Adapun hal-hal yang bisa kamu terapkan dari sila ketiga Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari di antaranya ialah sebagai berikut.

 

1. Melindungi sumber daya

Penerapan Sila Kedua Pancasila Melindungi sumber daya

Hal pertama yang bisa kamu terapkan dari sila ketiga Pancasila ialah dengan melindungi sumber daya yang ada. Kamu bisa mengembangkan tata nilai tradisional dengan cara mengikuti pendidikan maupun pelatihan guna melindungi sumber daya dan lingkungannya. 

 

2. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa

Penerapan Sila Kedua Pancasila Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa

Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Kamu harus senantiasa menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun keperningan golongan. Dalam hal ini kamu harus menghindari sifat egois. 

 

3. Bangga menggunakan Bahasa Indonesia 

Penerapan Sila Kedua Pancasila Bangga menggunakan Bahasa Indonesia 

Contoh penerapan dari nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan berikutnya ialah dengan menanamkan rasa bangga ketika menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.

Hal tersebut juga merupakan suatu wujud dari kecintaan kamu terhadap tanah air Indonesia. 

 

Penerapan Sila Keempat Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tahukah kamu bahwa sila keempat Pancasila yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan memiliki kandungan nilai kerakyatan. Pada sila ini juga bisa kamu ketahui bahwa kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat. 

Adapun contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sila keempat tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

 

1. Mengutamakan musyawarah mufakat 

penerapan pancasila sila keempat Mengutamakan musyawarah mufakat 

Hal pertama yang perlu kamu terapkan berdasarkan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ialah mengutamakan keputusan dengan cara musyawarah atau musyawarah mufakat.

Jadi, untuk menyelesaikan segala permasalahan dalam kehidupan sudah sewajarnya kamu melakukan musyawarah terlebih dahulu. 

 

2. Ikut serta dalam pemilihan umum 

Penerapan Sila keempat Pancasila mengikuti pemilu

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ialah ikut serta dalam pemilihan umum.

Selain itu, kamu juga bisa mengaka orang lain untuk turut serta dalam menggunakan hak pilihnya. 

 

3. Ikut mengawasi jalannya pemerintahan 

penerapan pancasila sila keempat Ikut mengawasi jalannya pemerintahan

Contoh penerapan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan berikutnya ialah dengan turut serta untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Kamu bisa memberikan kritik maupun saran yang membangun bagi lembaga pemerintahan. 

 

Penerapan Sila Kelima Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perlu kamu ketahui bahwa sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia ini memiliki kandungan nilai-nilai keadilan. Contoh penerapan sila kelima tersebut dalam kehidupan sehari-hari di antaranya sebagai berikut.

 

1. Meningkatkan kepekaan sosial 

penerapan pancasila sila kelima meningkatkan kepekaan sosial

Penerapan sila kelima Pancasila yang bisa dengan mudah kamu lakukan adalah senantiasa meningkatkan kepekaan sosial dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu sesama seperti halnya bakti sosial, donor darah dan sebagainya. 

 

2. Bertindak adil 

Penerapan Sila kelima Pancasila Bertindak adil 

Bertindak adil adalah perilaku berikutnya yang bisa kamu lakukan. Kamu harus senantiasa bertindak adil dalam segala aktivitas yang kamu lakukan. 

 

3. Menghargai suatu karya

Penerapan Sila kelima Pancasila Menghargai suatu karya

Menghargai suatu karya juga merupakan salah satu penerapan sila kelima Pancasila yang perlu kamu lakukan. Di samping mengharga karya seseorang, kamu juga perlu menghargai karyamu sendiri. 

Demi mewujudkan Indonesia yang baik serta mencapai tujuan berbangsa, maka sudah selayaknya kamu ikut berpartisipasi.

Caranya adalah dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menerapkan hal-hal tersebut melalui cara-cara yang sederhana. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar