10 Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya

Contoh Paragraf Narasi Singkat – Dalam  mata pelajaran #Bahasa Indonesia kita mengenal adanya jenis – jenis paragraf, salah satunya adalah paragraf narasi.

Paragraf narasi merupakan salah satu dari beberapa jenis paragaf seperti paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, dan paragraf persuasi. Pengertian paragraf narasi sendiri merupakan sebuah karangan yang menceritakan kisah dalam runtutan waktu tertentu.

Paragraf narasi ini berguna untuk menandai topik baru, atau mengembangkan lebih lanjut topik sebelumnya dan menambahkan peristiwa penting suapaya lebih rinci.

Mungkin kalau sudah paham mengenai pengertian paragraf narasi lebih baik kita kasih contoh paragraf narasi singkat supaya lebih jelas lagi.

 

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Berikut ini ada beberapa contoh paragraf narasi singkat yang sudah kami kumpulkan untuk kalian, seperti :

1. Ariel

Pergilah Ariel ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

 

2. Menjadi pahlawan

Di sebuah kota Z, hiduplah seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan. Pada suatu hari ia menolong seorang anak kecil yang akan dibunuh oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat tersebut namun akhirnya menang. Karena semakin bersemangat menjadi pahlawan, ia berlatih dengan 100x push up, 100x squat jump, 100x sit up dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya dia bisa menjadi orang yang sangat kuat.

Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi pahlawan yang kuat setelah menolong seorang anak kecil yang hendak dibunuh oleh penjahat. Setelah melewati latihan yang keras, pada akhirnya ia berhasil menjadi orang yang sangat kuat untuk menjadi pahlawan.

 

3. Elsa mencari kayu bakar di hutan

Di suatu pagi yang sangat cerah, Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, ia tak sendirian karena ia pergi bersama sang Kakek. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.

Cerita diatas mengisahkan Elsa yang baru pertama kali mencari kayu bakar di hutan bersama kakeknya, karena merasa asing dengan suasana hutan ia jadi merasa takut.

 

4. Safira dan Safria

Di sebuah hutan, hiduplah 2 orang anak kembar yatim-piatu yang bernama Safira dan Safria. mereka tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Safira dan Safria pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai aanak angkatnya.

Contoh diatas menceritakan 2 orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, Saat mereka berburu di hutan mereka bertemu dengan saudagar kaya yang kebetulan sedang berburu. Akhirnya mereka kerumah saudagar dan dijadikan anak angkatnya.

5. Anak yatim yang mandiri

Hari serasa Senin menjadi hari yang sangat berat bagiku, aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Membantu keluarga memang tugasku, terlebih setelah ayahku meninggal aku harus lebih bekerja keras entah di Sekolah maupun dirumah. Namun demi Ibu ku setiap hari akan kulakukan.

Contoh diatas menceritakan seorang anak yang rela bekerja keras demi Ibunya setelah Ayahnya meninggal walau sesibuk apapun dia.

 

6. Ulang tahun Nika

Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.

 

7. Novel Habibie dan Ainun

Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun, cina sejati antara Habibie untuk Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan seorang Habibie yang tak lain adalah suami tercinta Ainun.

Sala satu jenis paragraf Narasi sugesti dimana menceritakan kisah Habibie Ainun dalam Novel terkenalnya.

 

8. Insinyur Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.

Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

9. Hari minggu yang melelahkan

Hari minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku.

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

 

10. Sekolahku

Di sekolah ku, dikelilingi oleh berbagai macam tanaman .seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni .begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali.

Sambil menikmati keindahan mading ,siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

 

Beberapa contoh paragraf narasi singkat diatas semoga menjawab pertanyaan teman-teman yang sedang mencari tentang contoh paragraf narasi. Jika masih kurang silahkan berkomentar ya.

Satu pemikiran pada “10 Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Penjelasan Lengkapnya

Tinggalkan komentar