Contoh Nilai Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan jadi salah satu nilai yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari – hari.

Aspek ini juga ada dalam seluruh lini kehidupan baik lingkungan keluarga, kerja, rumah, hingga bermasyarakat.

Lalu apa saja sih contoh nilai kemanusiaan itu?

Langsung aja simak beberapa contohnya berikut ini.

 

1.Menjaga Nama Baik Keluarga

Dimanapun kamu berada tentu perlu membawa nama baik keluarga. Baik buruknya nama keluarga tergantung perbuatan yang dilakukan. Jika salah satu anggota keluarga melakukan perbuatan tercela maka anggota keluarga lain turut tercoreng.

Sebab, orang akan menilai perilaku tercela ini sebagai akibat kurangnya pendidikan layak yang diberikan keluarga. Oleh sebab itu, dimanapun kaki mu berpijak jagalah sikap dan perilaku. Sekali tercoreng akan sulit menghapusnya.

 

2. Menghormati Orang Tua

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Keluarga tidak pilih kasih pada keluarga

Menghormati orang tua merupakan contoh nilai kemanusiaan yang wajib diterapkan setiap individu. Terutama saat berada dilingkungan keluarga.

Sejak kecil pasti kamu telah diajarkan bagaimana sikap menghormati orang tua. Cerminannya, individu yang dapat menghormati orang tua pasti dapat menghormati orang lain.

Kamu dapat menunjukkan rasa hormat dengan bertutur kata dan berbuat sopan.

 

3. Patuh Terhadap Nasihat Orang Tua

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Keluarga Saling menghormati dan menyayangi

Setiap anak wajib mematuhi nasihat dari orang tua. Ini merupakan perwujudan rasa hormat dan terimakasih.

Selain itu, setiap nasihat tidak akan menjerumuskan anaknya dan diberikan karena menginginkan hal terbaik. Nasihat adalah bukti adanya kasih sayang dan kepedulian dari orang tua kepada anak.

 

4.Menghormati Orang Lebih Tua

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Keluarga Menghargai ayah sebagai kepala keluarga

Kamu yang berusia muda juga kerap kali diajarkan oleh sekolah dan keluarga untuk hormat pada orang yang lebih tua. Khususnya dalam rangka hidup dilingkungan masyarakat.

Tetapi orang yang lebih tua juga tidak dapat melakukan seenaknya dengan orang lain yang lebih muda.

Pada ajaran nilai kemanusiaan tidak mengenal kaya miskin, semua manusia sama derajatnya. Artinya, setiap individu layak untuk dihargai dan dihormati.

 

5.Tidak Ikut Campur Urusan Orang Lain Berlebihan

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Keluarga Saling menghargai dan memberikan nasehat yang baik

Pada lingkungan masyarakat yang majemuk tentu kadang mengalami permasalahan. Biarkan setiap orang menyelesaikan permasalahan sendiri. Kamu tidak perlu turut campur urusan orang lain secara berlebihan.

Memang nilai kepedulian sangat baik jika diterapkan. Rasa peduli berlebihan justru mengarah ke perilaku ikut campur. Kamu wajib tahu batasan mana peduli dan cukup memberi masukan saja.

 

6.Menegur Secara Halus Apabila Teman Menyimpang

contoh norma hukum

Pergaulan dalam lingkungan pertemanan juga sangat beragam karena disinilah bertemu berbagai sifat individu. Selain itu, antara satu dengan lainnya tidaklah sama.

Kamu harus pandai menyesuaikan diri, tetapi perhatikan juga jika salah satu temanmu berbuat menyimpang atau tidak terpuji.

Dapat memberikannya nasihat agar tahu bagaimana menerapkan nilai kemanusiaan yang benar. Terutama sebelum tindakan tidak terpujinya merugikan orang lain atau masyarakat.

Kamu dapat memberikan contoh nilai kemanusiaan dan memberikan teguran halus.

 

7. Tidak Menyakiti Perasaan Teman

contoh nilai kemanusiaan Tidak Menyakiti Perasaan Teman

Teman merupakan orang terdekat yang selalu ada ketika kita susah dan senang. Oleh sebab itu, dalam lingkaran pertemanan penting untuk menjaga perasaannya. Dalam artian tidak menyinggung ataupun menyakiti perasaan orang lain.

Individu yang memiliki nilai kemanusiaan tahu bagaimana harus mengambil sikap dalam suatu tali pertemanan. Disamping itu, tanamkan pada dirimu bahwa setiap orang berhak diperlakukan secara layak.

Baik dalam pergaulan dilingkungan kerja, rumah, dan sekolah ada baiknya menjaga perasaan teman. Sehingga kamu dapat diterima dan tidak dikucilkan.

Namun, jika dalam lingkungan tersebut ada teman yang berbuat salah sebaiknya disadarkan. Jangan malah menyakitinya atau menyudutkan harga dirina.

 

8.Membantu Teman Dalam Kesulitan

Tidak rugi jika kamu membantu teman yang tengah dalam kesulitan. Justru menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang mulia. Pasalnya, sudah ada niat dalam hati untuk menolong orang lain.

Tetapi setelah menolong orang lain jangan pernah pamrih atau mengharapkan imbalan. Sebaiknya dalam membantu orang harus iklas dan tanpa paksaan.

 

9. Bersikap Sopan

contoh nilai kemanusiaan Bersikap Sopan

Nilai kesopanan sering dijadikan patokan seseorang dalam bergaul. Selain itu, norma kesopanan memang diajarkan dari sekolah dan lingkungan keluarga.

Apabila kamu ingin diterima masyarakat sebaiknya bertutur kata dan bersikaplah dengan sopan.

Berbuat sopan tidak harus memiliki maksud dan tujuan tertentu. Tetapi berbuat sopan mencerminkan bangsa Indonesia yang baik.

Nilai sopan santun juga berpengaruh dalam setiap lini kehidupan kamu. Jangan lupa untuk menempatkan diri sesuai kondisi dan situasi.

 

10. Mengumpulkan Dana Berbela Sungkawa

contoh nilai kemanusiaan Mengumpulkan Dana Berbela Sungkawa

Apabila ada kerabat atau teman yang tengah kehilangan anggota keluarga kamu dapat turut membantunya.

Contoh nilai kemanusiaan yang kamu tunjukkan dengan turut memberi bantuan atau mengumpulkan dana bela sungkawa.

Aktivitas ini juga berdasarkan kemampuan masing-masing individu. Artinya jika kamu tidak dapat menyumbangkan materi, dapat pula menyumbangkan tenaga.

Adapun makna dari berbela sungkawa tidak hanya membantu orang yang meninggal dunia saja. Tetapi kamu dapat menggalang dana untuk membantu korban bencana alam dan kemalangan.

 

11. Menjadi Pendonor Darah

contoh nilai kemanusiaan Menjadi Pendonor Darah

Kini apabila ingin mendonorkan darah tidak perlu repot-repot. Pasalnya sekretarian atau posko Palang Merah Indonesia (PMI) ada di setiap kota.

Kamu dapat membuat kegiatan donor darah ini sebagai contoh nilai kemanusiaan bagi orang lain.

Setetes darah kamu akan berguna kepada orang yang membutuhkan seperti korban kecelakaan atau operasi.

Ketahuilah kegiatan mendonor darah secara rutin juga memiliki efek bagus bagi tubuh. Sebab, sel darah menjadi beregenerasi dan kamu mendapatkan darah baru.

 

12. Mengakui Persamaan Derajat

Mengakui Persamaan Derajat

Semua individu dimata Tuhan dan negara memiliki derajat sama. Meskipun terkadang harus terkotak-kotak karena status ekonomi dan sosial.

Jangan pernah menilai diri sendiri tinggi ataupun memandang rendah orang lain. Setiap warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sama.

 

13. Menanamkan Rasa Cinta Kepada Sesama

Menanamkan Rasa Cinta Kepada Sesama

Mencintai bukan berarti harus ikut campur dalam hidupnya dan harus dekat. Contoh nilai kemanusiaan dari rasa cinta tidak terbata antara laki-laki dengan perempuan ataupun hubungan pertemanan.

Menjadi manusia juga harus belajar mencintai sesama. Dalam hal ini kamu dapat menerapkan nilai-nilai kekeluargaan bagi warga negara satu bangsa dan satu tanah air.

 

14.Ikut Serta Dalam Kegiatan Sosial

organisasi sosial

Tidak peduli berapa pun usia kamu, jangan berhenti mengikuti kegiatan sosial. Terutama dituangkan dalam aktivitas konkrit dengan bakti sosial, menggalang sumbangan, dan menyantuni orang yang kurang mampu.

Tetapi, saat memulai tindakan ini harus dilakukan dengan lapang dada dan tidak mengharapkan balasan. Sebaiknya, ketika melakukan kegiatan sosial juga tidak perlu diekspos ke sosial media secara berlebihan.

Boleh saja mengajak orang lain turut serta, tetapi jangan ada pemaksaan.

 

15. Memperlakukan Orang Lain Sesuai Harkat dan Martabat

Memperlakukan Orang Lain Sesuai Harkat dan MartabatMemperlakukan Orang Lain Sesuai Harkat dan Martabat

Setiap individu memiliki harkat dan martabat masing-masing. Sebagai bentuk penghormatannya kamu harus memperlakukan semua orang secara sama.

Jangan melakukan tindakan semena-mena terhadap orang lain, apalagi orang yang lebih lemah.

 

16. Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia

Lembaga Perlindungan HAM Komnas HAM

Hak asasi manusia merupakan hak yang melekat dan tidak dapat dipisahkan dari manusia sejak lahir hingga meninggal dunia.

Hak asasi inilah harus dijunjung tinggi sebagai contoh nilai kemanusiaan yang eksis dalam hidup bermasyarakat.

Sebagai sesama manusia sangat penting untuk menghormati dan menjunjung hak asasi satu dengan lainnya. Dalam hal ini negara juga mendukung dan berkomitmen dalam melindungi hak asasi manusia.

Bahkan, hal ini tertuang jelas dalam konstitusi negara atau Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Tidak jarang ditemukan berbagai bentuk pelanggaran hak asasi dalam masyarakat. Contohnya membatasi kebebasan berpendapat.

Sementara bukti negara komitmen dalam menjunjung HAM dengan dibentuk Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM). Tujuannya agar dapat mengatasi berbagai pelanggaran terhadap hak asasi manusia di Indonesia.

 

17. Bersikap Tenggang Rasa

makna kerakyatan dan kebijaksanaan

Indonesia merupakan negara yang bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap sama. Keberagaman budaya, suku, agama, ras tidak boleh jadi pembeda dalam bersikap.

Sebagai warga negara yang baik kamu harus menanamkan sikap tenggang rasa. Sikap ini juga dapat dijadikan contoh nilai kemanusiaan bagi orang lain atau dalam bermasyarakat.

 

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar