Contoh Masyarakat Madani

Masyarakat madani bisa dibilang sebagai masyarakat yang beradab, lalu apa sih contoh masyarakat madani itu sendiri?

Langsung aja simak beberapa contohnya berikut ini!

 

Free Publik Sphere

Free Publik Sphere

Contoh masyarakat madani yang paling mudah kamu jumpai di era sosial media sekarang ini adalah adanya free publik sphere.

Artinya, dalam masyarakat harus ada ruang publik yang bebas dan tanpa intervensi dari pihak manapun dan dapat digunakan sebagai sarana untuk mengemukakan opini secara bebas.

Tentu saja bebas yang dimaksud adalah kebebasan yang bertanggung jawab.

Hal ini sesuai dengan kebebasan yang terdapat dalam undang-undang bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk melakukan segala bentuk kegiatan yang dikehendakinya secara merdeka dan berserikat, berkumpul, menyampaikan pendapat, hingga mempublikasikan informasi kepada khalayak umum (publik).

Contoh nyata dari free publik sphere ini adalah adanya media, baik cetak maupun digital, yang menyuarakan informasi kepada publik.

Dengan adanya informasi yang dirilis secara independen oleh media yang ada, masyarakat dapat beropini mengenai hal-hal yang sedang hangat dibahas.

Imbasnya, pemerintahan yang berjalan dapat dikawal dengan adanya pro-kontra berbagai pihak.

 

Demokratisasi

Demokratisasi

Demokratisasi merupakan sebuah proses untuk menuju kehidupan yang berdemokrasi.

Demokrasi sendiri dapat diuraikan sebagai sebuah proses di mana para pengikutnya menyadari akan segala hak dan kewajiban yang dibebankan kepadanya untuk menyuarakan pendapat ataupun mewujudkan keinginannya.

Demokrasi ini adalah salah satu syarat mutlak untuk mewujudkan masyarakat madani.

Pada dasarnya, demokrasi merupakan sebuah identitas masyarakat madani di mana setiap warganya memiliki kebebasan penuh atas apa yang hendak dilakukan.

Tatanan demokrasi yang tersistem dengan baik akan mampu mewujudkan kehidupan yang demokratis dengan masyarakat yang berperilaku santun tanpa membedakan ras, suku maupun agama.

Tata cara serta penjaminan hak-hak asasi manusia dan demokrasi telah tertuang dalam UUD 1945 ataupun undang-undang hasil pembaharuan yang disahkan setelahnya.

Hal ini menjamin kebebasan masyarakat untuk melakukan aktifitas yang diinginkannya secara bebas dan merdeka tanpa tekanan dari pihak manapun.

 

Toleransi

Toleransi beragama Ekumenis

Toleransi meupakan suatu sikap menghormati dan menghargai pendapat serta tindakan orang lain terlepas dari perbedaan latar belakang ras, suku, maupun agama.

Masyarakat yang toleran dan rukun merupakan contoh masyarakat madani yang menunjukkan sikap saling mengerti dan memahami hak-hak orang lain.

Contoh sikap toleransi yang sering berbenturan dan menimbulkan konflik adalah toleransi antar umat beragama. Hal ini wajar mengingat Indonesia yang mengakui adanya 5 agama dalam wilayahnya, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Toleransi antar umat beragama dapat diwujudkan dengan menghormati dan menghargai kepercayaan akan agama masing-masing dan tidak mengganggu peribadatannya.

 

Pluralisme

ciri ideologi terbuka Menjunjung pluralitas

Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke memiliki banyak perbedaan mendasar karena berbagai suku, ras, dan dialek yang berbeda-beda di dalamnya.

Untuk menciptakan tatanan masyarakat madani, perlu adanya pemahaman dan penerapan akan paham pluralisme dalam kehidupan bermasyarakat.

Pluralism dapat diartikan sebagai suatu sikap yang tulus tanpa pamrih untuk mau mengakui, memahami, dan menerima kenyataan bahwa masyarakat yang ada sekarang ini merupakan masyarakat majemuk dengan berbagai latar belakang.

Pemahaman dan penerimaan yang tulus merupakan sebuah wujud akan rahmat yang diturunkan Tuhan mengenai perbedaan.

Contoh pluralisme dapat sering kamu jumpai di kehidupan bermasyarakat di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Para penduduknya berasal dari berbagai etnis dan suku namun tetap hidup secara berdampingan dengan mengabaikan perbedaan yang ada.

Karenanya, penerimaan mengenai pluralisme menuntut seseorang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

 

Keadilan Sosial

ciri ciri masyarakat demokratis Jujur dan adil

Keadilan sosial alias social justice merupakan suatu bentuk keseimbangan antara pembagian hak dan kewajiban seorang individu terhadap lingkungannya.

Keseimbangan ini terwujud dalam pembagian hak dan kewajiban yang proporsional dan meliputi seluruh aspek kehidupan seseorang.

Adanya keadilan sosial tersebut disinyalir mampu meminimalisir adanya monopoli atau pemusatan kelompok masyarakat pada satu aspek kehidupan saja.

Dengan kata lain, segala hal yang terjadi di masyarakat haruslah berimbang dan sama, baik bagi penguasa maupun rakyat biasa. Pembebanan hak dan kewajiban pun dipukul rata tanpa memandang bulu.

Wujud keadilan sosial yang diatur dalam UUD 1945 salah satunya adalah aturan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib untuk ikut serta berpartisipasi dalam upaya bela negara.

Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan tersebut dibuat untuk semua warga Indonesia tanpa pandang bulu. Di sisi lain, negara juga wajib menjamin hak-hak setiap warga negaranya.

 

Supremasi Hukum

tingkat korupsi tinggi

Supremasi hukum adalah upaya yang ditempuh untuk mewujudkan penegakan hukum sebagai posisi tertinggi dalam ketatanegaraan.

Tujuannya adalah untuk melindungi berbagai lapisan masyarakat dari gangguan dan intervensi pihak tak bertanggung jawab, termasuk penyelenggara negara di dalamnya, agar tercipta keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam contoh masyarakat madani, kesadaran hukum telah mengakar dan dijunjung tinggi penerapannya di kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, keamanan dan ketertiban dapat diciptakan dengan kesadaran sendiri. Contoh penerapannya dapat kamu lihat melalui penegakan hukum bagi pejabat yang melakukan tindak pidana korupsi.

Dalam hal ini koruptor dihukum sesuai dengan kejahatannya.

 

Pengembangan Masyarakat Melalui Upaya Peningkatan Pendapatan dan Pendidikan

Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Sarana menciptakan warga negara berkualitas

Masyarakat madani hanya dapat terwujud dengan adanya peningkatan dan pengembangan masyarakat terutama dalam hal pendapatan dan pendidikan.

Pendidikan merupakan hal yang sangat krusial dalam masyarakat madani dan menjadi ujung tombak agar dapat mewujudkan kehidupan makmur seperti ini.

Dengan pendidikan yang layak dan mumpuni, otomatis cara berpikir masyarakat akan lebih terbuka dan adaptif.

Contoh pengembangan masyarakat melalui peningkatan pendapatan adalah adanya kenaikan UMR. Hal ini untuk mengimbangi kebutuhan dan harga pangan yang turut melonjak dari tahun ke tahun.

Dalam hal pendidikan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengucurkan dana BOS.

 

Advokasi bagi Masyarakat yang Teraniaya dan Tidak Berdaya Membela Hak-hak dan Kepentingan

Lembaga Perlindungan HAM KPAI

Advokasi adalah suatu bentuk tindakan untuk membela, memberikan dukungan ataupun rekomendasi berupa dukungan aktif untuk mewujudkan keadilan sosial.

Advokasi dalam contoh masyarakat madani dimaksudkan untuk menyediakan pembelaan bagi masyarakat teraniaya dan tak berdaya untuk membela hak dan kepentingannya di mata hukum.

Contoh dari penerapan advokasi ini dapat kamu telusuri dengan adanya lembaga SPEKHAM yang berfokus pada upaya pemenuhan dan pendampingan kasus-kasus pelanggaran HAM, terutama untuk kaum perempuan.

Selain itu, masih banyak contoh LSM serupa yang dapat menjadi tonggak untuk memajukan kesadaran masyarakat akan hukum yang berlaku di Indonesia.

 

Menjadi Kelompok Kepentingan atau Kelompok Penekan

lembaga swadaya masyarakat

Kelompok penekan yang dimaksud di sini bukanlah sekelompok orang yang melakukan bullying dan menekan pihak lain.

Kelompok penekan dalam contoh masyarakat madani merupakan sekumpulan orang yang membentuk suatu gerakan terlembaga dengan tujuan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu agar bisa memberikan tekanan pada pihak penguasa untuk mengakomodasi keinginannya.

Sementara kelompok kepentingan adalah sekumpulan orang yang mengadakan persekutuan dengan orang lain karena dorongan akan kepentingan-kepentingan tertentu.

Kepentingan di sini bukanlah kepentingan pribadi yang jahat ataupun egois, melainkan kepentingan umum yang mewakilkan keinginan masyarakat luas.

Contoh kelompok kepentingan dan kelompok penekan dalam poin ini dapat kamu pelajari melalui adanya Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Nasib Petani yang bergerak dan melakukan berbagai tindakan agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan petani Indonesia.

Selain itu, terdapat pula Lembaga Swadaya Masyarakat Penolong Korban Gempa. Keduanya merupakan pressure group yang memiliki power besar untuk menarik perhatian pemerintah.

Kamu tentu memiliki pemikiran sendiri mengenai contoh masyarakat madani yang mungkin belum tercakup dalam penjelasan di atas.

Nah, apakah lingkungan yang kamu tinggali sekarang dapat dikategorikan sebagai masyarakat madani? Jika ya, apa yang menjadi alasannya?

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar