Contoh Konstitusi Tidak Tertulis

Kita sudah tau UUD 1945, UUD RIS, dan UUDS beberapa contoh dari konstitusi tertulis. Tapi, apakah ada konstitusi tidak tertulis?

Jawabannya ada, penasaran apa saja contohnya?

Langsung aja simak beberapa contoh konstitusi tidak tertulis berikut ini.

 

1. Musyawarah dan mufakat

ciri ciri masyarakat demokratis Musyawarah untuk mencapai mufakat

Sampai saat ini musyawarah masih menjadi ciri khas yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Hal ini terjadi karena masyarakat indonesia termasuk anda masih berpandangan hidup kepada Pancasila yang secara resmi tertulis di Undang – Undang 1945.

Digunakan sebagai konstitusi tidak tertulis, namun tetap digunakan pada berbagai pertemuan dalam upaya menyelesaikan masalah.

 

2. Pidato kenegaraan presiden

Mulai diadakan sejak zaman orde baru, pidato kenegaraan presiden merupakan sebuah pesan atau informasi yang disampaikan oleh presiden sebelum hari kemerdekaan berlangsung.

Pidato ini juga disampaikan secara luas melalui media yang berlangsung 16 Agustus 1945. Dalam hal ini tidak ada aturan yang membatasi. Pidato berisi kondisi negara yang warga negara termasuk kamu harus tahu.

 

3. Pidato presiden awal tahun

Pidato presiden awal tahun

Selain pidato yang disampaikan mengenai kondisi negara di tahun tersebut menggunakan media, pidato kenegeraan juga disampaikan di hadapan DPR.

Di dalam pidato ini presiden menyampaikan mengenal hal RAPBN untuk tahun ini. Sesuai dengan namanya, pidato ini disampaikan di bulan Januari.

Pidato ini juga disampaikan kepada para mantan presiden terdahulu untuk mengetahui kinerja.

 

4. Adat istiadat

Adat istiadat

Dalam hidup bermasyarakat di Indonesia memiliki norma – norma yang harus ditaati oleh seruh warga negara. Hal ini juga merupakan sebuah perilaku yang telah di usahakan harus diterapkan dalam lingkungan.

Dan juga adalah tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena terintegrasi dengan kuat dan bersifat kekal terhadap masyarakat yang ingin memilikinya.

Adat istiadat telah ada dari beberapa waktu lalu yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai warisan dengan pola perilaku masyarakat. Sehingga kamu tidak bisa meninggalkan peraturan yang satu ini.

Dengan mengetahui penjelasan contoh konstitusi tidak tertulis di Indonesia, tentu saat ini kamu lebih mengetahui mengenai dasar hukum dan juga fungsi dari Undang – Undang Dasar 1945.

Tidak hanya, anda juga tidak mudah ketinggalan informasi juga terjadi hal – hal yang membuat keadaan menjadi ramai. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengetahui ini dari berbagai sumber yang sudah beredar luas.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar