Contoh Konstitusi Tertulis

Dalam sebuah negara tentu memiliki konstitusi tertulis yang menjadi pedoman berbangsa, bernegara, dan menjalankan permerintahan.

Lalu seperti apa sih bentuk dari konstitusi tertulis? dan apa contoh dari konstitusi tertulis?

Langsung aja simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

 

1. UUD 1945

UUD 1945

UUD 1945 atau Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sudah resmi berlaku sebagai konstitusi Indonesia sejak tanggal 18 Agustus 1945. Tepatnya pengesahan UUD 1945 satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Dalam perjalanan berbangsa dan bernegara UUD 1945 beberapa kali mengalami perubahan. Walaupun didalamnya mengandung nilai-nilai berbangsa dan bernegara. Sementara, elemen yang paling tidak boleh diubah yakni pembukaan UUD 1945.

Sebab, pembukaan tersebut memuat tujuan pembangunan nasional, pernyataan kemerdekaan, hubungan Indonesia dan luar negeri, serta ideologi Pancasila.

Batang tubuh atau isi memuat secara lengkap bentuk negara, lembaga negara, hingga jaminan hak dan kewajiban warga negara.

Adapun periodisasi pertama berlakunya konstitusi di Indonesia yakni setelah kemerdekaan.

Tepatnya 18 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949. Tahun selanjutnya Indonesia berubah menjadi bentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS) dari hasil Konferensi Meja Bundar di Belanda.

 

2. UUD RIS

UUD RIS

UUD RIS atau Undang-Undang Republik Indonesia Serikat (RIS) hadir menyesuaikan bentuk negara saat itu yang berbentuk negara serikat. Namun, UUD RIS menjadi contoh konstitusi tertulis yang masa berlakunya paling singkat.

Saat berlakunya UUD RIS ini kepala negara dipimpin oleh Presiden dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Adapun peristiwa yang terjadi setelahnya adalah Dekrit Presiden 1959.

 

3. UUD Sementara

UUD Sementara

Akar dari keberlakuan UUD Sementara Tahun 1945 atau UUDS 1945 adalah Presiden RI saat itu Ir.Soekarno memiliki wacana membentuk konstitusi baru.

Sehingga dibentuklah Dewan Konstitsuante, tetapi tetap berakhir gagal.

Akhirnya diberlakukan kembali UUD 1945. Alasan utama perubahan dari konstitusi RIS kembali ke UUDS karena dinilai tidak sesuai kepribadian bangsa.

Alhasil, kondisi Indonesia semakin tidak terarah, UUDS berlaku sampai dengan 5 Juli 1959.

Setelah itu, banyak kejadian yang menggoyahkan UUD 1945 orde lama yakni Gerakan 30 September 1965 atau dikenal dengan G30 S PKI.

Pelaksanaan UUD 1945 pun mengalami banyak penyimpangan hingga menimbulkan pemberontakan besar.

 

4. UUD 1945 Hasil Amandemen

uud 1945 hasil amandemen

Terakhir contoh konstitusi tertulis berlaku hingga sekarang adalah UUD 1945 hasil amandemen. Setelah reformasi faktanya UUD 1945 telah mengalami empat kali perubahan.

Namun, untuk bagian pembukaan tidak pernah dilakukan revisi. Perubahaan terakhir UUD 1945 terjadi pada tahun 2004, hasil perubahan masih berlaku hingga sekarang.

Jadi gimana? Sudah paham tentang contoh dari konstitusi tertulis? Jika kamu punya contoh lain, kamu bisa tambahkan di kolom komentar ya.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar