Contoh Konflik Sosial

Pernah dengar istilah konflik sosial?

Ternyata konflik sosial ini cukup banyak loh terjadi di Indonesia, ingin tau apa saja sih contoh konflik sosial yang terjadi di Indonesia dan di masyarakat?

Yuk langsung simak aja pembahasannya berikut ini.

 

Pengertian Konflik Sosial

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan konlfik sosial. Merupakan proses sosial yang terjadi antara dua pihak atau lebih dimana salah satu pihak berupaya untuk menyingkirkan pihak lain dengan membuatnya hancur.

Sudah banyak contoh konflik sosial, khususnya di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. awalnya konflik memang terjadi karena adanya perbedaan antara masyarakat lainnya.

Kemudian berbuah masalah dan belum ditemukan kesepakatan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa tahu sendiri konflik terjadi pada setiap lapisan masyarakat, baik itu dalam sekala kecil maupun besar.

Contoh sederhananya dari konflik kecil adanya pertengkaran antara saudara I sebuah keluarga. Sedangkan konflik dalam skala besar contohnya tawuran antar kampung daerah.

 

Contoh Konflik Sosial di Indonesia

1. Konflik sosial suku sampit

konflik sosial sampit

Contoh konflik sosial yang ada di Indonesia yang pertama adalah konflik di suku Sampit. Hal ini merupakan salah satu yang fenomenal di tanah air.

Kasus ini wajar terjadi karena Indonesia selain sebagai karakterisik negara berkembang juga memiliki banyak budaya dan suku serta agama.

Salah satu kasus di Kalimantan Barat ini mengalami konflik yang dilakukan oleh suku Madura dan Dayak.

 

2. Konflik sosial Lampung dan Bali

konflik sosial lampung dan bali

Lalu yang selanjutnya konflik sosial dalam ada di Provinsi Lampung. Merupakan bagian paling selatan pulau Sumatra ini juga pernah mengalami konflik sosial yang terjadi antara suku Lampung sendiri dan suku Bali.

Hal yang melatar belakangi terjadinya kasus ini adalah adanya kesenjangan sosial terutama dari segi ekonomi, singkatnya kasus ini terjadi antara masyarakat asli dan masyarakat pendatang.

 

3. Konflik sosial Aceh

konflik sosial aceh

Siapa sangka Aceh yang dikenal sebagai Kota Serambi Mekah pun juga pernah mengalami konflik sosial. Daerah ini terkenal dengan Sumber Daya Alamnya, khususnya minyak bumi.

Dikabarkan juga Aceh memiliki kandungan minyak yang lebih besar dibanding daerah Timur Tengah. Karena hal ini Aceh ingin membuat sebuah keputusan merdeka dari Indonesia sehingga dilakukan perundingan.

 

4. Konflik sosial Jawa Barat

konflik sosial di jawa barat

Berlanjut ke konflik sosial Jawa Barat yaitu dengan organisasi yang berbeda. Dalam kasus ini melibatkan FPI dan GMBI pada tahun 2017.

Meskipun tidak menelan korban jiwa, tetapi banyak kerugian material yang di dapatkan.

 

5. Konflik sosial pengusiran mahasiswa di Yogyakarta

konflik sosial di yogyakarta

Lalu berikutnya ada dari Yogyakarta yaitu kasus pengusiran atas mahasiswa yang mendukung dengan kemerdekaan Papua Barat.

Kondisi inilah menyebabkan munculnya emosi yang tinggi dalam masyarakat Yogyakarta untuk mengusir mahasiswa dari Papua Barat.

 

6. Konflik sosial di Jakarta 1998

konflik sosial jakarta 1998

Konflik sosial juga terjadi di Jakarta yang masih menyangkut sebagai ibukota.

Pada tahun 1998, konflik ini terjadi dengan kemunculan penolakan  masyarakat yang mengatas namakan pribumi dengan mengusir dan melakukan tindak kriminal kepada etis Cina.

 

7. Konflik sosial suku Lampung dan suku Jawa

Konflik sosial suku Lampung dan suku Jawa

Lalu beralih ke Lampung bagian Tengah dimana suku Jawa ada perselihan dengan Suku Lampung.

Terjadinya hal ini karena di Kawasan Kampung Jawa berperilaku kasar dengan masyarakat Lampung sehingga warga asli mengambil tindakan seperti pembakaran rumah serta melakukan pembunuhan pada masyarakat sekitar.

 

8. Konflik sosial Nusa Tenggara Barat

Konflik sosial Nusa Tenggara Barat

Beralih ke bagian Timur Indonesia letaknya di Nusa Tenggara Barat juga pernah mengalami konflik sosial dengan jenis lainnya.

Konflik ini terjadi pada masyarakat Kabupaten Sumbawa Besar, yaitu di desa Sekatang dengan latar belakang perbedaan suku dan budaya yang terjadi disana.

 

9. Konflik sosial Ambon

Konflik sosial Ambon

Di Ambon juga pernah terjadi konflik sosial di dalam masyarakat karena kesenjangan sosial yang berlebihan antara warga beragama islam dengan Kristen protestan pada tahun 1998.

 

10. Konflik sosial Situbondo

Konflik sosial Situbondo

Jawa timur tepatnya di Situbondo juga pernah terjadi konflik sosial yang disebabkan karena persoalan agama yang terjadi pada tahun 1996. Dimana terjadi penghinaan terhadap agama islam dan terjadilah konflik.

 

Contoh Konflik Sosial di Masyarakat

1. Seorang anak minta Gadget

Seorang anak minta Gadget

Smartphone atau gadget memang sudah menjadi kebutuhan saat ini. Tidak hanya sebagai pelengkap hiburan saja, tetapi juga bisa membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Hal yang menyebabkan ini bisa terjadi adalah seorang temannya membawa smartphone ketika sekolah berlangsung. Akan banyak temannya yang melihat, dan tidak sedikit yang ingin dibelika orang tuanya.

Selain dari masalah finansial, keinginan seorang anak akan tidak dibelikan smartphone karena memang bertentangan dengan keinginan orang tua yang berencana membelikannya ketika sudah remaja.

Konflik ini bisa saja timbul akibat kekesalan anak kepada orang tua, atau seorang anak yang pasrah karena memang belum waktunya.

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena perbedaan kepentingan individual yang terlihat jelas  ketika anak ingin smartphone dan orang tua tidak membeli ini menunjukkan ketidak sesuai dengan kepentingan.

 

2. Demo kenaikan upah buruh

demo kenaikan upah buruh

Aksi para buruh menuntut bayaran juga merupakan bentuk dari konflik sosial.bagian atas sebuah perusahaan adalah kelompok yang memiliki kepentingan lain dalam mengelola perusahaan.

Sedangkan para buruh menuntut kenaikan upah yang dari Tim Managerial ingin alokasi keuntungan pada tim. Lalu pemilik modal juga ingin keuntungan yang besar untuk konsumsi dan investasi lainnya.

Faktor penyebab adanya konflik sosial ini karena adanya perbedaan kepentingan. Dari masing – masing kelompok menginginkan keuntungan yang besar dari segi finansial. Perbedaan kepentingan ini menjadi penyebabnya.

 

3. Berkata tidak baik di sosial media

Berkata tidak baik di sosial media

Setelah proses Pemilu dan Pilkada selesai, di salah satu timeline sosial media masih dipenuhi dengan perdebatan netizen yang saling berkata kasar dan menjelek – jelekkan pilihan mereka dengan lawan politiknya.

Kamu bisa lihat perdebatan itu di kolom komentar postingan kontroversional. Banyak komentar yang saling bertentangan saling menunjukkan pandangan bersifat konfliktual.

Faktor penyebabnya dari terjadinya saling ejek di sosial media karena perbedaan ideologis. Hal yang dimaksud disini adalah ideologi politik dan kultural.

Mereka saling meyakini bahwa pilihan mereka cocok untuk memimpin Indonesia dengan postingan yang mengedepankan agama dalam memperkuat solidaritas serta identitas Indonesia.

Sedangkan yang lain menganggap bahwa dukungan sebuah pendapat yang membawa nama agama berpotensi di politisir sehingga bisa menimbulkan perselisihan.

Banyak dari macam – macam contoh konflik sosial yang sudah terjadi di Indonesia dan mungkin kamu terlibat di dalamnya.

Selain itu juga konlifk terbagi beberapa jenis berdasarkan tempatnya, konflik sosial salah satu rana yang paling luas dan perlu pemahaman dan pembelajaran sebelum memahaminya.

Tidak ketinggalan juga konflik selalu memberikan dampak baik.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar