Contoh Kerjasama Regional

Kerjasama regional merupakan salah satu kerjasama yang cukup mempengaruhi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Tapi sebenarnya apa saja sih contoh kerjasama regional itu?

Langsung aja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Makna Kerja Sama Antar Regional di Bidang Ekonomi

Merupakan sebuah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah atau Kawasan tertentu dengan enagara di Kawasan lain untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan dalam beberapa bidang, contohnya ekonomi. Bidang ini paling banyak menjadi sasaran kerja sama di antara negara lain dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat bangsa.

Jalannya pemerintahan suatu negara tidak akan pernah lepas dari roda perekonomian. Karena modal dari setiap kegiatan pemerintahan berputar dalam bidang ekonomi.

Oleh karena ini di dalam pemerintahan suatu negara telah berusaha untuk terus mengakomodasikan segala kepentingan perekonomian negara dengan menghasilkan kebijakan yang adil dalam bidang perekonomian.

Banyak manfaat yang diterima indonesia apabila melakukan kerjasama di bidang ekonomi.

Untuk di Indonesia sendiri, lebih mudah untuk memasarkan produknya ke luar negeri dan juga mampu meningkatkan potensi kunjungan wisata di berbagai tempat Indonesia sehingga dapat diwujudkan tujuan pembangunan nasional Indonesia.

Indonesia juga mengakui pentingnya menggalang kerja sama dengan ilke-minded development countries.

Melalui forum – forum tersebut juga Indonesia dapat menerapkan diplomasi untuk memperkuat usaha dalam menghubungkan kesenjangan antara negara – negara lain yang berkembang dengan sangat maju.

Pada segala keputusan unilateral juga Indonesia menolak jika yang diambil di luar kerangka kerja PBB.

Hubungan Indonesia dengan organisasi regional lainnya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan rasa aman dan juga jaminan kesejahteraan masyarakat agar tidak timbul kesenjangan sosial.

 

Contoh Kerja sama Antar Regional

1. Asian Productivity Organization (APO)

Asian Productivity Organization

Adalah sebuah organisasi internasional yang bersifat nonprofit, non politik dan non diskriminasi yang dibuat untuk meningkatkan produktivitas dari negara di kawasan benua Asia.

Organisasi yang terbentuk pada tahun 1961 ini lebih banyak bergerak di dalam pembangunan bidang sosial ekonomi yang berlanjut sampai negara Asia Pasifik. Sektor yang diperhatikan adalah industri dan pertanian.

 

2. North American Free Trade Area (NAFTA)

North American Free Trade Area

Salah satu contoh kerja sama antar regional di bidang ekonomi antara negara – negara di Kawasan Amerika Utara, Amerika Selatan, Meksiko dan Kanada.

Salah satu tugasnya adalah mengatur jalannya kegiatan perekonomian yang termasuk di antaranya hubungan jual beli, kegiatan sosial, dan komunikasi.

Lebih dari 462 juta lebih penduduk dalam lingkupnya dengan PDB 1,6 Triliun USD/ tahun.

 

3. Asian Development Bank

Asian Development Bank

Sebuah institusi keuangan yang diperuntukkan bagi pengatasan kemiskinan di benua Asia dan Kawasan Pasifik. Institusi ini berdiri pada tahun 1966 dengan 31 negara anggota dan terus berkembang.

Terbukti di tahun ini sudah ada 63 negara yang sudah bergabung. Salah satu proyek terkenalnya adalah pembangunan jalur pipa Trans – Afganistan, dan program kerja Asia Tengah.

 

4. Organization of Petroleum Exporting Countries

Organization of Petroleum Exporting Countries

Contoh kerjasama di bidang ekonomi ini memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah harga, produksi, dan hak konsesi minyak bu,I dengan berbagai perusahaan minyak lain.

Didirikan pada tahun 1960 di Irak yang memiliki anggota 5 negara. Lalu Indonesia bergabung di tahun 2008 menjadi negara importir minyak.

Indonesia ditangguhkan kembali setelah kebijakan OPEC Indonesia turunkan produksi minyak.

 

5. Asia Pasific Economic Community

APEC

Telah menjadi sebuah wadah bagi kerja sama ekonomi antara negara – negara lain yang tersebar di seluruh Kawasan Asia Pasifik.  Dan Benua Asia yang memiliki anggota 22 negara.

Organisasi ini lahir tas tergantungnya kegiatan perekonomian di antara negara anggota. Selain itu juga diharapkan dapat menguatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dalam lingkup APEC.

 

6. European Economic Community

European Economic Community

Salah satu bentuk kerja sama antar regional di bidang ekonomi yang mulai diluncurkan pada tahun 1957 melalui perjanjian Roma.

Tujuan utamanya adalah untuk menyatukan perekonomian di antara negara anggotanya dalam mewujudkan tujuan utamanya.

Organisasi ini memiliki lingkup negara Eropa, baik Eropa Barat, dan Eropa Timur. Di dalamnya juga ada kesepakatan mengenai Kawasan pasar.

 

7. ASEAN Plus Six

Arti Lambang ASEAN

Adalah kerjasama antar regional yang lebih mengarah kepada kesepakatan kerja pasar bebas atau Free trade Agreement di antara negara ASEAN, China, Jepang, Korea Selatan, dan India.

Kerjasama ini dilakukan dalam rangka mencapai tujuan ASEAN.

 

8. ASEAN Plus Three

ASEAN Plus Three

Bentuk kesepakatan kerjasama di bidang ekonomi yang memiliki anggota Cina, Jepang, Korea Selan dan ASEAN untuk meningkatkan kemajuan di bidang ekonomi ketika terjadi krisis yang melanda.

Segala bentuk kerja sama harus berdasarkan pada kesepakatan yang tertuang dalam Joint Statement on East Asia Coorperation.

Perlu dipahami bahwa contoh kerjasama regional merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi menjamin kemajuan di bidang yang sama.

Selain itu juga dengan majunya bidang ekonomi akan berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan umum di daerah tersebut.

Selain mengambil dari segi keuntungan, negara kamu juga bisa memiliki hubungan yang erat dengan negara lain.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar