Contoh Kerjasama Bilateral

Pernah dengar istilah kerjasama bilateral?

Secara harfiah, bilateral merupakan sebuah pemahaman kerjasama dalam sebuah hubungan menjalankan kegiatan atau sebuah bisnis yang dilakukan oleh dua negara untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati.

Tapi apa saja sih contoh kerjasama bilateral ini?

Langsung aja simak beberapa contoh kerjasama bilateral berikut ini!

 

1. Kerjasama Bilateral Italia dan Vietnam Sektor Ekonomi

Kerjasama Bilateral Italia dan Vietnam

Pertama ada kerjasama bilateral Vietnam dan Italia. Merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara yang memiliki potensi budaya dan alam yang tergolong tinggi.

Sehingga membuat salah satu negara dari Eropa, yaitu Italia tertarik untuk memberikan investasi asing untuk melakukan pengembangan di sektor alam dan budaya.

Kedua belah pihak ini tentu mendapatkan keuntungannya masing – masing. Italia mendapatkan keuntungan di bagian pengembangan dan pariwisata, sedangkan Vietnam mendapat keuntungan di bidang ekonomi.

 

2. Kerjasama Bilateral India dan Belarusia Sektor Pertahanan

Kerjasama Bilateral India dan Belarusia

Di Asia Selatan, India terkenal dengan negara yang memiliki kepadatan penduduk paling tinggi di sekitarnya.

Selain itu juga India dikenal sebagai negara yang memiliki pengetahuan pengembangan teknologi dan saat ini masih terus berjalan.

Hal ini membuat salah satu negara Eropa, yaitu Belarusia untuk  menjalin kerjasama bilateral di bidang pembangunan dan pertahanan negara tersebut.

Sistem kerjanya adalah India sebagai penyedia teknologi di sektor pertahanan, dan Belarusia sebagai konsumen tetap India.

Selain menguntungkan dari kedua belah pihak, Belarusia juga dapat meningkatkan pertahanan negaranya dan India mendapat keuntungan di bidang ekonomi.

 

3. Kerjasama Bilateral Cina dan Sri Lanka Sektor Ekonomi

Kerjasama Bilateral Cina dan Sri Lanka

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Cina memiliki penduduk yang besar juga. Tidak masalah bagi Cina untuk membangun kerjasama bilateral dengan Sri Langka walaupun letaknya yang sedikit jauh.

Kerjasama bilateral ini dilakukan di bidang ekonomi untuk melakukan pengembangan ekonomi Sri Lanka melalui investasi dalam jangka panjang dalam bidang pariwisata Sri Lanka.

Khususnya kepulauan Maladewa yang memiliki banyak keindahan yang belum diketahui orang. Selain menguntungkan dari pihak Sri Lanka, hal ini juga memberikan keuntungan sendiri bagi Cina.

Masih banyak lagi tempat wisata yang belum diketahui banyak orang di Sri Lanka.

 

4. Kerjasama Bilateral India dan Afganistan Sektor Pendidikan

Kerjasama Bilateral India dan Afganistan

Berada di lingkup Asia, India dan Afganistan memiliki kemiripan dari segi budaya dan wilayah yang dekat. Hal ini juga membuat kedua negara tersebut sering mengadakan hubungan kerjasama bilateral dalam banyak sektor.

Salah contoh kerjasama bilateral India dan Afganistan adalah di bidang pendidikan.

India dan Afganistan saling mengirimkan kebutuhan yang dibutuhkan selama proses belajar mengajar berlangsung.

Selain itu juga kedua negara Asia Selatan ini saling terbuka jika ada warga negara India atau Afganistan yang ingin belajar mengenai hal yang mereka suka tanpa ada hambatan sedikit pun.

 

5. Kerjasama Bilateral Indonesia dan Singapura Berbagai Sektor

Kerjasama Bilateral Indonesia dan Singapura

Dan yang terakhir ada hubungan Indonesia dengan Singapura di banyak bidang. Selain tetangga, kedua negara ini juga tergabung di dalam ASEAN yang dimana sebuah organisasi yang berada di Asia Tenggara.

Singapura secara terus menerus menjadi investor terbesar di Indonesia berkelanjutan. Indonesia dan Singapura telah terjadi kerjasama di bidang lain, tidak hanya dari sektor ekonomi saja.

Salah satunya di bidang kesehatan, lingkungan hidup, dan pertahanan. Kerjasama ini juga merupakan sebuah contoh yang banyak dilakukan negara ASEAN dan juga peran Indonesia dalam menjalin hubungan internasional.

Penting bagi sebuah negara untuk menerapkan contoh kerjasama bilateral yang sudah dijelaskan diatas. Selain menjalankan asas dalam mempraktikkan hubungan internasional, juga kamu agar tujuan pembangunan nasional dapat percapai dengan baik.

Tidak ketinggalan juga bagi satu negara dengan negara yang berhubungan akan saling menolong jika memang dibutuhkan selama bisa membantunya.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar