Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara

Tahukah kamu apa itu pengertian wawasan nusantara? Mengapa asas ini sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia?

Atau dengan kata lain, apa saja contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara bagi negara ini?

Nah, untuk kamu yang penasaran kamu bisa nih simak contoh keberhasilannya.

 

Wawasan Nusantara dalam Bidang Politik

penerapan sila pertama panncasilaMemiliki sikap toleransi antar umat beragama

Dalam bidang politik, wawasan nusantara memiliki dampak yang krusial dan terkait langsung dengan hal-hal yang bersangkutan dengan ketatanegaraan.

Hal ini dikarenakan segala kebijakan publik yang dihasilkan dan diterapkan akan terus dievaluasi demi kepentingan masyarakat luas.

Karakteristik utama yang dapat kamu kenali dari pengaplikasian wawasan nusantara pada bidang politik adalah adanya nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam berbagai kebijakan yang ditetapkan.

Beberapa contoh konkritnya adalah sebagai berikut;

  1. Terwujudnya anggapan bahwa setiap wilayah yang ada di nusantara adalah satu kesatuan politik di bawah NKRI. Dengan demikian, sense of belonging sebagai bagian dari Indonesia akan tertanam secara kuat dalam hati masyarakat.
  2. Adanya peraturan dalam kehidupan berpolitik di Indonesia dalam bentuk undang-undang, seperti UU Peyelenggaraan Pemilu, UU terkait partai politik, dan sebagainya.
  3. Terlaksananya kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan tatanan hukum dan peraturan yang berlaku, sehingga ketertiban dan keamanan dapat terjaga.
  4. Pengembangan sikap toleransi terhadap sesama tanpa memandang perbedaan ras, suku, dan agama.
  5. Kelancaran dalam pelaksanaan otonomi daerah yang memberikan kesempatan bagi daerah untuk berkembang sesuai potensinya namun tetap terintregasi di bawah pemerintah pusat.

 

Wawasan Nusantara dalam Bidang Ekonomi

Wawasan Nusantara dalam Bidang Ekonomi

Dalam berbagai indikator keberhasilan, bidang ekonomi kerap kali dijadikan acuan yang jelas dan konkrit karena perbedaannya dapat dirasakan secara signifikan.

Jika kemajuan ekonomi telah tercapai, maka kesejahteraan sosial akan semakin meningkat. Hal ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan bangsa di mata dunia.

Contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara dalam bidang ekonomi sangatlah banyak. Hal ini karena dasar perekonomian bangsa Indonesia mengusung asas kerakyatan.

Beberapa contoh keberhasilan tersebut antara lain;

  1. Pembangunan ekonomi yang terintregasi dan berkelanjutan pada berbagai sektor, seperti sekktor pertanian, perindustrian, pemerintahan. Hal ini semakin dapat dimaksimalkan dengan banyaknya sumber daya dan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia.
  2. Keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah untuk melakukan pengelolaan terhadap potensi yang ada di daerahnya, hal ini juga memberikan kesempatan pada daerah untuk melakukan pembangunan sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Peningkatan jumlah ekonomi kerakyatan dari sektor Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). Hal ini sejalan dengan berbagai kebijakan yang disponsori pemerintah untuk melibatkan peran masyarakat dengan pemberian fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha

 

Wawasan Nusantara dalam Bidang Sosial Budaya

Wawasan Nusantara dalam Bidang Sosial Budaya

Meningat kondisi Indonesia yang memiliki beragam latar belakang budaya, tentu bidang sosial budaya memiliki dinamika tersendiri di era globalisasi dan modernisasi ini.

Keterlibatan wawasan nusantara dalam sektor sosial budaya tentu akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan bermasyarakat.

Hal tersebut dikarenakan bidang ini sangat erat kaitannya dengan hubungan antarmasyarakat.

Beberapa contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara dapat dilihat dalam hal-hal seperti tertera di bawah ini:

  1. Terjadinya pemerataan pembangunan dan pendidikan pada setiap daerah. Dua hal tersebut diharapkan dapat mengembangkan kehidupan masyarakat dan mengurangi kesenjangan antara daerah satu dengan yang lainnya.
  2. Penerapan dan instruksi terkait prioritas pelaksanaan program wajib belajar, terutama bagi daerah yang dianggap tertinggal. Sulitnya akses pendidikan di daerah terpinggir dan terpencil tak seharusnya menjadi alasan untuk tak mendapatkan akses pendidikan.
  3. Kesuksesan kampanye ‘Visit Indonesia’ yang menjadikan kecintaan masyarakat terhadap bumi pertiwi semakin meningkat. Tak hanya meningkatkan jumlah turis domestik dan mancanegara yang datang, kampanye tersebut juga turut mengingatkan kembali akan banyaknya diversiasi dan kekayaan yang dimiliki bangsa ini.
  4. Kemudahan akses yang dimiliki oleh beberapa daerah ataupun cagar budaya tertentu untuk meminta bantuan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah. Bantuan yang diminta umumnya menyangkut upaya pelestarian dan pengembangan cagar budaya.

 

Wawasan Nusantara dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

bentuk usaha bela negara Pengabdian sebagai anggota TNI

Setiap negara pasti memiliki sektor pertahanan dan keamanan untuk mempertahankan kedaulatan yang dimilikinya.

Namun sebenarnya sektor ini memiliki potensi kericuhan yang besar ketika pengaturan dan pelaksanaannya dirasa kurang tepat untuk diaplikasikan.

Keributan kecil mulai dari demonstrasi hingga agresi bisa sangat merepotkan dan dapat merusak kedaulatan suatu negara.

Karenanya, wawasan nusantara sangat dibutuhkan untuk menjadi gas sekaligus rem dalam menjaga keamanan nasional.

Wujud keberhasilan pengaplikasian asas wawasan nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan antara lain;

  1. Pemberian kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk mengecap dan bergabung pada akademi militer dan berpartisipasi dalam sektor pertahanan dan keamanan
  2. Adanya sistem keamanan lingkungan (siskamling) sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah kejahatan di lingkunga sekitar. Hal ini juga menjadi bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan.
  3. Penguatan sumber daya kemiliteran TNI dan Polri melalui penyediaan sarana prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pengamanan di tiap wilayah Indonesia.

Wawasan nusantara adalah pengetahuan paling dasar yang harus kamu miliki dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa lebih mencintai bangsa ini.

Adakah contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara lainnya? Coba sebutkan sebanyak yang kamu tahu.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar