Contoh Globalisasi

Globalisasi merupakan salah satu unsur dalam kehidupan yang tidak bisa dihindari, globalisasi juga sudah merambat ke berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, IPTEK dan bidang lainnya.

Lalu apa saja sih contoh globalisasi di berbagai bidang tersebut?

Langsung aja simak pembahasannya berikut ini!

 

Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi adalah bidang yang sangat erat dengan hubungan antar negara, banyak sekali kerja sama atau interaksi yang dilakukan untuk kepentingan bersama. Adapun beberapa hubungan ekonomi antar negara yaitu sebagai berikut:

1. Kegiatan Ekspor dan Impor

Kegiatan Ekspor dan Impor

Salah satu Contoh globalisasi di bidang ekonomi ialah kegiatan ekspor dan impor, kegiatan ini memiliki kelebihan yang sangat bagus bagi perekonomian negara.

Peningkatan devisa dan hubungan yang semakin baik membuat ekspor dan impor memegang peran penting di bidang ekonomi suatu negara.

 

2. Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat ekonomi asean

Selain itu ada juga masyarakat ekonomi ASEAN atau biasa disebut dengan MEA, sejak diresmikannya perdagangan internasional ini telah terjadi perkembangan yang sangat pesat di bidang ekonomi.

Disini bagi pedagang kecil yang ingin menjual produknya ke luar negeri semakin mudah untuk dilakukan.

 

Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

Globalisasi yang tak kalah penting lainnya adalah Globalisasi di bidang sosial, dimana kehidupan sosial bisa semakin berkembang karena adanya dorongan dari luar seperti negara lain.

Dalam penerapannya sendiri Contoh globalisasi di bidang sosial dapat ditemukan di berbagai aspek seperti di bawah ini:

1. Masyarakat Tidak Lagi Homogen

upaya bangsa indonesia memajukan kesejahteraan umum

Dengan adanya globalisasi di bidang sosial membuat perubahan struktur masyarakat secara luas, dimana kini masyarakat tidak lagi bersifat homogen.

Disini masyarakat di wilayah tertentu tidak lagi di domisili oleh suatu suku tertentu saja, namun sudah bercampur dan tidak ada lagi yang namanya diskriminasi.

 

2. Menghilangnya Sikap Gotong Royong

contoh sikap tanggung jawab Bersikap adil dalam bekerja

Globalisasi di bidang sosial tidak hanya membawa dampak positif saja, melainkan juga membawa dampak negatif seperti hilangnya sikap gotong royong.

Masyarakat di masa kini cenderung lebih individualis dan tidak terlalu peduli dengan urusan orang lain.

 

Contoh Globalisasi di Bidang Kebudayaan

Dari sektor kebudayaan globalisasi juga membuat budaya suatu negara menjadi lebih berbeda, banyak hubungan internasional yang membuat budaya menjadi lebih eksis dan populer.

Contoh globalisasi di bidang kebudayaan bisa anda jumpai seperti yang ada berikut ini:

1. Pertukaran Budaya Antar Negara

Pertukaran Budaya Antar Negara

Adanya globalisasi di bidang budaya ini membawa dampak yang cukup besar, salah satunya adalah semakin eksisnya budaya lokal di mancanegara.

Tentu saja bagi Indonesia yang memiliki budaya sangat beragam, bisa memperkenalkannya dengan mudah secara internasional melalui event-event yang sering digelar di berbagai negara asing.

 

2. Budaya Lokal Semakin Luntur

Memperkenalkan budaya yang dimiliki bangsa

Tentu saja adanya globalisasi di bidang kebudayaan membawa dampak negatif juga, dimana budaya lokal semakin luntur dan digantikan oleh budaya asing.

Hal ini bisa terjadi akibat banyak masyarakat yang lebih memilih budaya dari luar negeri dari pada budaya asli daerah sendiri, mengingat budaya luar dinilai lebih modern dan juga kekinian.

 

Contoh Globalisasi di Bidang Politik

Politik atau sistem pemerintahan suatu negara kini juga sudah menjalin kerja sama secara internasional, banyak sekali Contoh globalisasi di bidang politik ini untuk membuat suatu negara bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

1. Organisasi Internasional

ASEAN Plus Three

Salah satu Contoh globalisasi di bidang ini ialah terbentuknya organisasi internasional, seperti ASEAN, PBB, ataupun organisasi lainnya.

Terbentuknya organisasi tersebut membuat hubungan politik antar negara semakin kuat, baik dari segi ekonomi, politik, sosial, ataupun hubungan baik lainnya.

 

2. Kerja Sama Internasional

Kerjasama Bilateral Indonesia dan Singapura

Kerja sama secara internasional memang bukan hal baru lagi di zaman sekarang, dimana kerja sama ini bisa secara bilateral maupun multilateral.

Tentu saja hubungan ini dilakukan untuk membuat suatu negara memiliki kekuatan politik yang kuat dan juga stabil.

 

3. Negara Asing Terlalu Ikut Campur

Namun hubungan politik secara internasional dapat menyebabkan beberapa masalah, misalnya saja negara asing yang terlalu ikut campur dalam sistem pemerintahan di suatu negara tertentu.

Hal ini dapat menimbulkan konflik internal yang cukup parah, bahkan tak jarang banyak negara berperang akibat ikut campurnya negara lain dalam suatu pemerintahan negara tertentu.

 

Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan suatu ilmu memang sangatlah penting, dimana ilmu tersebut bisa diperoleh dari masa saja. Mulai dari buku, sekolah, internet, ataupun dari luar negeri sekalipun.

Di masa kini hal tersebut bisa dilakukan karena sudah ada yang namanya globalisasi pendidikan, banyak sekali Contoh globalisasi di bidang pendidikan yang bisa ditemui saat ini.

1. Pertukaran Pelajar atau Guru

ciri negara demokrasi Adanya kebebasan untuk mengenyam bangku pendidikan

Pertukaran pelajar kini bisa dilakukan secara internasional, hal tersebut selain untuk menambah pengetahuan para pelajar juga berguna untuk mempererat hubungan antar negara.

Bahkan pertukaran guru sekalipun seringkali dilakukan oleh beberapa negara agar ilmu pengetahuan bisa lebih banyak dan juga beragam.

 

2. Mudahnya Mendapat Informasi Melalui Internet

Mudahnya Mendapat Informasi Melalui Internet

Selain pertukaran pelajar Contoh globalisasi ini bisa juga bisa ditemui secara online, dunia internet memang menunjukkan bahwa ilmu dan pengetahuan bisa di akses dari seluruh dunia.

Bukan hanya pengetahuan saja namun terdapat juga hal-hal lainnya yang ada di media internet tersebut.

 

Contoh Globalisasi di Bidang IPTEK

Bidang IPTEK atau teknologi informasi memang sudah sangat berkembang, bahkan ia sudah memasuki era globalisasi.

Contoh globalisasi di bidang IPTEK kini sudah bisa dirasakan dengan sangat mudah kapanpun dan di manapun kamu berada.

1. Kemudahan Mendapatkan Informasi

Kemudahan Mendapatkan Informasi

Mudahnya mendapatkan informasi kini bisa dirasakan oleh masyarakat luas, hadirnya teknologi modern membuat masyarakat bisa mengakses informasi dari negara manapun dengan sangat mudah.

Hal ini tentu saja akan menjadi hal yang bagus untuk kemajuan suatu negara.

 

2. Kemudahan Transaksi Jual Beli

Kemudahan Transaksi Jual Beli

Adanya E-commerce adalah salah satu hasil dari hubungan yang baik dengan negara lain, dimana banyak sekali market online secara internasional yang sudah ada saat ini.

Bahkan masyarakat biasa bisa melakukan transaksi luar negeri dengan sangat mudah dan juga cepat.

Contoh globalisasi sebenarnya sudah bisa kita rasakan saat ini, era digital adalah salah satu hal yang membuat hubungan antar negara bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Oleh karena itu globalisasi bisa berkembang dengan sangat pesat di tengah-tengah masyarakat luas.

Kesiapan menghadapi era globalisasi pastinya harus dilakukan oleh negara berkembang seperti Indonesia, hal ini ditunjukkan agar Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain dalam hal apapun.

Tentu saja globalisasi ini bisa berdampak positif ataupun berdampak negatif tergantung masyarakatnya itu sendiri.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar