Contoh Demokrasi

Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang didasarkan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat.

Dimana pemerintahan ini berpusat dari masyarakatnya itu sendiri, sehingga prinsip dan nilai kemanusiaan bisa dijunjung dengan tinggi.

Contoh demokrasi tersebut bisa kamu temui dalam kehidupan bermasyarakat, baik di ruang lingkup keluarga, sekolah, negara, dan lingkungan sekitar.

Lalu apa saja sih contoh dari demokrasi? Langsung aja simak beberapa contohnya berikut ini.

 

Contoh Demokrasi di Lingkungan Keluarga

Ruang lingkup keluarga adalah lingkungan paling kecil dalam kehidupan masyarakat, tentu saja demokrasi bisa kita mulai dari keluarga kita sendiri.

Adapun beberapa Contoh demokrasi di lingkungan keluarga yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Berlaku Adil Terhadap Seluruh Anggota Keluarga

Contoh Norma Hukum di Lingkungan Keluarga

Pertama adalah sikap kita terhadap semua anggota keluarga yang ada, dimana bersikaplah adil terhadap saudara, orang tua, ataupun kerabat terdekat.

Hal ini bisa membuat hubungan kekeluargaan bisa terjalin dengan sangat baik.

 

2. Setiap Anggota Keluarga Bebas Mengeluarkan Pendapat

Setiap Anggota Keluarga Bebas Mengeluarkan Pendapat

Seluruh anggota keluarga juga memiliki hak yang sama dalam berpendapat, hal tersebut harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi yang namanya salah paham terhadap suatu perkara.

Apalagi bila salah paham tersebut tidak diselesaikan dengan baik akan berakibat fatal bila tidak segera diluruskan.

 

3. Mengatasi Masalah Keluarga dengan Musyawarah

Mengatasi Masalah Keluarga dengan Musyawarah

Bila terdapat suatu masalah pada keluarga kamu, maka lakukanlah musyawarah bersama dengan anggota keluarga.

Jangan ragu untuk melakukan hal ini karena keluarga adalah orang terdekat yang pastinya akan mengerti bila didiskusikan dengan baik.

 

4. Mendahulukan Kepentingan Bersama

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Keluarga Mengerjakan kewajiban dalam keluarga dengan tanggung jawab

Walaupun kamu memiliki keluarga yang baik dan harmonis, jangan sekali-kali mementingkan diri sendiri pada keluarga tersebut.

Keluarga patutnya menjadi hal berharga yang harus dijaga dengan baik, salah satu caranya adalah dengan mendahulukan kepentingan bersama di atas segalanya.

 

Contoh Demokrasi di Lingkungan Sekolah

Selain di ruang lingkup keluarga ada juga demokrasi di lingkungan sekolah, disini baik siswa maupun guru wajib menjunjung tinggi demokrasi.

Contoh demokrasi di lingkungan sekolah sendiri sangatlah banyak dan juga beragam.

1. Pemilihan Ketua Kelas dengan Musyawarah atau Voting

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Sekolah pemilihan ketua kelas dengan musyawarah

Salah satu penerapan demokrasi di lingkungan sekolah ialah pemilihan ketua kelas, dimana pemilihan tersebut bisa dilakukan secara musyawarah atau voting yang dipimpin oleh seorang guru.

Bukan hanya pemilihan ketua kelas saja, namun pemilihan ketua lainnya juga bisa dilakukan secara musyawarah seperti pemilihan ketua OSIS, pengurus kelas, ketua kegiatan, dan lain sebagainya.

 

2. Saling Menghargai Pendapat Orang Lain

Mempunyai sikap sopan santun dalam lingkungan sekolah

Menanamkan sikap menghargai orang lainnya sudah seharusnya dimulai sejak di bangku sekolah, disini peran seorang guru sangat penting untuk mengajarkan muridnya tentang sikat tersebut.

Hal ini bisa dimulai dengan hal sepele seperti menghargai jawaban siswa, tidak tertawa saat siswa menjawab, dan masih banyak lagi lainnya.

 

3. Penerapan Jadwal Piket Bergilir

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan Sekolah Pembagian tugas piket secara merata

Menerapkan jadwal piket pastinya menjadi suatu pembelajaran yang bagus bagi siswa, disini dengan adanya jadwal tersebut membuat siswa tahu bahwa setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Jadwal piket tidak hanya sebatas piket kebersihan saja, namun piket tersebut bisa berupa piket petugas upacara, piket menata kelas, dan piket-piket lainnya.

 

4. Tidak Adanya Diskriminasi

Sekolah sudah seperti menjadi rumah kedua bagi siswa-siswanya, oleh karena itulah menjaga lingkungan sekolah dari hal yang tidak enak seperti diskriminasi adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Baik guru maupun siswa bisa berperan aktif agar kondisi sekolah tidak ada yang namanya bully, hal ini dikarenakan saat di sekolah semuanya memiliki hak yang sama rata.

 

Contoh Demokrasi di Lingkungan Tempat Tinggal

Demokrasi di lingkungan sekitar tempat tinggal pastinya patut untuk dilaksanakan, mengingat disinilah seseorang wajib berperan aktif dalam menjaga sistem kemasyarakatan tetap berjalan.

Contoh demokrasi di lingkungan tempat tinggal bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Melaksanakan Hak dan Kewajiban di Tengah Masyarakat

Contoh Norma Hukum dalam Masyarakat

Setiap warga yang ada dalam masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama, tentu saja hal ini harus dilakukan oleh semua warga tanpa memandang status, jabatan, ataupun ekonomi masyarakat tersebut.

 

2. Ikut Berpartisipasi Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Contoh Sikap Demokrasi di Lingkungan tempat tinggal Ikut menjaga keamanan dan perdamaian dalam lingkungan

Keamanan dan ketertiban suatu lingkungan sebagian besar dipengaruhi oleh warganya, bilamana terdapat suatu kericuhan akibat suatu masalah maka semua warga bisa berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah keamanan tersebut secara kekeluargaan.

 

3. Gotong Royong Bersama dengan Seluruh Warga

contoh sikap tanggung jawab Menjaga kebersihan lingkungan

Kegiatan gotong royong menjadi salah satu kegiatan positif yang biasa dilakukan di zaman dahulu, namun seiring berkembangnya zaman budaya ini semakin luntur dan jarang ditemui.

Padahal ia memiliki nilai yang sangat besar terhadap berdirinya suatu pemerintahan yang bersifat demokrasi.

 

4. Musyawarah Rutin

Saling menghormati orang lain

Salah satu aksi demokrasi yang paling tradisional musyawarah, dimana semua orang boleh berpartisipasi dan menyatakan pendapatnya dalam menyelesaikan suatu perkara melalui musyawarah tersebut.

Sehingga akan menghasilkan satu keputusan dan didukung oleh semua anggota yang dikiranya menjadi solusi paling terbaik.

 

Contoh Demokrasi Dalam Bernegara

Demokrasi yang terakhir adalah demokrasi dalam sistem pemerintahan negara, disini setiap orang baik pemerintah maupun masyarakat berperan dalam memajukan negara.

Contoh demokrasi dalam bernegara bisa diketahui sebagai berikut:

1. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden

fungsi pemilu

Pemilihan umum presiden dan wakil presiden menjadi pesta demokrasi yang ada di suatu negara, dimana semua warga negara memiliki hak untuk memilih pemimpin dari suatu negara tersebut.

Di Indonesia sendiri pemilu menjadi ajang demokrasi yang sangat besar, bahkan pada hari tersebut menjadi hari libur secara Nasional.

 

2. Pemimpin Mampu Menjalankan Tugas Sesuai dengan Amanat

Suatu negara seperti Indonesia memiliki pemimpin yang disebut dengan presiden, nah presiden yang terpilih untuk memimpin negara selama 5 tahun ke depan memiliki tanggung jawab yang besar.

Salah satunya adalah menjalankan tugas sesuai dengan amanat yang telah diberikan masyarakat, hal tersebut menjadi suatu kewajiban untuk menjalankan sistem pemerintahan demokrasi.

 

3. Pemimpin Mendengarkan Aspirasi Masyarakat

demo kenaikan upah buruh

Negara yang disebut menerapkan sistem pemerintahan demokrasi, sudah selayaknya mendengarkan segala aspirasi yang dikeluarkan oleh warganya.

Baik melakui aksi unjuk rasa, tanda tangan petisi, ataupun melalui media lainnya. Pemerintah wajib mendengar serta menjawab semua hal yang dikeluhkan oleh masyarakat agar bisa memajukan negara di masa yang akan datang.

 

4. Saling Menghargai Satu Sama Lain

cara menghargai jasa pahlawan Saling menghargai dan menghormati

Sistem demokrasi seringkali menimbulkan polemik bagi sebagian besar negara, salah satunya karena perbedaan pendapat menjadi pemicu utama perdebatan.

Oleh karena itulah sikap menghargai satu sama lain harus dilakukan oleh setiap warga negara, agar perbedaan pendapat tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

Contoh demokrasi memang bisa ditemui di mana saja, baik di lingkungan keluarga, sekolah, negara, dan juga lingkungan masyarakat.

Perlu sikap dewasa dan toleransi terhadap sesama agar demokrasi dapat dilakukan dengan baik dan juga benar, semua pihak juga harus ikut melancarkan kegiatan demokrasi ini supaya ia bisa efektif dalam suatu pemerintahan.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar