Contoh Demokrasi Langsung

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi guys, dimana pemerintahan ini semua warga negaranya memiliki hak yang sama rata.

Demokrasi secara langsung adalah jenis yang paling sering kita temui di Indonesia. Lalu apa saja sih contoh demokrasi langsung itu?

Langsung simak aja beberapa contohnya berikut ini!

 

1. Pemilihan Umum

fungsi pemilu sebagai murni pilihan rakyat

Pemilihan umum adalah jenis demokrasi yang paling sering ditemui nih, pemilihan tersebut mulai dari pemilihan Presiden, Bupati, Gubernur, ataupun pemimpin daerah lainnya.

Dikatakan sebagai demokrasi karena pemilihan umum tersebut dapat diikuti oleh seluruh warga negara, setiap warga ini memiliki hak untuk memilih pemimpin yang dikehendakinya.

Mengingat pentingnya pemilihan umum yang diselenggarakan oleh pemerintah, membuat hari pemungutan suara sampai dijadikan sebagai Hari Libur Nasional.

Hal ini juga untuk membuat masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi untuk datang ke TPS, di Indonesia sendiri hari tersebut biasa dinamakan sebagai Pesta Demokrasi.

 

2. Demonstrasi atau Unjuk Rasa

Contoh Budaya Politik Partisipan Demonstrasi

Demokrasi pastinya tidak lepas dari peran masyarakat sebagai objek utamanya, disini ada juga yang namanya Demonstrasi atau unjuk rasa sebagai cara masyarakat dalam memberikan pendapat secara langsung.

Demonstrasi seringkali dilakukan secara massal dan turun langsung ke jalan maupun di depan kantor pemerintahan setempat.

Ungkapan pendapat secara langsung tersebut termasuk ke dalam sistem pemerintahan, mengingat masyarakat bebas untuk berpendapat di muka umum.

Namun perlu diperhatikan pula bahwa aksi demonstrasi harus diikuti dengan etika baik, agar proses penyampaian pendapat tersebut terlaksana dengan lancar dan juga aman.

 

3. Petisi

Petisi

Mirip dengan unjuk rasa aksi mengumpulkan Petisi juga menjadi salah satu bentuk demokrasi yang ada di Indonesia, biasanya aksi ini muncul akibat suatu masalah tertentu yang tak kunjung selesai.

Kemudian muncullah seorang individu atau kelompok yang ingin mengubah hal tersebut, lalu meminta bantuan masyarakat luas melalui tanda tangan petisi agar permasalahan dapat didengar pemerintah.

Seiring berkembangnya zaman mengumpulkan tanda tangan tidak hanya secara langsung saja, namun telah ada juga sistem online yang membuatnya bisa dilakukan dengan mudah.

Bahkan terdapat situs khusus yang dibuat untuk mengumpulkan pendapat masyarakat tersebut.

 

4. Musyawarah

Contoh Budaya Politik Partisipan Partisipasi Musyawarah Mufakat

Bentuk demokrasi yang terakhir adalah musyawarah atau rapat bersama, dimana semua anggota yang hadir memiliki hak untuk mengungkapkan usulan ataupun masukan pada suatu permasalahan.

Umumnya musyawarah menjadi cara orang zaman dahulu dalam memutuskan suatu hal, namun hingga kini cara tersebut sangat efektif untuk memecahkan suatu permasalahan.

Walaupun terbilang sangat efektif namun budaya musyawarah di masa kini sudah mulai luncur, hal tersebut dikarenakan banyak pemerintah yang mengambil keputusan tanpa meminta pendapat orang lain.

Sehingga banyak kebijakan-kebijakan yang bermunculan hanya menguntungkan satu belah pihak saja.

Contoh demokrasi langsung sebenarnya sangat banyak ditemui di lingkungan sekitar kita, namun masih banyak pula yang menimbulkan polemik karena tidak dilaksanakan dengan baik.

Aksi curang, kekerasan, hingga kematian seringkali ditemui dalam menjalankan demokrasi tersebut. Padahal demokrasi memiliki arti yang sangat baik untuk kepentingan bersama di masa yang akan datang.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar