Cermin Cembung

Cermin merupakan salah satu benda yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, jenis cermin terbagi menjadi dua yaitu cermin cembung dan cermin cekung.

Nah, pembahasan kali ini, akan dibahas tentang cermin cembung nih. Mulai dari pengertian sampai dengan contoh soal dari cermin cekung sendiri.

Makannya, yuk simak baik-baik pembahasan berikut.

 

Pengertian Cermin Cembung

Pengertian lensa cembung

Berbeda dengan cermin jenis cekung yang memiliki permukaan melengkung kedalam, cermin jenis cembung merupakan,

Salah satu jenis cermin yang memiliki permukaan melembung atau melengkung ke bagian luar.

Cermin jenis ini memiliki karakteristik yaitu bisa digunakan untuk memantulkan cahaya. Pasalnya, cermin ini memiliki sifat divergen atau menyebarkan cahaya.

Cara kerja cermin ini cukup berbeda dengan cermin cekung. Cermin dengan permukaan cembung akan memantulkan cahaya yang masuk atau yang datang. Cahaya yang dipantulkan biasanya akan menyebar dari satu titik.

 

Sinar Istimewa Cermin Cembung

Sinar Istimewa Cermin Cembung

Seriap cermin memiliki sinar istimewa yang mana sinar ini merupakan karakteristik cermin cembung. Ada beberapa sinar istimewa yang bisa di lihat dari posisi datangnya sinar.

1. Sejajar

Sinar yang datangnya dari arah yang sejajar dengan sumbu utama, maka sinar tersebut akan langsung dipantulkan dari titik fokus.

2. Dari Titik R

Sinar yang datangnya dari titik R, maka sinar tersebut juga akan langsung dipantulkan ke titik R.

3. Menuju Titik Fokus

Apabila datangnya sinar menuju titik fokus, maka sinar tersebut akan langsung dipantulkan dengan posisi sejajar dengan sumbu utama.

 

Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cembung

Pembentukan BayanganCermin Cembung

Pada setiap jenis cermin, sifat bayangan cermin cembung juga bisa dilihat dari pembentukannya.

Pada pembentukan bayangan cermin bisa dilihat dari beberapa kemungkinan diantaranya yaitu s < f atau jarak benda yang berada di depan cermin lebih kecil dibandingkan panjang fokus cermin tersebut.

Lalu, s = f atau jarak benda dan panjang fokus sama. f < s < R yang berarti bahwa jarak benda lebih kecil dari fokus serta lebih kecil dari jari-jari kelengkungan cermin.

Sifat bayangan juga bisa dilihat dari jarak benda dan jari-jari lengkung cermin berada di nilai yang sama atau s=R.

Sifat bayangan yang terakhir yaitu s>R atau jarak benda lebih besar daripada jari-jari cermin.

1. S<f

Jika posisi jarak benda lebih kecil dari fokus, maka sifat bayangannya adalah tidak terbalik ataupun tegak.

Bayangan yang dihasilkan maya karena tidak adanya berkas cahaya yang melewati bayangan. Bayangan maya brarti bahwa posisi bayangan berada di belakang cermin.

 

2. S=f

Apabila posisi jarak benda dan titik fokus berada di jarak atau nilai yang sama, maka sifat bayangan yang dihasilkan adalah maya karena tegak.

Bayangan tersebut juga akan diperkecil dengan ukuran ½ kali benda. Selain itu, jarak bayangan juga akan lebih kecil yaitu ½ dari jarak benda.

 

3. F<s<R

Apabila posisi benda lebih kecil dari fokus dan lebih kecil dari ukuran jari-jari cermin cembung, maka sifat bayangannya juga maya.

Pada posisi ini, bayangan bersifat tegak dan akan diperkecil dari ukuran benda tersebut.

 

4. S=R

Jika jarak benda dan jari-jari cermin sama, sifat bayangannya juga akan maya dan ukuran bayangan serta jarak bayangan akan dierkeicl 1/3 dari benda atau dari jarak benda.

 

5. S>R

Jika jarak benda lebih besar dari jari-jari cermin, bayangannya akan bersifat maya, jarak bayangan dan ukuran bayangan akan diperkecil.

 

Rumus Cermin Cembung

Rumus cermin cembung diperlukan untuk mengetahui jarak benda, perbesaran bayangan, fokus cermin hingga mengetahui jarak bayangan dari cermin.

Rumus ini juga cukup sama dengan rumus cermin cekung. Namun, yang membedakan yaitu pada cermin dengan permukaan cembung memiliki nilai negatif pada fokusnya.

  • Persamaan Cermin Cembung

rumus cermin cembung Persamaan Cermin Cembung

  • Perbesaran Bayangan pada Cermin

rumus cermin cembung Perbesaran Bayangan pada Cermin

Keterangan Rumus:

f : Fokus pada cermin

s : Jarak pada benda dari cermin

s’ : Jarak bayangan

h : Tinggi bayangan

h’ : Tinggi benda

 

Contoh Soal Cermin Cembung

Contoh Soal Cermin cembung

  • Gambarkan pembentukan bayangan dan berapakah jarak bayangan serta perbesaran bayangan apabila sebuah cermin cembung memiliki panjang fokus 10cm dan jarak benda 20cm.
  • Berapakah tinggi bayangan jika sebuah benda yang berada di depan cermin memiliki tinggi 10cm, panjang fokus 20cm dan jarak benda 10cm.

 

Manfaat dan Penerapan Cermin Cembung

Manfaat dan Penerapan Cermin Cembung

Cermin cembung juga memiliki banyak sekali keuntungan serta peranan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya saja, cermin cembung banyak digunakan pada kaca spion baik spion mobil maupun motor. Jadi Kamu bisa melihat kendaraan yang berada di belakang Kamu dengan baik.

Gimana? Udah paham kan tentang cermin cembung? Jika udah paham, kamu bisa nih tulis di kolom komentar, menurut kamu benda apa lagi yang menggunakan cermin cembung?

 

Kategori Fisika

Tinggalkan komentar