Cermin Cekung

Cermin merupakan salah satu benda yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, jenis cermin terbagi menjadi dua yaitu cermin cembung dan cermin cekung.

Nah, pembahasan kali ini, akan dibahas tentang cermin cekung nih. Mulai dari pengertian sampai dengan contoh soal dari cermin cekung sendiri.

Makannya, yuk simak baik-baik pembahasan berikut.

 

Pengertian cermin cekung dan karakteristiknya

 

Secara umum, pengertian cermin cekung yaitu,

Cermin yang memiliki permukaan cekung dimana cermin ini mampu memantulkan cahaya yang masuk menjadi melengkung ke bagian belakang.

Dapat dikatakan bahwa cermin ini memliki garis normal berupa garis yang sering disebut dengan titik R. Titik R atau 2F yaitu sebuah garis yang melintasi pusat lengkung.

Cermin cekung memiliki banyak sekali karakteristik yang bisa cukup berbeda dengan cermin cembung.

Cermin jenis ini memiliki sifat istimewa pada bayangan cermin. Beberapa sinar istimewa cermin cekung di bawah ini bisa Kamu ketahui untuk membedakan sifat pada setiap jenis cermin.

 

Sinar istimewa cermin cekung

1. Sinar Sejajar

Sinar istimewa cermin cekung sinar sejajar

Sinar istimewa yang pertama yaitu sinar istimewa pada cermin dengan permukaan cekung dimana sinar tersebut akan dipantulkan secara langsung melalui titik fokus.

2. Sinar Melewati Fokus

Sinar istimewa cermin cekung Sinar Melewati Fokus

Sifat istimewa lainnya yaitu sinar melewati fokus. Pada sifat yang satu ini, sinar akan langsung dipantulkan dan sejajar melalui sumbu utama.

3. Sinar Melewati Titik Lengkung

Sinar istimewa cermin cekung Sinar Melewati Titik Lengkung

Sinar istimewa yang merupakan karakteristik cermin cekung yaitu saat ada sinar yang datang dan melewati titik lengkung atau R, maka sinar tersebut akan dipantulkan secara langsung ke arah yang sama dengan sinar datang.

 

Cara Mengetahui Sifat Bayangan Cermin Cekung

Cara Mengetahui Sifat Bayangan Cermin Cekung

Selain mengetahui karakteristik dari cermin jenis ini, Kamu juga perlu mengetahui mengenai sifat bayangan yang akan dibentuk oleh cermin tersebut.

Sifat ini dapat terlihat atau dapat ditentukan tergantung dengan posisi benda tersebut.

Cara mengetahui sifat bayangan yang mengenai cermin, Kamu harus mengetahui bahwa jumlah ruang letak serta posisi bayangan pasti berada di angka 5.

Selain itu, apabila ruang pada bayangan lebih dari ruang pada benda, maka sifat pada bayangannya akan selalu diperbesar.

Begitu sebaliknya jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda maka bayangannya akan kecil.

Sifat bayangan pada cermin yang memiliki permukaan cekung juga akan menghasilkan bayangan yang bersifat maya jika berada di ruang 4. Selain di ruang 4, maka sifat bayangan tersebut yaitu nyata.

Cara mengtahui sifat bayangan yang lainnya pada cermin cekung yaitu dengan mengetahui jarak benda dan panjang fokus.

Jika keadaannya yaitu s <f atau jarak bayangan ternyata lebih kecil dibandingkan dengan panjang fokus pada cermin maka sifat yang dimiliki yaitu tidak terbalik ataupun tegak bayangan yang dihasilkan.

Selain itu, bayangan maya berarti bahwa bekas dari cahaya tersebut tidak melewati bayangan. Sifat bayangan lainnya yaitu semakin jauh maka ukuran bayangan pada cermin akan membesar dan begitupun sebaliknya.

 

Rumus Cermin Cekung

Cara mnegtahui jarak bayangan pada suatu cermin dengan permukaan cekung bisa dicari melalui rumus berikut ini. Selain itu, dengan mempelajari rumus pada cermin cekung, Kamu juga bisa mengetahui bagaimana pembentukan bayangan pada cermin cekung.

  • Jarak Bayangan pada Cermin

rumus cermin cekung Jarak Bayangan pada Cermin

  • Perbesaran Bayangan pada Cermin

rumus cermin cekung Perbesaran Bayangan pada Cermin

Keterangan Rumus:

f : fokus pada cermin

s : Jarak pada benda dari cermin

s’ : Jarak bayangan

h : Tinggi bayangan

h’ : Tinggi benda

 

Contoh Soal Cermin Cekung

Contoh Soal Cermin Cekung

Jika kamu ingin menerapkan rumus-rumus diatas, Kamu bisa berlatih menggunakan contoh soal berikut ini.

  • Cermin cekung dengan panjang fokus yaitu 5cm dan jarak benda dari cermin yaitu 10cm, maka berapa jarak bayangan serta berapa perbesaran bayanagan yang ada pada cermin tersebut?
  • Berapakah jarak benda dari cermin dengan posisi bayanagn maya cermin cekung yaitu sebesar 4x lebih besar dibandingkan dengan benda yang ada di depannya. Selain itu, cermin tersebut juga memiliki jari-jari cermin sebesar 20cm?
  • Berapakah tinggi bayangan yang ada pada cermin jika suatu benda memiliki tinggi 1cm dengan fokus sebesar 2cm dan berjarak 3cm dari cermin?

 

Manfaat Cermin Cekung

Manfaat Cermin Cekung

Cermin cekung memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat cermin cekung berikut ini adalah manfaat-manfaat yang sering dirasakan oleh manusia.

  • Cermin dengan permukaan cekung banyak digunakan sebagai cermin untuk memantulkan lampu sorot pada mobil.
  • Cermin dengan permukaan cekung juga banyak digunakan sebagai pemantul pada lampu senter.
  • Cermin ini juga memiliki fungsi yaitu digunakan pada antenna parabola untuk menerima sinyal radio.
  • Pada beberapa PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya, cermin cekung digunakan untuk mengumpulkan sinar matahari secara langsung.

Gimana? Udah paham kan tentang apa itu cermin cekung? Pasti bisa juga dong ngerjain contoh soal di atas.

Coba tulis di kolom komentar dong, menurut kamu apa lagi benda di dunia ini yang menerapkan cermin cekung?

 

Kategori Fisika

Tinggalkan komentar