Cara Menghargai Jasa Pahlawan

Kita semua tau kemerdekaan yang sekarang kita nikmati ini merupakan hasil kerja keras dan perjuangan para pahlawan.

Tapi semakin kesini banyak orang yang tidak tau bagaimana cara menghargai perjuangan para pahlawan yang dulu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tapi tenang, buat kamu yang belum tau gimana sih cara menghargai jasa pahlawan, kamu bisa nih simak beberapa perilaku yang bisa kamu lakukan untuk menghargai jasa dan perjuangan mereka.

 

1. Saling menghargai dan menghormati

cara menghargai jasa pahlawan Saling menghargai dan menghormati

Masuk ke pembahasan pertama mengenai cara menghargai para jasa pahlawan adalah dengan saling menghormati dan juga menghargai satu sama lain.

Hal ini ditujukan untuk menegah perselisihan dan juga mendatangkan kerukunan untuk setiap perbedaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Seperti yang kamu ketahui juga bahwa Indonesia negara yang kaya dengan suku dan juga budaya di dalamnya.

Para pahlawan ketika masa penjajahan sampai akhirnya mampu memperoleh kemerdekaan juga karena bersatu dengan yang lainnya dan juga tidak mengenal perbedaan karena semuanya satu Indonesia.

 

2. Memiliki semangat cinta tanah air yang tinggi

cara menghargai jasa pahlawan Memiliki semangat cinta tanah air yang tinggi

Dengan memiliki rasa cinta kepada tanah air juga akan membuat kamu menghargai jasa para pahlawan.

Karena apa yang sudah kamu terima dan rasakan saat ini dengan segala kenikmatannya juga karena perjuangan pahlawan Indonesia yang telah berkumpul menjadi satu untuk mengusir para penjajah yang berusaha menguasai Indonesia secara keseluruhan.

Perlu diketahui juga mereka yang menjajah Indonesia tidak tanpa alasan. Mereka mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya dengan segala sumber daya yang dimiliki dan juga banyak tumbuhan yang tumbuh dengan subur di Indonesia.

 

3. Tidak melupakan jasa pahlawan

cara menghargai jasa pahlawan Tidak melupakan jasa pahlawan

Hal semacam ini bisa kamu lakukan dengan cara menceritakan para masing – masing pahlawan karena telah berjuang habis – habisan untuk bisa mempertahankan wilayah dan juga bisa mencapai kemerdekaan.

Kamu juga perlu menyampaikan catatan – catatan penting yang dimiliki setiap para pahlawan supaya bisa memetik hal  hal yang baik dari setiap pahlawan yang telah berjuang.

Dan yang kamu ketahui pahwalan yang telah berpartisipasi untuk bisa membuat Indonesia merdeka sangatlah banyak.

Kamu tidak perlu menceritakan semua kepada generasi baru, tetapi ceritakan saja sesuai dengan bidang yang kamu kuasai dan yang mereka suka.

 

4. Belajar dengan giat

cara menghargai jasa pahlawan Belajar dengan giat

Apa kamu merasa belajar dengan giat tidak memiliki hubungan dengan perjuangan kemerdekaan? Jika kamu masih berpikir seperti itu, maka salah besar.

Memang Indonesia bisa merdeka karena peperangan melawan para penjajah, namun bukan berarti mereka tidak memikirkan sebuah rencana untuk melawan para penjajah yang sudah menggunakan persenjataan lengkap.

Ditambah lagi, hal ini juga penting karena generasi muda akan melanjutkan cita – cita bangsa yang tentunya akan dibutuhkan orang yang baik, pintar, dan juga jujur untuk bisa menjalankan apa yang membuat warga negara Indonesia merasa baik.

 

5. Memperingati setiap peristiwa penting

cara menghargai jasa pahlawan Memperingati setiap peristiwa penting

Hal ini juga sudah pasti biasa kamu lakukan. Contohnya merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus dengan melakukan upacara di hari tersebut, dan juga melakukan upacara pengibaran bendera pada setiap hari senin.

Perlunya melakukan hal semacam ini juga untuk supaya para warga Indonesia bisa mengupas kembali mengenai seberapa besarnya perjuangan pahlawan supaya bisa sampai sekarang.

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga memiliki banyak hari – hari penting. Contohnya sumpah pemuda, hari kesaktian Pancasila yang juga dilakukan upacara setiap tanggal 1 Oktober.

Disamping itu juga melakukan hal ini bisa sebagai ajang perkenalan kepada banyak generasi baru.

 

6. Menjalankan Pancasila dan aturannya

cara menghargai jasa pahlawan Menjalankan Pancasila dan aturannya

Pancasila merupakan sebuah dasar negara yang semua aturan sampai pembuatan Undang – Udang berlandaskan Pancasila.

Mengalami beberapa transformasi sehingga terbentuklah 5 point yang memiliki jalan yang baik supaya Indonesia tetap dalam keadaan damai dan rukun serta terhindari dari perselisihan yang bisa disebabkan oleh semakin banyak faktor dalam hidup bermasyarakat.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melaksanakan apa yang sudah ditetapkan dalam norma – norma menjalankan hidup di Indonesia.

Peraturan tersebut tetap harus kamu jalankan dan jauhi yang dilarangnya. Sehingga keinginan damai dan rukun bisa terwujud.

 

7. Menjaga keamanan dan ketertiban

cara menghargai jasa pahlawan Menjaga keamanan dan ketertiban

Masih menjadi pembahasan dalam menghargai jasa para pahlawan. Dengan kamu menjaga keamanan dan juga ketertiban yang diperlukan untuk menjadi suasana tetap kondusif pun menjadi salah satunya.

Hal ini dikarenakan pada masa penjajahan dahulu memang untuk bisa mendapatkan sesuatu yang bersifat aman dan tenteram sangatlah sulit, apalagi bagi banyak kaum pribumi asli Indonesia.

Selain itu juga dengan menjaga keamanan dan ketenteraman kamu juga bisa terhindar dari segala macam bentuk tindak kriminal yang sewaktu – waktu bisa saja menghampiri kamu sehingga hal – hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi.

 

8. Mencintai dan menggunakan produk lokal

Mencintai dan menggunakan produk lokal

Selanjutnya adalah dengan menggunakan produk lokal khas Indonesia. Perlu diketahui bahwa produk asal Indonesia tidak ada satu pun yang jelek.

Hal yang menyebabkan kurang laku di pasaran karena memang kalah bersaing dengan produk lokal yang lebih disukai banyak orang.

Padahal, produk Indonesia sendiri pun sudah bisa mencapai pasar global yang digunakan oleh orang asing.

Dan bahkan, banyak produk dengan label merek luar negeri yang dibuatnya Indonesia. Untuk itu, gunakanlah produk lokal sehingga bisa meningkatkan sumber daya dan juga memberikan banyak keuntungan untuk warga Indonesia.

 

9. Berperan membangun negara

cara menghargai jasa pahlawan Berperan membangun negara

Hal ini memang tidak bisa di pungkiri bahwa banyak yang masih merasa tidak peduli. Padahal, dengan berperan dalam membangun negara sudah menjadi kewajiban bagi semurah masyarakat, tidak terkecuali anak muda sampai orang dewasa.

Salah satu bentuk sederhananya adalah dengan melakukan penjagaan supaya bisa menciptakan kondisi ayang baik dalam banyak aspek.

Selain itu, tidak hanya semata membangun dalam hal infratsruktur. Pembangunan negara juga bisa berarti membuat mental para penerus bangsa menjadi lebih kuat untuk menghadapi persaingan yang sangat sengit di luar sana.

 

10. Tidak melakukan hal yang merugikan

cara menghargai jasa pahlawan Tidak melakukan hal yang merugikan

Tentu saja dengan tidak melakukan hal yang merugikan sebagai bentuk salah satu menghargai jasa para pahlawan. Dimulai dengan membuang sampai pada tempatnya dan juga tidak membuat keributan di tempat umum.

Selain itu juga anda bisa mencegah segala bentuk tindak kriminal yang bisa terjadi dimana dan kapan saja tanpa harus mengenal korbannya.

Bukan berarti sudah mencapai kemerdekaan kamu hanya perlu bersantai dan menikmati tanpa harus berkembang.

Di era yang sudah modern ini juga kamu harus tetap melakukan perjuangan untuk terlepas dari masa – masa pembodohan yang membuat kamu tidak akan maju dibanding dengan orang bahkan negara lain.

Untuk itu, jangan berhenti melanjutkan perjuangan para pahlawan kamu.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar