Budaya Politik Parokial

Apa kamu tau budaya politik itu ada banyak jenisnya loh, ada budaya politik partisipan, budaya politik kaula, hingga budaya politik parokial.

Semua jenis budaya politik pastinya akan dibahas di eduspensa, tapi untuk kali ini kita akan bahas tentang budaya politik parokial.

Dari mulai pengertian sampai contoh dari budaya politik parokial.

Penasaran? Yuk langsung simak aja!

 

Apa Itu Budaya Politik Parokial

apa itu budaya politik parokial

Budaya politik partisipan merupakan sebuah budaya yang sudah sejak ada dari generasi ke generasi yang ditandai dengan adanya kesadaran politik yang tinggi.

Sehingga banyak orang yang mampu memberikan pendapat maupun opini yang baik serta memiliki tujuan dalam kegiatan politik. Selain itu juga mampu membentuk budaya politik yang memiliki anggota masyarakat dengan pemahaman baik.

Biasanya orang yang sudah mengerti mengenai budaya politik pada parodical ini mengenal sistem politik secara besar dan umum.

Mengenai peran pemerintah dalam membuat suatu kebijakan dan juga penguatan alasan dibuatnya hal itu.

Tidak ketinggalan juga menjadi partisipatif yang aktif di dalam proses politik yang sedang berlangsung di sebuah wilayah dengan sebuah sistem yang berjalan.

Budaya politik yang parodical juga bisa dibilang sebuah budaya yang memiliki orientasi masyarakat terhadap politik dalam suatu pemerintahan yang rendah.

Masyarakat tidak banyak menaruh minat pada sebuah objek di bidang politik yang secara luas seperti negara atau pulau. Tetapi turun secara langsung dan bersentuhan dengan hal yang terkait.

Walaupun tidak terbatas dengan suatu wilayah beserta ukurannya, tidak jarak banyak yang terisolir dari akses untuk bisa mencapai pusat pemerintahan kota tersebut. P

erhatian yang diberikan warga pada objek politik ini hanya sebatas wilayah tempat tinggalnya. Walaupun masih dalam ukuran tradisional, kesadaran memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara masih sangat rendah.

 

Ciri-Ciri Budaya Politik Parokial

ciri-ciri budaya politik parokial

1. Pengetahuan mengenai politik tinggi

Hal ini ditandakan dengan banyaknya masyarakat setempat yang sudah mengenal apa itu politik hingga memiliki pengetahuan tentang kewenangan yang terpusat di pemerintahan se utuhnya selama parlemen berjalan seharusnya.

 

2. Kesadaran akan berpolitik yang tinggi

Memiliki kesadaran pada masing – masing orang di wilayah setempat dengan berbagai pengetahuan ilmu politiknya yang bisa didapatkan dimana saja. Baik yang sudah memadukannya dengan ilmu – ilmu lain atau dengan hanya sekadar ilmu politiknya saja.

 

3. Memiliki kontrol politik yang aktif

Sudah seharusnya jika dibekali ilmu politik yang baik, akan memiliki semua pengaturan yang baik juga serta aktif.

Tidak hanya memantau jalannya sebuah pemerintahan yang sedang berjalan saat itu, tetapi juga mampu mengambil bagian di dalamnya.

 

4. Memiliki kepekaan kepada masalah atau isu mengenai kehidupan di lingkup politik pada warga negara

Sebagaimana manusia pada umumnya yang memiliki rasa peka akan sesama makhluk hidup lainnya, hal ini juga berlaku dengan yang dimiliki pada budaya politik ini.

Dimana anda bisa turun langsung mengambil bagian dalam menyelesaikan sebuah masalah yang sedang berjalan dan juga wewenang apapun pada ruang lingkup politik

 

5. Masyarakat bisa menilai sebuah masalah atau isu dengan cepat dan mudah

Dengan segala pengetahuan politik yang tinggi serta memiliki peran yang besar dalam menjalanan kegiatan politik, masyarakat setempat bisa dengan mudah menyelesaikan sebuah masalah yang ada baik itu dengan tingkatan yang rendah atau pun tinggi.

 

6. Sadar akan peran, kewajiban dan hak serta tanggung jawab yang dipegang masing – masing individu

Tidak dilakukan secara khusus di dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai warga negara, melainkan dijalankan bersamaan dengan peran lain di dalam kegiatan sehari – hari. Dimana setiap individu sadar dengan tanggung jawab yang dipegang masing – masing.

 

7. Berani memberi masukan, tuntutan, kritik, gagasan kepada pemerintah pusat yang sedang berjalan.

Memiliki budaya politik yang sesuai dengan benar adanya salah satunya dengan berani memberi masukan, tuntutan, kritik dan juga gagasan serta argumen kepada pemerintah pusat.

Tidak membenarkan yang salah atau pun sebaliknya, melainkan mengatakan fakta yang terjadi.

 

8. Dan juga sadar untuk mematuhi peraturan serta kebijakan yang dikeluarkan tanpa adanya rasa takut apalagi tertekan.

Sebagai warga negara yang baik juga anda sadar akan segala peraturan yang dimiliki dan juga kebijakan dalam masing – masing pemerintahan pusat tanpa timbulnya rasa takut yang sewaktu – waktu bisa menyerang, bahkan tertekan.

 

Contoh Budaya Politik Parokial

contoh budaya politik parokial

Sebagai contoh seorang warga yang berada si sebuah desa dan sudah menjadi tokoh masyarakat sekitar mulai mengalami sakit.

Tidak terpikirkan oleh beliau mengenai membuat kartu sehat atau program pemerintah di lingkup kesehatan. Padahal program tersebut sudah ada sejak lama, tetapi masih yang di pikirannya hanya istirahat di rumah karena sudah tua.

Dan mungkin KTP saja pun tidak punya karena memang yang dipikirkan pemerintah tidak punya kewenangan dan menjamin biaya kesehatan masing – masing warganya.

Sampai saat ini budaya politik parokial yang sudah ada sejak dahulu masih tetap digunakan, walaupun tidak se kental dahulu, namun setidaknya masyarakat saat ini telah mempertahankan supaya budaya ini tetap berjalan sebagaimana adanya supaya tidak punah.

Selain itu mampu berperan aktif di bidang atau kegiatan politik serta memiliki pemahaman yang baik mengenai dimensi – dimensi tertentu.

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar