Ancaman Terhadap NKRI

Indonesia merupakan negara yang besar, karena negara yang besar, ada banyak ancaman-ancaman terhadap keutuhan NKRI.

Penasaran apa saja sih ancaman terhadap NKRI?

Langsung aja simak pembahasannya berikut ini.

 

Ancaman NKRI Dari Dalam Negeri

Ancaman NKRI Dari Dalam Negeri

Ancaman NKRI dari dalam Negeri itu ibarat “musuh dalam selimut” yang mana ancaman ini diciptakan oleh sekelompok orang tertentu yang kemudian membuat keonaran dengan harapan ingin menciptakan chaos hingga mencapai kepentingannya.

Kepentingan tersebut dapat berupa pergantian ideologi banga, menggulingkan salah satu tokoh bangsa, hingga menciptakan perang di Indonesia.

Untuk itu, ancaman NKRI dari dalam Negeri ini menjadi salah satu ancaman terbesar yang wajib dihadapi dan diberantas oleh pemerintah.

Beberapa gerakan-gerakan yang dapat menjadi ancaman terhadap NKRI ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Masalah Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN)

tingkat korupsi tinggi
tingkat korupsi tinggi

Ancaman NKRI dari dalam Negeri yang pertama adalah masalah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Sejak zaman orde baru, praktek KKN ini menjadi salah satu ancaman terbesar terhadap Bangsa Indonesia.

Karena KKN lah yang menyebabkan Presiden Soeharto lengser dari jabatan presiden dan kemudian digantikan oleh B.J Habibie dan kemudian anak-anak Presiden Soeharto diadili atas beberapa kasus termasuk kasus KKN.

 

2. Narkoba

Narkoba

Peredaran narkoba juga menjadi salah satu ancaman yang nyata terhadap NKRI.

Sebab karena peredaran narkoba ini dapat merusak generasi penerus bangsa sehingga para remaja ini mengalami ketergantungan zat-zat adiktif yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, pemerintah pun memberikan hukuman mati bagi siapa saja pengedar narkoba yang terbukti memperjualbelikan narkoba kepada para remaja generasi penerus bangsa.

 

3. Penggantian Ideologi Bangsa

Penggantian Ideologi Bangsa

Baru-baru ini kita sering melihat kasus terorisme dengan tujuan untuk jihad dan bertujuan untuk mengganti Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Khilafah yang tentu saja tidak pas untuk diterapkan di Indonesia.

Sebab, Indonesia terdiri atas suku majemuk dan memeluk beberapa kepercayaan agama yang berbeda-beda.

Maka dari itu upaya penggantian ideologi bangsa ini menjadi ancaman NKRI dari dalam Negeri yang sangat serius karena dapat menyebabkan perang saudara.

Salah satu contoh Negara yang mengalami perang saudara akibat adanya upaya penggantian ideologi adalah Suriah, Irak, dan beberapa negara di timur tengah.

 

4. Isu SARA

Isu SARA

Isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) juga menjadi salah satu ancaman terhadap NKRI yang paling nyata saat ini.

Ya, baru-baru ini tengah terjadi konflik horizontal antar masyarakat yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Yang terbaru adalah konflik isu SARA yang terjadi di Kota Semarang, Malang, dan Surabaya.

Akibatnya, terjadi demonstrasi besar-besaran hingga aksi pembakaran di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Selain itu, adanya berita bohong atau hoax yang disebarkan secara masif melalui sosial media juga menyebabkan semakin membesarnya gelombang demonstrasi, pemberontakan, dan pembakaran.

Tak hanya itu saja, kelompok demonstrasi ini juga disusupi oleh kelompok tertentu yang menjadi “kompor” agar Papua mendapatkan hak untuk menentukan nasib sendiri melalui referendum.

Tujuan dari kelompok tersebut adalah untuk menguasai Papua dan menjadikan salah satu tokohnya menjadi seorang presiden apabila papua resmi menjadi Negara yang merdeka dari Indonesia.

Jadi guys,

Isu SARA ini menjadi ancaman paling besar yang dapat memecah keutuhan NKRI. Untuk itu, isu SARA juga sangat mudah menyebar melalui media sosial sehingga dapat menjadi Ancaman NKRI yang timbul dari dalam Negeri

 

Ancaman NKRI Dari Luar Negeri

Ancaman yang dapat membahayakan keutuhan bangsa ini tidak hanya datang dari dalam Negeri tetapi juga datang dari luar Negeri.

Sebab, terdapat beberapa an ancaman NKRI dari luar Negeri yang wajib diperhatikan oleh pemerintah diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Kekayaan Kebudayaan

Memperkenalkan budaya yang dimiliki bangsa

Negara Indonesia memang dikenal akan kekayaan dan kearifan budaya lokalnya. Ya, hampir setiap daerah memiliki budaya lokal tersendiri yang tentunya membuat Indonesia kaya akan budaya lokal.

Hal ini lah yang memancing Negara lain untuk menguasai salah satu dari budaya lokal Indonesia dan kemudian diakuli miliknya.

Salah satunya adalah Tari Reog Ponorogo yang kemudian diakui oleh Negara Malaysia sebagai budaya dari Negaranya sehingga menimbulkan polemik yang cukup serius antar Negara satu rumpun ini.

Kemudian UNESCO mengakui bahwa Tari Reog Ponorogo ini berasal dari Indonesia.

Pencaplokan budaya ini menjadi ancaman NKRI dari luar Negeri sehingga pemerintah wajib untuk melestarikan budaya-budaya lokal tersebut agar tidak diakui oleh Negara lain.

 

2. Ancaman Pertahanan dan Keamanan (HanKam)

Ancaman Pertahanan dan Keamanan (HanKam)

Ancaman terhadap NKRI yang datang dari luar negeri adalah ancaman pertahanan dan keamanan (HanKam).

Meskipun armada laut, udara, dan darat dari Indonesia ini telah mumpuni untuk mengantisipasi provokasi-provokasi dari Negara lain, tetap saja ancaman pertahanan dan keamanan Indonesia juga cukup berpotensi.

Buktinya,

Beberapa pesawat asing melewati zona udara dari Indonesia dan kemudian anggota TNI AU mengejar dan memberhentikan pesawat asing yang melewati zona udara Indonesia tanpa izin sehingga hal tersebut melanggar batas kedaulatan suatu Negara.

Langkah tersebut bertujuan untuk menjaga kedaulatan Negara Indonesia dari bangsa-bangsa lainnya dan juga mencegah adanya ancaman NKRI dari luar negeri.

 

3. Provokasi Dari Negara Lain

Provokasi Dari Negara Lain

Ancaman NKRI dari luar Negeri selanjutnya adalah adanya provokasi dari Negara lain. S

alah satu contoh tindakan provokasi dari negara lain adalah ketika kapal pencari ikan dari Vietnam hendak diamankan oleh tentara keamanan dari TNI AL karena mencari ikan di wilayah laut Indonesia.

Namun secara tiba-tiba kapal penjaga nelayan dari Vietnam kemudian dengan sengaja menabrak kapal TNI AL dengan tujuan untuk menghalangi proses penangkapan kapal pencari ikan beserta ABK dari kapal pencari ikan tersebut.

Hal ini lah yang menjadi salah satu provokasi dari negara lain yang menjadi ancaman terhadap NKRI yang dapat  menyebabkan konflik antara Negara Indonesia dengan negara-negara yang melancarkan tindakan provokasi terhadap Indonesia.

 

4. Ancaman Penyebaran Kebudayaan Asing

Pertukaran Budaya Antar Negara

Indonesia termasuk dalam Negara ketimuran yang tentu saja menjunjung tingga sopan santun.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, kini banyak beberapa kebudayaan asing masuk ke Indonesia dan tanpa filter.

Tidak semua budaya asing memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya para remaja.

Salah satunya adalah cara berpakaian para remaja yang mencolok mirip dengan remaja luar negeri inilah yang menjadi salah satu faktor generasi penerus bangsa yang tidak sehat.

Hubungan seksual yang menyimpang dan penggunaan narkoba ini juga menjadi salah satu faktor rusaknya mental penerus bangsa.

Jadi guys,

Untuk kamu para anak muda millenial sebaiknya jangan pernah mengikuti budaya asing yang membawa pengaruh buruk bagi kehidupan kalian dan hanya serap kebudayaan asing yang memberikan dampak positif pada hidup kalian.

Ancaman terhadap NKRI ini cukup nyata dan mengkhawatirkan sehingga pemerintah melalui jajaran angkatan bersenjata wajib untuk menjaga keutuhan bangsa dan tetap mengamalkan semboyan “bhinneka tunggal ika”.

 

Kategori PPKN

Tinggalkan komentar